Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Oct 31, 2012

Singa Perang Saudara Amerika

Dibawah kepemimpinan Lincoln, pasukan Union berulang kali gagal mengalahkan pasukan Konfederasi, benarkah pasukan Lee yang lebih kecil memiliki sumber daya manusia dan strategi yang kuat dalam perang saudara di Amerika?

Mengapa Konfederasi kalah dalam Perang Saudara? Kebanyakan sejarawan merujuk pada angka yang lebih besar dari pasukan Union. Otoritas terkemuka pada era Perang Saudara menawarkan sudut pandang kritis. HW. Brands dalam bukunya 'The Man Who Saved the Union: Ulysses Grant in War and Peace' berpendapat bahwa pasukan Union lebih dari 450,000 orang di Selatan. Berulang kali Abraham Lincoln mengganti pemimpin pasukannya di wilayah Selatan yang disuplai cadangan penuh dan pasukan besar, tapi tidak mampu mengalahkan pasukan Lee yang berjumlah lebih kecil, hingga akhirnya muncul Ulysses Grant.

Kekuatan Perang Saudara Amerika Di Selatan

Abraham Lincoln mungkin dianggap sebagai presiden terbesar di Amerika, Perang Saudara telah membuat kesatuan dan menghapus kejahatan perbudakan yang sangat nyata. Lincoln menunjukkan minat pada masalah perbudakan hingga menjadi politis dan awalnya hanya membebaskan budak di Selatan. Lincoln menangguhkan kebebasan Konstitusi selama perang, dan memiliki beberapa musuh yang sewenang-wenang kemudian ditangkap dan dipenjara, meskipun hal ini tidak begitu diketahui publik dan tidak ada dalam Konstitusi AS yang mengatakan bahwa negara tidak mungkin memisahkan diri sehingga perang merupakan inkonstitusional.
Perang saudara, Perang saudara Amerika

Sejumlah penulis konspirasi meyakini bahwa bukti tentang perbudakan dan pergolakan negara bagian yang memisahkan diri dicampuri oleh orang-orang elit, yang bertindak kuat untuk kepentingan perbankan Eropa. Perang menyebabkan peningkatan kekuasaan pemerintah pusat dan era korupsi, bangsawan korup menjadi sangat kaya dengan mendapatkan pinjaman pemerintah dan monopoli kontrak pemerintah, yang pada gilirannya menyebabkan pembentukan sebuah bank nasional dalam bentuk Federal Reserve.

Beberapa sumber menyatakan bahwa beberapa jenderal mungkin secara sengaja meninggalkan pertempuran tertentu atau mengabaikan kesempatan karir militer. Seperti Mayor Jenderal George McClellan, seorang Demokrat dengan beberapa simpatisan di Selatan tapi dia seorang yang berkedudukan tinggi di militer, dan sebagai inspirasi yang memulihkan semangat dan keyakinan persatuan. Setelah membangun kembali pasukan sekarat di Potomac, dia memimpin pasukan itu untuk menyerang Richmond, Virginia, ibukota Konfederasi.

Mereka mengambil rute yang membawa tentara Selatan memasuki pertempuran berdekatan dengan basis pasokan. Mereka melalui laut dan mendarat di Fort Monroe, Virginia, semenanjung antara James dan sungai York. Strategi ini memberinya pasokan aman dan perlindungan tambahan.

Tapi kemudian McClellan berlama-lama selama sebulan di Yorktown sementara Konfederasi menyiapkan pertahanan, karena kesalahan strategi dan mengabaikan kebutuhan yang jelas. McClellan meyakini kekuatan Konfederasi dan superioritas pasukan Utara terkenal dengan sumber daya manusia dan industri.



Pada tanggal 31 Mei 1862, Konfederasi menyerang mereka di Fair Oaks dan memulai pertempuran tujuh hari. Pasukannya dikerahkan kembali tapi gagal menyerang balik. Robert E.Lee mengambil alih tentara Selatan dan memimpin sangat agresif, menyerang bagian pasukan McClellan di bawah Jenderal Porter bagian utara sungai Chicahominy, Mechanicsville. Porter kemudian ditarik dari medan pertempuran dan Lee terus melanjutkan penyerangan kubu McClellan pada tanggal 27 Juni dekat Gaines Mill, kemudian Porter menyeberangi Chickahominy untuk bergabung dengan kekuatan utama McClellan.

Pada tanggal 29-30 Juni Lee menyerang McClellan di Stasiun Savage dan Glendale, pasukan McClellan berhasil mengusir mereka dan kemudian mundur. McClellan menyerang Lee di Malvern Hill dengan membawa lebih dari 100,000 tentara sementara pasukan Lee berjumlah 85,000 tetapi McClellan mundur lagi. McClellan menarik diri lewat laut dari semenanjung, dengan kekuatan superior dan pasokan aman tapi melarikan diri.

Lee menyerbu Maryland dengan membawa 55,000 pasukan yang menyerbu markas McClellan, padahal pasukan McClellan berjumlah 90,000 orang. Lee membagi pasukannya menjadi empat bagian, namun siasat pertempuran itu sempat bocor dan terdengar oleh McClellan. Mereka hanya memiliki kesempatan menyerang bagian pasukan Konfederasi dengan sebagian pasukan besar, menghancurkan mereka dengan senjata praktis akan mengakhiri perang.

Salinan perintah itu diterima pada tanggal 13 September tetapi menunggu sampai pagi berikutnya untuk mencegat musuh, strategi satu malam akan berhasil. Pada saat McClellan menyerang di Antietam Creek dekat Sharpsburg pada tanggal 17 September, Lee menyiapkan pasukannya dan menunggu tapi McClellan masih beruntung.

Tindakan McClellan jenius dengan menyeberangi jembatan yang dipertahankan dan bukannya mengarungi sungai dangkal, dan menyerang sedikit demi sedikit menerjunkan 70,000 pasukannya. Tetapi McClellan gagal menghabisi pasukan Lee atau bahkan mengepung dan menjeratnya, dia membiarkan Lee mundur pada tanggal 18 September.

Serangan Gagal, Lincoln Mengganti Jendral

McClellan digantikan dengan Mayor Jenderal Ambrose Burnside. Jendral Halleck bertanggung jawab atas markas militer secara keseluruhan di Washington. Pada bulan Desember 1862 Burnside bersiap menyeberangi Sungai Rapahannock dan pasukannya menyerang Lee di Fredericksburg, Virginia. Dia berencana menyeberangi jembatan ponton, namun Halleck berhasil menunda kedatangan mereka, dan Burnside takut mengirim sebagian pasukannya untuk membangun jembatan meskipun mereka telah didukung pasukan artileri.

Sekitar 78,000 pasukan Lee menunggu di luar jangkauan artileri. Rencana Burnside menjaga jembatan dengan cadangan dan mengirim kekuatan utamanya di sekitarnya untuk menyerang sayap kanan Lee. Anehnya, dia meninggalkan rencana tersebut dengan mengirimkan pasukan tidak memadai dan meluncurkan kekuatan utama melawan basis Lee, mereka dikalahkan dan mundur kembali ke seberang sungai.

Jenderal Joe Hooker kemudian menggantikan Burnside, dia memimpin 134,000 pasukan yang menyerang 60,000 pasukan Lee. Hooker menyeberangi Rapahannock dengan kekuatan utama di Fredericksburg, dekat Chancellorsville di daerah yang sebagian besar tertutup oleh hutan (Wilderness). Kemudian mengirimkan kekuatan yang lebih kecil untuk menyeberangi hilir, terutama sebagai pengalih perhatian.

Begitupun Hooker juga tidak mampu mengalahkan pasukan Lee yang hanya berjumlah lebih kecil, lagi-lagi pasukan Lee berhasil memukul mundur musuhnya.

Jenderal Ulysses Grant Akhiri Perang Saudara Di Selatan

Akhirnya Abraham Lincoln menempatkan Jenderal Ulysses Grant yang telah memenangkan kemenangan di Barat, yang bertanggung jawab atas Tentara Potomac dan setidaknya mengakhiri perang saudara. Pada tanggal 5-6 Mei 1864 dia berjuang melintasi Rapahannock dan melalui gurun, tetapi di Spotsylvania-Virginia, Grant tidak berusaha menyelamatkan diri ataupun menjebak Lee dengan mengepungnya tetapi berusaha untuk menyerang markas Lee.

Meskipun rencana itu gagal dan akan memaksa Lee mundur dari Selatan, Grant menyerang Cold Harbor pada tanggal 3 Juni 1864 dan kehilangan 2000 pasukan serta 4000 pasukan terluka hanya dalam satu jam.

Di Petersburg, Virginia, pasukan Grant kehilangan kesempatan merebut kota dan memotong pasokan ke Richmond. Pada tanggal 30 Juli 1864, pasukan Grant meledakan sebuah tambang besar di bawah Konfederasi, mereka masuk dan dihabisi pasukan Konfederasi. Perang saudara yang mungkin menewaskan 750,000 warga Amerika, banyak yang cacat seumur hidup, kerusakan ekonomi dan kepahitan abadi.

No comments: