Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Oct 29, 2012

Norwegia Bukan Bangsa Pemburu Zaman Batu



Daratan Skandinavia berubah dramatis ketika gelombang pendatang terjadi di zaman batu lebih dari 4000 tahun yang lalu, orang-orang berada di bawah tekanan agar mengalami perubahan dengan cepat.

Beberapa tulisan H.Malmstrom 'Ancient DNA Reveals Lack of Continuity between Neolithic Hunter-Gatherers and Contemporary Scandinavians', menjelaskan tentang peradaban awal (zaman batu) orang-orang Norwegia yang sebagian besar adalah pendatang dan pedagang.

Jejak manusia tertua di Norwegia menunjukkan bahwa orang-orang pertama datang ke wilayah ini ketika es glasial mencair sekitar 10,000 tahun yang lalu, tapi Skandinavia saat ini bukan keturunan langsung pengumpul dan pemburu. Tentu saja ada hal-hal yang bisa dianggap khas, tetapi tidak menemukan perbedaan antara yang asli dan otentik dalam keturunan Norwegia. Hal ini menjadi lebih jelas bahwa perubahan eksternal yang dramatis membentuk dasar masa kini budaya Norwegia. Salah satu yang paling penting dari peristiwa ini terjadi di zaman batu, sekitar 4400 tahun yang lalu.

Perkembangan Budaya Zaman Batu

Konsensus beberapa tahun yang lalu menyatakan sebagian besar nenek moyang manusia menjalani kehidupan mereka di lokasi tetap. Perkembangan manusia pada zaman batu dikatakan lambat dan setiap generasi hampir identik dengan yang sebelumnya.



Nenek moyang Norwegia tidak melakukan perjalanan jarak jauh, mereka menerima pengunjung dan memperdagangkan segala sesuatu dari ide-ide dan bahasa. Perubahan sosial yang radikal dapat terjadi hanya dalam beberapa tahun. Para peneliti melihat kontur dari salah satu pergolakan besar yang mungkin berubah cepat dan membentuk fondasi yang sekarang dianggap sebagai budaya.

Pertanian sudah menyebar melalui Eropa dan berkembang di Norwegia, namun manusia pemburu dan pengumpul di utara tidak segera bergabung dengan peradaban yang ada. Sisi ini mempertahankan budaya mereka sendiri dan hidup berdampingan dengan petani serta dengan kelompok-kelompok tertentu dan terlibat pertempuran selama hampir seribu tahun.

Hanya pada masyarakat generasi tunggal di seluruh negara secara radikal diubah. Orang-orang beralih pada pertanian, rumah panjang karakteristik dibangun dan mulai menggunakan teknologi baru dan mungkin logam juga demikian. Mereka beralih dari bahasa asli ke bahasa Indo-Eropa, masyarakat terorganisir secara lengkap dengan cara-cara baru dan membuang apapun keyakinan agama mereka harus mengadopsi mitologi Indo-Eropa, yang berkembang menjadi mitologi Norse dengan orang seperti Odin dan Thor.

Norwegia kemudian menjadi bagian dari jaringan Eropa yang lebih besar, Masyarakat berada dalam kontak dengan satu sama lain dan memperoleh kesamaan. Perubahan dramatis tidak hanya terjadi di daratan Skandinavia, hal yang sama terjadi di Himalaya, Atlantik, dari Afrika Utara menuju lingkaran Kutub dan mungkin lebih jauh.

Tidak ada gejala yang menunjukkan bahwa orang tiba-tiba akan melibatkan diri di bidang pertanian dan metalurgi. Atau bahwa mereka akan mulai bergerak, bertukar pasangan dan mungkin mengubah bahasa dan bentuk ekspresi. Transformasi tersebut datang bersama orang-orang semenanjung Iberia yang bermigrasi ke atas melalui Barat Perancis dan Belanda ke Skandinavia. Budaya, dan mungkin beberapa dari orang-orang ini, memiliki akar di wilayah Timur Tengah.

Genetik, Dan Keturunan Norwegia Di Zaman Batu

Jejak arkeologi tidak semua menyatakan adanya pergolakan besar di zaman batu sekitar 4000 tahun yang lalu. Pada tahun 2009 sebuah tim ilmuwan Swedia dan Denmark menerbitkan hasil analisis DNA dari sisa-sisa Neolitikum manusia. Ini menunjukkan bahwa Skandinavia modern berbeda dari aslinya jenis manusia pemburu dan pengumpul di Eropa Utara. Analisis yang dibuat pada tahun 2012 titik berada dalam arah yang sama. Skandinavia memiliki banyak materi genetik dari imigran yang datang dari seluruh Mediterania.

Tapi DNA ahli dan arkeolog belum tahu berapa banyak imigran berada di balik pergolakan besar. Dua gelombang datang dari barat daya atau elit baru datang dari utara dan mengubah masyarakat. Mungkin ancaman fisik maupun sosial disertai para imigran dari barat daya. Faktor-faktor yang berpengaruh lainnya adalah adaptasi, pernikahan, dan perdagangan. Kemungkinan Norwegia telah terlibat dalam ekspor (perdagangan) sekitar 4400 tahun yang lalu.

Banyak temuan artefak kuno memberikan petunjuk bagaimana harta tersebar di wilayah yang luas, keramik tanah liat Jerman dan pisau Denmark dari batu berusia ratusan tahun telah ditemukan di Norwegia. Bulu, wol dan kulit yang mungkin diekspor negara, seperti tulang rusa dari Nordic digunakan dalam gagang Eropa dan sisir selama Zaman Besi. Perhiasan wanita Nordic telah muncul di kuburan zaman perunggu di Polandia dan Jerman.

Kebanyakan peneliti berpikir pernikahan dan kekerabatan terdiri beberapa hubungan yang paling penting di antara berbagai bangsa. Kuburan peninggalan bisa menjadi jejak orang-orang Norwegia yang telah menjadi kepala suku di Eropa Tengah, dan perkembangan budaya di zaman batu menyatakan bahwa mereka bukan keturunan asli bangsa pemburu dan pengumpul.

No comments: