Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Oct 22, 2012

Lempeng Tektonik

Dinamika pergerakan lempeng tektonik yang terjadi secara keseluruhan seperti saat ini, terakhir kali terjadi sekitar 3,2 miliar tahun yang lalu. Dimana saat itu benua baru terbentuk dan terpecah.

Dalam studi yang dinyatakan Tomas Naraa, seorang peneliti di Survei Geologi Denmark-Greenland (Geus) dan Nordic Center for Earth Evolution (NordCEE), bahwa perkembangan geologi telah memberikan gambaran lempeng tektonik bumi yang meliputi lautan, benua, pegunungan dan lembah, semua terbentuk sejak 3,2 miliar tahun yang lalu.

Saya tidak berfikir negatif tentang studi yang dilakukan Naraa, apakah benua kita akan mengalami perubahan kedepan karena gejala yang sama persis terjadi saat ini dengan masa lalu. Hasil penelitian Naraa diterbitkan dalam jurnal ilmiah Nature dan dipublikasikan kembali di salah satu Media Denmark.

Lempeng Tektonik Membentuk Benua

Gunung berapi, gempa bumi, tsunami, lautan, benua, iklim dan bahkan kehidupan di muka Bumi dipengaruhi pergerakan kerak bumi. Dengan kata lain bahwa lempeng tektonik menentukan bagaimana geologi bumi menyusun letak lautan dan benua yang merupakan fondasi segala sesuatu di muka bumi.
Lempeng Tektonik

Tetapi mekanisme di balik gerakan konstan pada kerak bumi, sebenarnya tidak sesering seperti sekarang ini. Penelitian terakhir menyatakan bahwa dinamika pergerakan sistem lempeng tektonik secara keseluruhan seperti saat ini, terakhir kali terjadi sekitar 3,2 miliar tahun yang lalu.

Tomas Naraa, seorang peneliti di Survei Geologi Denmark dan Greenland (Geus) dan Nordic Center for Earth Evolution (NordCEE), menyatakan bahwa mereka telah menerbitkan pernyataan yang sangat penting dalam sebuah diskusi dan merupakan pemahaman baru tentang perkembangan bumi. Penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme dasar di balik pergerakan kerak bumi terkahir kali berubah 3,2 miliar tahun yang lalu. Hasil ini memberi pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana lautan dan iklim sangat dipengaruhi oleh pergerakan litosfer Bumi, kerak dan lapisan padat paling atas mantel.

Selama 3,2 miliar tahun terakhir sebagian besar bencana di bumi diakibatkan pergeseran lempeng tektonik, yang menentukan bagaimana benua dan kerak bumi terbentuk dan bagaimana benua telah berpindah disekitar permukaan bumi.

Posisi benua selalu dipengaruhi arus laut, diikuti faktor lain yang menentukan iklim lokal di Bumi. Lempeng tektonik ini merupakan faktor yang sangat penting dalam perkembangan kehidupan di Bumi.

Dalam dinamika lempeng tektonik, batuan cair (magma) naik dari mantel bumi di sepanjang pegunungan di tengah laut, yang membentuk sabuk panjang ratusan atau ribuan kilometer di sekitar Bumi. Beberapa peta geologi menunjukkan pegunungan di tengah laut yang juga sebagai rantai pegunungan bawah laut. Pada pegunungan di tengah laut, kerak dasar laut terbentuk dari magma yang naik, ini merupakan sebuah proses yang terus-menerus terjadi dan membentuk kerak dasar laut baru hingga lempeng tektonik saling menjauh.

Dasar kerak laut terdiri dari bahan basaltik berat yang relatif muda, berkisar 0 hingga 200 juta tahun dan ketebalan rata-rata sekitar tujuh kilometer. Di sisi lain, kerak benua yang membawa (memindahkan) benua bumi jauh lebih tua, biasanya berkisar 4 miliar tahun dan lebih tebal, terdiri dari bahan granit yang lebih ringan. Ketika kerak dasar laut bertemu dengan kerak benua, kerak dasar laut didorong ke bawah lempeng benua dan kembali meleleh di mantel untuk membentuk magma baru. Magma baru yang terbentuk naik hingga kerak bumi dan memperluas lempeng benua, proses ini disebut subduksi. Dengan cara ini, materi baru terus ditambahkan ke kerak bumi di bawah laut dan membantu memperluas lempeng benua.

Dinamika lempeng tektonik pertama kali dijelaskan pada tahun 1960, para ilmuwan menemukan bahwa Bumi memiliki dua jenis kerak. Kerak tipis, muda dan berada di bawah lautan, sementara kerak yang jauh lebih tua disebut benua. Dinamika lempeng tektonik membentuk dasar dari seluruh sistem geologi dan sumber utama atas segala bencana di Bumi yang muncul saat ini.

Lempeng Tektonik Muncul 3,2 Miliar Tahun Yang Lalu

Penelitian Naraa menunjukkan bahwa 13,4 miliar tahun lalu lempeng tektonik belum terbentuk, tetapi menunjukkan bahwa Bumi telah ada. Kemudian lempeng tektonik saat ini terbentuk sekitar 3,2 miliar tahun lalu yang menggantikan sistem sebelumnya, mungkin karena mantel bumi didinginkan.



Sistem yang lebih tua tidak memiliki zona subduksi, kerak dasar laut yang ditekan di bawah lempeng benua dan membentuk materi menjadi benua. Para peneliti meyakini bahwa bagian tertua benua terbentuk melalui peleburan ulang dalam waktu sangat lama di kerak dasar laut, waktu yang lama tanpa subduksi. Hal ini dapat menjelaskan bagaimana benua terbentuk sebelum perubahan dalam dinamika lempeng tektonik yang terjadi sekitar 3,2 miliar tahun yang lalu.

Naraa kemudian mempelajari isotop dari tiga unsur, zirkonium, hafnium dan oksigen, untuk menentukan berapa usia batu-batu Greenland dan yang proses terjadi di Bumi ketika benua ini terbentuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa jenis batuan terbentuk antara 3,8 hingga 3,6 miliar tahun lalu, ini jauh sebelum dinamika lempeng tektonik modern muncul. Jenis batuan lainnya terbentuk antara 3,2 dan 2,8 miliar tahun lalu, dan profil isotop dari batu-batu ini menunjukkan bahwa bebatuan terbentuk selama dinamika lempeng tektonik saat ini.

No comments: