Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Aug 10, 2012

Crete, Peradaban Kuno Bangsa Minoan

Peradaban kuno bangsa Minoan berada di tempat yang sekarang disebut Crete, terletak di Mediterania pada zaman Perunggu jauh sebelum kebudayaan sejarah Yunani kuno. Bangsa Minoan merupakan pedagang yang terkenal dalam perdagangan luar negeri. Kerajaan bangsa Minoan menjadi pusat perdagangan kuno melalui kapal-kapal mereka yang mendominasi Mediterania, Yunani dan kepulauan Yunani, serta seluruh wilayah Laut Hitam.



Mengenal Peradaban Kuno Minoan

Kekuatan angkatan laut Minoan digunakan untuk mengangkut barang perdagangan di seluruh Kepulauan Yunani, dan perdagangan ini membuat peradaban kuno Minoan sangat kaya. Bangsa Minoan juga mengandalkan infrastruktur angkutan laut untuk pasokan makanan yang mengangkut gandum dari peternakan Laut Hitam, dan kembali ke pantai-pantai kepulauan Yunani. Banyak sejarawan dan arkeolog percaya bahwa peradaban kuno Minoan (Minoans) berperan besar dalam perdagangan timah yang sangat penting di zaman Perunggu saat itu (timah yang digunakan untuk pembuatan perunggu).

Crete adalah pulau pegunungan di Mediterania dengan bangunan pelabuhan yang alami. Dalam sejarah peradaban kuno, pulau itu dilanda gempa bumi, letusan gunung berapi, dan badai musim dingin. Menurut Homer, Crete memiliki 90 kota dan kota Knossos adalah yang paling penting. Arkeolog telah menemukan istana di Phaistos dan Malia. Pulau ini mungkin dibagi menjadi empat pemerintahan, utara pemerintahannya di Knossos, selatan di Phaistos, bagian timur di Malia, dan ujung timur di Zakros Kato. Istana yang lebih kecil telah ditemukan di tempat lain, tidak ada satu kota di Minoan yang memiliki dinding kota (benteng) dan sedikit senjata yang ditemukan.

Runtuhnya Peradaban Kuno Minoan

Awal zaman Perunggu sekitar 3100 SM merupakan periode kerusuhan besar di Crete, tetapi juga menandai awal Crete sebagai pusat penting peradaban kuno Minoan. Sekitar 1700 SM terjadi gangguan besar di Crete disebabkan (mungkin) karena gempa bumi, meskipun invasi dari Turki juga sangat memungkinkan. Populasi meningkat dan istana-istana lebih besar dari sebelumnya, dan dengan rencana dasar yang berbeda.

Sekitar 1650 SM, letusan vulkanik pulau Thera menyebabkan tsunami yang menghancurkan instalasi dekat pantai. Belerang dioksida yang dipancarkan oleh gunung berapi juga menyebabkan penurunan suhu, yang menghasilkan panen buruk selama beberapa tahun. Beberapa arkeolog berpikir bahwa peradaban kuno bangsa Minoan kehilangan kepercayaan agama mereka pada kemampuan para Imam (pemimpin agama) untuk mengendalikan alam.

Ada teori yang menyebutkan bahwa sebuah gunung berapi di pulau Thera (Santorini), sebelah utara Crete, meletus dan menyebabkan gelombang pasang besar, awan gelap berminggu-minggu menutupi daratan Eropa, hingga Asia dan Afrika. Ledakan gunung vulkanik ini jauh lebih hebat dari letusan gunung Karatau. Letusan ini mungkin menjadi inspirasi (adanya) legenda Atlantis.

Sekitar 1420 SM, pulau Thera ditaklukkan oleh Mycenaean. Setelah ini, sebagian besar kota Crete dan kerajaannya mengalami kemunduran. Tapi Knossos tetap berlanjut hingga 1200 SM. Ada bukti bahwa perdagangan runtuh, dan penduduk kota-kota di peradaban kuno Minoan mati karena kelaparan. Pasokan gandum Minoans menipis yang diyakini berasal dari peternakan di tepi Laut Hitam. Banyak sejarawan percaya bahwa pusat perdagangan kuno saat itu berada dalam masa kritis dari perdagangan yang tidak ekonomis, makanan dan kebutuhan pokok yang bernilai tinggi dan dan dianggap barang mewah.

Salah satu teori runtuhnya peradaban kuno Minoan menyatakan adanya peningkatan penggunaan alat-alat besi oleh pedagang Minoan

Ketika perdagangan berhenti, kelaparan tidak bisa lagi diatasi dengan perdagangan. Teori lainnya menyebutkan bahwa kemampuan angkatan laut Minoan rusak dengan cara tertentu disebabkan letusan gunung di Thera. Mungkin juga disebabkan karena penaklukan Thera oleh bangsa Myceneans. Bangsa Myceneans mungkin tidak memiliki keterampilan untuk mengelola sebuah pusat perdagangan yang besar. Beberapa sejarawan berpendapat bahwa invasi Mycenaean terjadi setelah letusan hingga meruntuhkan peradaban kuno Minoan.

No comments: