Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Mar 28, 2014

Generator Listrik Terbaru Mampu Tingkatkan 30 Persen Energi

Ditengah-tengah kebutuhan listrik meningkat, ilmuwan terus berupaya mencari jalan keluar bagi industri yang masih menggunakan teknologi generator listrik. Proyek Magnetide merupakan pengembangan generator jenis baru yang mengubah energi mekanik yang dihasilkan gerakan pasang surut menjadi energi listrik, misalnya pada generator tenaga angin dan air.

Para ilmuwan memodifikasi desain generator listrik sehingga komponen yang diproduksi bisa menerapkan instalasi Powder Injection Moulding (PIM). Teknologi ini akan mengurangi biaya sistem dan meningkatkan efisiensi tenaga listrik hingga 30 persen. Konsumen nantinya akan mendapatkan modifikasi fleksibel dan suku cadang dengan harga yang lebih rendah.

Powder Injection Moulding Tingkatkan Energi Generator Listrik Masa Depan

Penelitian ini dipimpin oleh Profesor Jose Manuel Torralba dari University's Powder Technology Research Group (Grupo de TecnologĂ­a de Polvos -GTP) sekaligus berpartisipasi dalam proyek UC3M. Hasil analis dipublikasikan pada International Journal of Microstructure and Materials Properties, Maret 2013.

Dengan adanya teknologi Powder Injection Moulding telah membuktikan adanya teknologi listrik alternatif nyata dalam pembuatan bagian kompleks dengan tingkat produksi tinggi pada magnetik generator listrik. Ilmuwan menggambarkan tahapan-tahapan yang berbeda dalam proses manufaktur dan solusi yang telah diberikan sehubungan dengan sistem terapan Powder Technology Group.

Teknologi Generator Listrik

Skilas tentang Powder Injection Moulding (PIM) adalah teknologi bubuk metalurgi canggih yang menggabungkang keunggulan dari cetakan injeksi plastik dan teknologi bubuk. Teknologi ini mirip dengan pembuatan roti dalam oven, analisis yang diterapkan bahwa paduan serbuk logam yang terpanggang dalam cetakan akan memproduksi komponen dalam generator listrik secara 'milimetrically' atau sangat tepat.
Ilmuwan mempelajari kombinasi terbaik dari bubuk logam dengan karakter magnetik (besi, silikon, kobalt, nikel) yang nantinya akan di-injeksi-kan kedalam cetakan plastik polimer. Tehnik ini akan memungkinkan bubuk logam menciptakan bagian-bagian kompleks yang sulit dan mahal untuk menghasilkan energi mekanis pada generator listrik.
Menurut profesor Torralba, salah satu keuntungan teknologi PIM bahwa pengguna merancang materi dengan modifikasi cetakan, mudah diproduksi hingga jutaan potongan yang sama persis dengan cara sederhana, cepat dan cukup murah. Ilmuwan berharap proyek ini akan selesai tahun depan, mereka akan memiliki prototipe pertama generator listrik mengusung teknologi Power Injection Moulding.

Teknologi Power Injection Moulding dapat digunakan pada generator listrik tenaga angin dan sumber energi alternatif lainnya, seperti air dan panas bumi. Bisa juga digunakan di daerah yang terdapat arus pasang surut seperti pantai barat Kanada, pantai barat Asia Tenggara, Australia, Spanyol dan pantai Selat Gibraltar.

1 comment:

Anonymous said...

401 ACAID
402 Acanthamoeba
403 accessory optic system/pretectum
404 accommodation
405 acetylcholine
406 adaptation: blur
407 adaptation: chromatic
408 adaptation: motion
409 adaptation: pattern
410 adenosine
411 adenovirus