Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Aug 31, 2012

Misteri Pembangunan Stonehenge Zaman Pra Celtic

Old Sarum merupakan situs asli Salisbury, gundukan pemakaman puncak bukit yang angker dan lokasi berdirinya Stonehenge. Stonehenge, Old Sarum, dan Salisbury Cathedral, semuanya terletak dalam garis lurus.

Stonehenge, monumen peninggalan zaman megalit di Eropa yang terkenal dengan ke-misteriusan-nya, sampai saat ini masih banyak arkeolog yang memperdebatkan pendapat mereka bahwa situs ini tidak mungkin dibangun bangsa Celtic. Dalam pandangan mereka, bangsa Celtic berusia lebih muda dari situs ini, dan itu menjadi alasan bahwa bangsa Pra-Celtic sudah lebih dulu membangunnya.

Anthony Johnson mengungkapkan analisa dalam bukunya 'Solving Stonehenge: The Key to an Ancient Enigma' secara rinci memberikan petunjuk tersembunyi di monumen terkenal, tentang pembangunan Stonehenge dari zaman Megalitikum. Survei John Wood yang sangat akurat, tetapi sering diabaikan sejak tahun 1740. Survey ini merupakan catatan yang paling penting tentang Stonehenge.

Stonehenge Lebih Tua Dari Bangsa Celtic

Arkeolog percaya bahwa pembangunan Stonehenge dimulai sekitar 5000 tahun yang lalu, secara bertahap selama berabad-abad. Pertama, membangun parit melingkar dan batu kapur lunak yang mendasarinya. Sekitar 4000 tahun yang lalu, pembangun dilanjutkan dengan menambahkan delapan puluh lingkaran Bluestones, berat masing-masing sekitar empat ton yang diambil dari Pegunungan Prescelly 240 mil di barat daya Wales.



Kemudian ditambahkan 50 ton batu sarsen yang dibawa dari Marlborough Downs sekitar 20 mil ke utara. Ambang pintu batu horizontal yang diangkat dan ditempatkan di atas sarsens, ditahan oleh Mortices dan Tenons (vertikal). Pembangunan ini selesai sekitar 3.500 tahun lalu oleh orang-orang sekarang yang dikenal sebagai 'Beaker'.

Sejak abad 17, Antiquarians mulai tertarik pada Stonehenge dan situs misterius lainnya. John Aubrey (1626-1697) dan William Stukely (1687-1765) percaya bahwa struktur Stonehenge mungkin dibangun di bawah arahan Druid, para imam Celtic tinggal di Inggris ketika Roma tiba. Penulis Colin Burgess juga menyatakan bahwa Stonehenge pada kenyataannya telah dibangun oleh nenek moyang bangsa Celtic.

Arkeolog dan sejarawan telah menunjukkan bahwa pembangunan Stonehenge sangat mustahil dibangun Celtic, karena bangsa Celtic dan imam Druid baru tiba di Kepulauan Inggris sekitar 2.500 tahun yang lalu, dan Stonehenge sebenarnya telah dibangun oleh manusia zaman Pra-Celtic.

Stonehenge dan pemakaman di dekatnya merupakan bagian dari struktur besar megalitik yang dibangun dari batu kasar di Inggris selatan. Struktur serupa juga ditemukan di seluruh Kepulauan Inggris, Perancis dan bagian lain didaratan Eropa termasuk pulau Mediterania Malta, Turki, Israel, dan tempat lain di Amerika. Tidak jauh dari Stonehenge terdapat Avebury, batu lingkaran terbesar yang dikenal dunia dengan sebagian kota dibangun di atasnya. Sayangnya banyak dari struktur Avebury dibongkar. Fitur Avebury berbobot empat puluh ton tanpa palang, parit melingkar dan beberapa batu berdiameter 1,396 kaki setinggi 20 kaki.

Di Perancis barat terdapat komplek besar batu berbaris yang disebut Carnac sekitar 3000 batu, mungkin berusia 6500 tahun yang lalu. Megalitikum dan struktur bawah tanah di Malta, seperti Kuil Ggantiza di Xaglara pulau Gozo-Malta berusia lebih dari 6000 tahun dan pernah beratap, diplester dan bahkan dicat. Di Amerika, selain struktur Mound Builder, reruntuhan besar Meksiko dan Amerika Selatan, struktur yang menyerupai bangunan di Inggris telah ditemukan di Amerika seperti di New Hampshire dan New York.

Beberapa arkeolog Maverick menyatakan bahwa peninggalan tersebut mungkin dibangun oleh suku yang disebut Red Paint People, sekitar 3000 tahun yang lalu. Mereka memiliki kapal bahkan mereka mungkin telah menyeberangi Atlantik dan berhubungan dengan rekan-rekan mereka di Eropa. Sebagian besar megalit Eropa berada didekat laut yang menunjukkan bahwa mereka dibangun oleh pelaut.

Sejarah Bangsa Pra Celtic Sebelum Membangun Stonehenge

Druid tidak mungkin membangun Stonehenge dan struktur yang ada di Inggris dan Perancis, bertumpu pada asumsi bahwa bangsa Celtic merupakan imigran yang relatif baru di Eropa barat. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa komponen tertentu dari budaya Celtic klasik (seperti kuda dan kereta yang muncul di Barat hanya sekitar 2.500 tahun yang lalu, dan di Eropa Tengah sekitar 2.800 tahun lalu). Celtic menyebar disepanjang bagian timur seperti Turki, dan keturunan modern mereka adalah Irlandia, Skotlandia, Bretons, Welsh, dan Cornish. Mereka orang-orang yang suka berperang, biasanya berkulit terang dan tinggi.

Romawi pernah menuduh mereka melakukan pengorbanan manusia yang sadis, dan mungkin benar tetapi bukti kuat sangat sedikit. Bangsa Celtic diyakini menyembah roh yang ditemukan di alam dan memiliki pohon Oak, membuat Mistletoe menjadi tempat suci, kemudian orang-orang Romawi mengatakan bahwa mereka percaya pada reinkarnasi. Bangsa Druid menjalani pelatihan yang panjang dan sulit, mereka mungkin mengenakan jubah putih. Agama Druid dapat bertahan di Irlandia pada abad ke-17, dan sebagian mereka sampai hari ini menyebut diri mereka sebagai bangsa 'Druid'.

Tidak ada bukti perang ataupun penaklukan, sulit bagi arkeolog untuk menjelaskan bagaimana mereka bisa berdamai dengan bahasa mereka, agama, dan budaya sebelumnya. Ahli genetika menyatakan bahwa orang Inggris modern terkait dengan DNA, termasuk bangsa Spanyol yang berasal dari sisa-sisa manusia pra-Celtic di Inggris. Bahasa-bahasa Celtic merupakan bagian dari kelompok bahasa Indo-Eropa modern termasuk Jerman, Spanyol, Perancis dan sebagainya. Hanya Basque dari daerah perbatasan barat Spanyol/Perancis yang tidak terkait dengan bahasa Celtic.

Yunani kuno dan Italia juga berbahasa Indo-Eropa, seperti juga bahasa Persia kuno Persia (Iran) dan bahasa Sansekerta di India. Sejarah konvensional mengatakan bahwa penduduk asli (penutur bahasa-bahasa Dravida masih ada) ditaklukkan dengan menginvasi bangsa Arya dari barat laut. Tidak ada bukti tentang hal ini, peradaban tertua di wilayah tersebut (sampai reruntuhan bawah laut ditemukan di lepas pantai India) berusia 5000 tahun berbudaya Indus-Sarasvati dengan kota-kota seperti Harappa dan Mohenjo-daro.

Karena mereka tidak memiliki kuda dan kereta seperti budaya 'Arya', diasumsikan bahwa mereka ditaklukkan, begitupun tidak ada bukti perang atau penaklukan, dan teknologi baru di sini maupun di Eropa Barat tidak disebarkan lewat perang. Bahkan, seni mereka digambarkan melalui swastika dan phalluses seperti seni lama Hindu, dan salah satu segel kuno mereka menggambarkan seorang pria dalam posisi yoga. Mereka memiliki perahu sungai dan mungkin juga kapal laut yang berdagang dengan bangsa Sumeria. Mereka juga berlatih dalam pemujaan dewi dan memiliki lukisan kerbau melompat seperti budaya Minoan Crete. Budaya mereka tampaknya telah mengalami penurunan akibat bencana alam.

Jadi, menurut arkeolog bahwa bangsa Celtic dan Indo-Eropa berada di wilayah Stonehenge selama ini. Para imam Druid dan nenek moyang bangsa Celtic sudah ada saat Stonehenge dibangun, dan menjadi pusat keagamaan di wilayah Eropa.

No comments: