Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Dec 11, 2013

Enid Blyton

Kalau pernah membaca cerita petualangan dalam serial Lima Sekawan (The Famous Five series), St. Clare's series dan The Naughtiest Girl series (serial Si Badung), pasti udah nggak asing dengan pengarangnya. Yup, Enid Blyton. Kita kenalan sama pengarang satu ini, yuk!

Enid Blyton terlahir dengan nama Enid Mary Blyton pada tanggal 11 Agustus 1897 di London, Inggris. Sejak kecil, Enid sangat suka membaca novel. Beberapa novel yang menjadi favoritnya yaitu Black Beauty (karya Anna Sewell), The Water Babies (Charles Kingsley) dan Little Women (M. Alcott).  Novel Little Women pun menjadi salah satu inspirasinya untuk menulis buku yang bercerita tentang anak-anak.

Ketika remaja, Enid sempat kehilangan dukungan dari kedua orangtuanya untuk menjalani hobi menulisnya ini. Tapi Enid nggak pantang menyerah. Ia pun terus mengurung diri di kamar untuk menghasilkan tulisan terbaru. Sayangnya, dari sekian banyak cerita dan puisi yang dibuat, hanya satu puisi yang diterbitkan oleh Arthur Mee Magazine saat ia berusia 14 tahun. Sisanya dikembalikan kepada Enid bersama surat penolakan dari setiap majalah.

Meskipun demikian Enid nggak pernah menyerah. Sampai akhirnya penantian dan kesabarannya membuahkan hasil. Pada tahun 1920-an berbagai cerita dan artikel yang ia buat diterima oleh penerbit. Salah satunya yaitu kumpulan puisi Child Whispers. Pada tahun 1923, berbagai cerita lain pun diterbitkan. Termasuk lebih dari 120 cerita pendek, review buku, dan lainnya. Selain menulis, Enid juga menerbitkan majalah Sunny Stories pada tahun 1952 dan Enid Blyton's Magazine pada Maret 1953.

Sejak tahun 1950-an, kesehatan Enid pun mulai menurun. Ia sempat terkena serangan jantung dan kepikunan. Setelah berjuang melawan penyakitnya, Enid Blyton tutup usia pada tanggal 28 November 1968 setelah menerbitkan dua buku terakhirnya, The Man Who Stopped to Help and The Boy Who Came Back, yang terbit pada tahun 1965

No comments: