Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Aug 29, 2012

Kuil Filistin Ditemukan di Kampung Halaman Goliat

Arkeolog di Israel baru-baru ini mengumumkan penemuan mereka akan sebuah kuil bangsa Filistin di sebuah situas bersejarah di kampung halaman "raksasa" Goliat.

Puing-puing kuil tersebut ditemukan di kota kuno Gat. Diperkirakan, kuil tersebut berasal dari abad ke-10 sebelum Masehi, sebagaimana diungkapkan oleh Prof. Aren Maeir dari Bar Illan University's Martin Department of Land of Israel Studies and Archaeology.

Arsitektur kuil tersebut mirip dengan gambaran yang ada dalam Alkitab, ketika Simson menghancurkan kuil Dagon di Filistin.
"Kami tidak mengatakan bahwa kuil ini adalah kuil yang sama, yang dihancurkan Simson," kata Maeir, yang memimpin penggalian di situs tersebut sejak 13 tahun lalu, "Tetapi, ini memberikan gagasan yang baik mengenai gambaran yang digunakan penulis ketika menuliskan cerita tentang kuil Filistin itu."

Ini adalah kuil Filistin pertama yang ditemukan di Gat.



Bersamaan dengan penemuan kuil tersebut, para ahli juga menemukan bukti adanya gempa bumi besar pada abad ke-8 yang diduga merupakan gempa bumi yang disebutkan dalam kitab Yesaya dan Amos.

"Jika para seismolog benar, gempa tersebut berkekuatan 8 SR," kata Maeir. "Intensitas energi yang besar dibutuhkan untuk memindahkan tembok-tembok."
"Apa yang kita temukan di sini merupakan suatu gempa bumi dahsyat, sebuah peristiwa alam yang sangat signifikan dengan apa yang disaksikan pada zaman para nabi."
Maeir dan tim internasionalnya melakukan penggalian di pegunungan yang berada di Taman Nasional Tel Tzafit di pantai selatan.

No comments: