Sejarah Dunia Kuno

Welcome to the Year 2019, The Year of open Doors

Jun 19, 2015

Elizabeth II Naik Tahta

Elizabeth II naik tahta menjadi Ratu Inggris pada 2 Juni 1953, melalui upacara yang dihadiri 1.000 tamu undangan di Westminster Abbey, London, Inggris, diikuti oleh ratusan juta pendengar radio.

Dilansir dari laman History, Elizabeth II berusia 27 tahun ketika itu. Suaminya, duke of Edinburgh, berusia 30 tahun. Elizabeth yang lahir pada 21 April 1926, adalah putri pertama Pangeran George, putra kedua Raja George V.



Saat Kakek Elizabeth itu wafat pada 1936, pamannya naik tahta sebagai Raja Edward VIII. Namun dia kemudian turun dari tahta, terkait kontroversi atas pernikahannya dengan Wallis Warfield Simpson.

Ayah Elizabeth kemudian naik menggantikan Edward, menjadi Raja George VI. Saat Perang Inggris, Putri Elizabeth dan adiknya, Putri Margaret, tinggal jauh dari London di tepi kota.

Elizabeth menikah dengan sepupunya, Philip Mountbatten, mantan pangeran Yunani dan Denmark, yang melepaskan titelnya demi menikah dengan Elizabeth. Dia kemudian mendapat gelar duke of Edinburgh.

Putra pertama mereka lahir pada 1948, Pangeran Charles. Disusul kelahiran Putri Anne pada 1950. Pasangan itu sedang dalam perjalanan di Kenya, saat Raja George VI meninggal pada 6 Februari 1952.

Elizabeth segera diumumkan sebagai Ratu Inggris, namun upacara pengangkatannya baru dilakukan pada 2 Juni 1953 di Westminster Abbey. Dia telah berusia 89 tahun pada 21 April 2015 lalu.

Itu membuatnya menjadi individu tertua ketiga, yang pernah memegang mahkota kerajaan Inggris. Walau telah melimpahkan sebagai tugas pada putranya, Charles, dia belum memberi indikasi bersedia turun tahta.

No comments: