Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Aug 28, 2014

Gereja Katolik Roma Di Vatikan, Gereja Terbesar Di Dunia

Vatican (Vatikan) merupakan negara yang wilayahnya terdiri dari batasan dinding didalam kota Roma di Italia. Vatikan memiliki luas sekitar 44 hektar (110 hektar), dan populasi lebih dari 800 jiwa. Hal ini membuat Vatikan negara merderka terkecil yang diakui secara internasional di dunia dengan baik wilayah dan jumlah penduduk. Paus merupakan Kepala Negara dan Pemerintah Negara Kota Vatikan.

Kota Vatikan didirikan sebagai sebuah negara merdeka pada tahun 1929 oleh Lateran Treaty, ditandatangani oleh Kardinal Sekretaris Negara Pietro Gasparri, atas nama Paus Pius XI dan oleh Perdana Menteri Benito Mussolini  atas nama Raja Victor Emmanuel III dari Italia.



Di Vatikan inilah terdapat Gereja Katolik Roma yang merupakan gereja kristen terbesar di dunia, yang memiliki anggota sebanyak kurang lebih semilyar, sama hal dengan separuh dari total umat kristen diseluruh dunia atau seperenam dari populasi dunia. Bagi yang berkunjung ke negara Italia, maka salah satu tempat wisata yang perlu dikunjungi adalah salah satunya Gereja Katolik Roma yang berada di Vatikan ini. Selain latar belakang kisah kekristenan yang bisa kita lihat juga juga dapa melihat tatanan arsitektur dari kawasan dan bangunan Gereja Katolik Roma tersebut yang begitu sangat megah sekali (terutama interior dalam gedung ini).



Sedikit sekilas mengenai latar belakan berdirinya Gereja Katolik Roma ini adalah dari salah satu murid Yesus (Isa Al Masih) yang bernama Petrus (Peter) yang telah berjuang didalam penyebaran Injil. Petrus pada akhirnya mati disalib (untuk tidak menyamakan penyaliban terhadap guru-Nya yaitu Yesus, Petrus meminta untuk disalib dengan posisi terbalik, kepala dibawah dan kaki diatas). Semasa Yesus (Isa Al Masih) masih hidup pernah mengatakan kepada Petrus bahwa Petrus ditasbihkan sebagai pemegang kunci sorga dan banyak umat mengikutinya bagaikan karang batu. Bila kita melihat dikawasan gereja ini terdapat tiang tugu yang amat tinggi, disitulah menurut kisah tempat Petrus disalib terbalik.



Didalam Gereja Katolik Roma ini juga terdapat makam Petrus dan juga terdapat patung sosok Petrus yang para umatnya dapat menyentuhnya dan berdoa disana. Bangunan gereja ini memiliki langit yang sangat tinggi sekali, dihiasi dengan ukiran/pahatan serta interior yang sangat megah dan indah. Kamu akan terpada melihat suasana didalam gereja tersebut. Seakan belum pernah kamu melihat keindahan interior dan arsitektur sedemikan rupa disana.



Ditemani oleh pemandu disana, dan kita juga dapat dilengkapi dengan earphone yang terhubung dengan radio, sehingga kita dapat mendengarkan pembicaraan pemandu walau posisi kita berjauhan dengan si pemandu. Alat  ini juga dapat memandu bila kita tertinggal rombongan didalam bangunan tersebut. Sebelum masuk kedalam gereja ini terlebih dahulu kita harus melalui alat sensor dan setiap tas akan discan (sama seperti kita masuk ke bandara). Setelah dinyatakan aman, maka kita baru dapat masuk kedalam gereja ini.

No comments: