Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Oct 4, 2013

Artefak Terkait Alkitab

Ada banyak dari daftar ini yang tidak ada keterangan lengkapnya.

Berikut adalah daftar artefak yang berkaitan dengan Alkitab, yaitu barang-barang buatan manusia yang mempunyai arti penting dalam sejarah yang dicatat dalam Alkitab Ibrani maupunAlkitab Kristen.

2000 SM
  • Epos Gilgames atau Prasasti Air Bah (Deluge Tablet) – merupakan catatan Babilonia tentang air bah (lihat Nuh)
  • Epos Atrahasis - memuat kisah penciptaan dan air bah dari Babilonia.
  • Prasasti-prasasti hukum (Law tablets) – sejumlah prasasti berisi hukum di wilayah Timur Dekat kuno: Piagam Hammurabi (Code of Hammurabi), Hukum Eshnuna (Laws of Eshnunna, sekitar 1930 SM), Kode Ur-Nammu (Code of Ur-Nammu), raja Ur (sekitar 2050 SM), dan Kodeks Lipit-Ishtar dari Isin (Codex of Lipit-Ishtar of Isin) (sekitar 1870 SM). Prasasti hukum lain setelah zaman Hammurabi antara lain Kode Nesilim (Code of the Nesilim), Hukum orang Het (Hittite laws), Hukum Asyur (Assyrian laws), dan "613 Mitzvot" dari Hukum Musa, yang meliputi Sepuluh Perintah (Ten Commandments).
  • Tulisan-tulisan orang Het (Hittite texts) (Abad ke-17 SM dan seterusnya)
  • Ledakan gunung Minoa (Minoan Eruption) - bekas abu yang ditemukan di berbagai tempat penggalian (Tel) bertanggalkan Zaman Perunggu Akhir
1500 SM
  • Teks keagamaan Ugarit (Ugaritic religious texts) – (Abad ke-14 – 12 SM) mendukung catatan Filo, diawetkan dalam tulisan Eusebius, berkaitan dengan agama-agama orangKanaan.
  • Surat-surat Amarna (c. 1300-an SM) – lempengan tanah liat berisi surat-surat korespondensi antara pemerintah Mesir dengan sejumlah pemimpin negara atau daerah di Timur Tengah, termasuk di Kanaan dalam periode Kerajaan Baru Mesir.
  • Papirus Ipuwer (c. Abad ke-13 SM) – naskah papirus kuno yang menggambarkan Mesir sedang dilanda bencana alam dan dalam keadaan kacau. Mengandung pernyataan seperti "sungai menjadi darah" dan sejumlah keterangan yang dianggap sebagai catatan orang Mesir mengenai sepuluh tulah yang dicatat dalam Kitab Keluaran di Alkitab.
  • Keramik Midian (Midianite pottery) – (Abad ke-13 sampai 12 SM) Alkitab mencatat bahwa Musa tinggal di daerah Midian selama 40 tahun di antara waktu ia melarikan diri dari Mesir setelah membunuh seorang Mesir, sampai kembali untuk memimpin bangsa Israel ke luar dari Mesir. Selama di Midian, ia menikahi Zipora, putri Yitro, imam di Midian. Di masa-masa kemudian, orang Midian menjadi musuh dan penjajah orang Israel, paling sedikit sebagai hukuman Allah terhadap penyembahan berhala oleh orang Israel.
  • Prasasti Merneptah (Merneptah Stele) (c. 1209/1208 SM).- salah satu rujukan tertua tentang Kerajaan Israel atau bangsa Israel.
Abad ke-10 SM
  • Gerbang berkamar enam (6-chamber gates) - (Abad ke-10 SM) - "Gerbang-gerbang ini ditemukan di Hazor, Megido, Gezer, serta Lakhis, dan khususnya oleh Yigael Yadindihubungkan dengan proyek pembangunan raja Salomo."
  • Inskripsi Khirbet Qeiyafa (Khirbet Qeiyafa inscription/pottery sherd) – (Abad ke-10 SM) Inskrispsi yang ditemukan dalam ekskavasi dekat lembah Elah, Israel.
  • Kalender Gezer (Gezer calendar) (Abad ke-10 SM) – kalender dari kota Gezer yang disebut di Alkitab. Salah satu contoh tulisan bahasa Ibrani tertua.
  • Keramik Tell es-Safi (Tell es-Safi Potsherd) (Abad ke-10 sampai pertengahan ke-9 SM) – Potsherd bertulisan dua nama "alwt" dan "wlt", secara etimologi berkaitan dengan nama Goliat dan menunjukkan bahwa nama itu cocok dengan konteks budaya Filistin di akhir abad ke-10 sampai awal abad ke-9 SM. Ditemukan di Tell es-Safi, yang merupakan identifikasi tradisional untuk kota kuno Gat.
  • Struktur Batu Besar (Large Stone Structure) – diduga lokasi istana raja Daud(penanggalan sementara abad ke-10 sampai ke-9 SM).
  • Struktur Batu Bertingkat (Stepped Stone Structure) – (1000-900 SM) - diduga adalah bangunan orang Yebus, Millo, atau bagian dari "Struktur Batu Besar", yang diyakini sebagai bagian dari istana raja Daud.
  • Gerbang Bubastis (Bubastis portal) – memuat seri inskripsi yang mengisahkan serangan Firaun Shishaq ke Yudea dan Israel (diyakini pada tahun 925 SM), terletak di luar Kuil Amun di Karnak.(1 Raja-raja 14:25; 2 Tawarikh 12:1–12).
  • Ukiran Shishak (Shishaq Relief) – menggambarkan kemenangan raja Shishak atas Yehuda (diduga raja Rehabeam ~ 925 SM, pada saat menjarah Bait Allah yang didirikan oleh Salomo di Kerajaan Yehuda).
  • Tempat pemujaan Khirbet Qeiyafa (Khirbet Qeiyafa shrines) - barang-barang pemujaan yang dilihat sebagai bukti "penyembahan berhala di Yehuda pada zaman raja Daud" dan dengan ciri-ciri (triglyph dan pintu yang tersembunyi) mirip dengan gambaran Bait Allah yang didirikan oleh Salomo.
  • Ostrakon Isbeth Sartah (Isbeth Sartah ostracon) - ostrakon bertulisan yang berasal dari abad ke-11 SM dan memuat bahasa Proto-Kanaan. Aaron Demsky menganggapnya "tulisan tertua yang muncul dari lingkungan budaya Ibrani." Juga dianggap sebagai contoh kemampuan baca tulis di masa purba.
Abad ke-9 SM
  • Inskripsi Citadel Amman (Amman Citadel Inscription – Inskripsi dari abad ke-9 SM dalam bahasa Amon, satu dari sedikit tulisan peninggalan bangsa Amon.
  • Prasasti Tel Dan (Tel Dan Stele) – (abad ke-9 SM) prasasti memperingati kemenangan orang Aram terhadap orang Israel yang mengandung nama "Daud".
  • Melcarth/Ben-Hadad stele – (Abad ke-9 sampai ke-8 SM) William F. Albrightmengidentifikasi Bir-hadad dengan raja Aram Benhadad I, yang sezaman dengan rajaAsa dan Baesa di Israel.
  • Stempel Yukhal (Seal of Jehucal) – (Abad ke-9 SM ?) Yehukal atau Yukhal yang disebut dalam Kitab Yeremia pasal 37 dan 38 di mana ditulis bahwa raja Zedekiamenyuruh Yukhal bin Selemya dan imam Zefanya bin Maaseya kepada nabi Yeremiauntuk meminta: "Berdoalah hendaknya untuk kami kepada TUHAN, Allah kita!" (Yeremia 37:3).
  • Prasasti Kurkh (Kurkh Monolith) (~859–824 SM) - British Museum – menyebut nama raja Ahab dari Israel, didirikan oleh Shalmaneser III untuk memperingati Pertempuran Karkar, di mana Ahab berpartisipasi bersama banyak pemimpin daerah setempat.
  • Prasasti Obelisk Hitam (Black Obelisk of Shalmaneser III) (~858–824 SM) - British Museum – Prasasti ini menggambarkan Yehu "putra" Omri (seorang raja Israel yang disebut dalam Kitab 2 Raja-raja), atau duta yang dikirim Yehu, membayar upeti kepada raja Asyur Shalmaneser III (~825 SM); salah satu gambar tertua yang ditemukan dari seorang bangsa Israel. Tulisannya mencatat "upeti dari Yehu, putra Omri: aku menerima darinya perak, emas, mangkok emas, vas emas dengan dasar runcing, guci emas, timba emas, timah, tongkat raja dan tombak-tombak."
  • Ostraca House – (~850 SM, atau sebelum 750 SM) 64 ostraca yang dapat dibaca ditemukan dalam penyimpanan harta rajaAhab – ditulis dengan huruf kuno Ibrani.
  • Mesha Stele (juga disebut Batu Moab; Moabite stone) (c. 850 SM) – sebuah prasasti dari daerah sebelah timur sungai Yordan yang menggambarkan kemenangan raja MoabMesa terhadap Kerajaan Israel. Pakar Perancis André Lemaire menemukan bahwa baris ke-31 Prasasti ini mengandung frasa "Rumah Daud" (dalam Biblical Archaeology Review [May/June 1994], halaman 30–37).
  • Balaam inscription (c. 840–760 SM) Prasasti dari abad ke-9 atau ke-8 SM yang menulis tentang seorang nabi bernama Bileam bin Beor (bandingkan dengan Kitab Bilangan pasal 22 dan seterusnya).
Abad ke-8 SM
  • Prasasti Sefire (Sefire stele) – (Abad ke-8 SM) dikatakan sebagai "sumber terbaik di luar Alkitab untuk pengucapan berkat dan kutuk dalam upacara tradisi Semitik Barat" ("the best extrabiblical source for West Semitic traditions of covenantal blessings and curses."
  • Inskripsi Siloam (Siloam inscription) – Catatan pembangunan "Terowongan Hizkia" (Hezekiah's tunnel) dari mata air Gihon ke kolam Siloam pada abad ke-8 SM.
  • Prasasti Zakkur (Stele of Zakkur) – (Abad ke-8 SM) menyebut nama Hazael rajaAram.
"Shebna lintel", dari makam pengurus istana yang ditemukan di Siloam, bertarikh abad ke-7 SM.
  • Inskripsi Sebna (Shebna's lintel inscription) – (Abad ke-8 sampai ke-7 SM ?) Tulisan yang ditemukan di palang pintu masuk sebuah makam, yang ternyata adalah milik panitera raja Hizkia, Sebna.
  • Tawarikh Babilonia (Babylonian Chronicles ~ 747–247 SM) – antara lain mencatat pengepungan Nebukadnezar terhadap Yerusalem (587 SM), Zedekia dan peristiwa-peristiwa yang tercatat dalam Kitab 2 Raja-raja, Kitab Yeremia, dan Kitab Ratapan. Termasuk di dalamnya antara lain:

Tawarikh Nabonassar sampai Shamash-shum-ukin
Tawarikh tahun-tahun pertama pemerintahan Nebukadnezar (Tawarikh Yerusalem)
Tawarikh Nabonidus

  • Segel Raja Ahas (King Ahaz's Seal) (732-716 SM) – Ahas adalah raja Yehuda yang tidak melakukan apa yang benar di hadapan Tuhan Allahnya seperti nenek moyangnya, Daud" (2 Raja-raja 16:2; 2 Tawarikh 28:1). Ia menyembah berhala dan mengikuti kelakukan orang-orang asing. "Ia bahkan melewatkan putranya di atas api, menurut praktek kekejian bangsa-bangsa lain" (2 Raja-raja 16:3). Ahas adalah putra dan penerus Yotam.
  • Bullae (~715–687 SM atau 716–687 SM), sebuah lempeng bulat dari tanah liat yang dicap dengan stempel pribadi menandai pemilik suatu barang, pengarang suatu dokumen dan sebagainya. Seperti ostraka, bulla ini sering ditemukan baik dalam penggalian maupun pasar barang antik. Identifikasi pemiliknya dengan nama-nama di Alkitab adalah cukup sulit, tetapi sudah menghasilkan sejumlah nama penting, antara lain raja Hizkia dan abdi-abdinya (bentuk jamak ab'dim dalam bahasa Ibrani).
  • Terusan Hizkia (Hezekiah's tunnel) (c. 701 SM) – terusan air yang dibangun oleh rajaHizkia dalam persiapan menghadapi serangan tentara Asyur. Dari National Geographic: "Terusan atau terowongan yang panjangnya sekitar 500 meter (550 yards), membawa air dari mata air Gihon, yang terletak sekitar 300 meter (330 yards) di luar tembok kota tua Yerusalem, ke Kolam Siloam di dalam kota kuno itu. Dibuat untuk melindungi suplai air kota selama pengepungan tentara Asyur".
  • Prasasti Lakhis (Lachish relief) – bagian dari pahatan yang dibuat oleh raja Sanherib, yang menggambarkan tawanan dari Yehuda dibawa ke pembuangan setelah direbutnya kota Lakhis pada tahun 701 SM.
  • Prisma Taylor (Taylor Prism) – prisma dari tanah liat yang bertulisan annal (catatan tahunan) raja Asyur, Sanherib, yang terkenal karena mencatat mengenai pengepungannya atas kota Yerusalem pada tahun ~701 SM dalam masa pemerintahan raja Hizkiah. Peristiwa ini dicatat di beberapa kitab di Alkitab termasuk Kitab Yesayapasal 33 dan 36; 2 Raja-raja 18:17; 2 Tawarikh 32:9. Peristiwa tersebut juga dicatat oleh sejarawan Yunani, Herodotus.
  • Annal Tiglat-Pileser III – 730 SM, mencatat pemberian upeti dari raja-raja Yehuda dan Israel; Ahas raja Yehuda, Menahem, Pekah dan Hosea raja-raja Israel. Annal ini juga menyebut Ahazia yang oleh par pakar diduga sama dengan Uzia, raja Yehuda.
Abad ke-7 SM
  • Inskripsi Ekron (Ekron dedicatory inscription (Abad ke-7 SM) – sebuah inskripsi peresmian yang dibuat pada abad ke-7 SM oleh raja Ekron, Akish. Akish adalah nama yang digunakan dalam Alkitab Ibrani bagi dua orang Filistin penguasa kota Gat. Inskripsi ini menyatakan "Kuil ini dibangun oleh 'Akish, bin Padi, bin Yasid, bin Ma, bin Ya'ir, penguasa Ekron" Inskripsi ini tidak hanya memastikan identitas tempat itu, tetapi juga memberikan daftar singkat nama penguasa Ekron, dari bapa kepada putranya: Ya'ir, Ma, Yasid, Padi, 'Akish.
  • Bulla Yukhal (Bulla of Jehucal – putra Shelemya, bin Shevi. Orang ini disebutkan dua kali dalam Kitab Yeremia dan hidup di akhir abad ke-7 SM (yaitu pada zamanYeremia). (lihat Large Stone Structure untuk kisah penemuannya) (lihat pula Kitab Yeremia).
  • LMLK seal dalam pegangan periuk penyimpanan, diekskavasi dari strata yang dihasilkan dari penyerbuan Sanherib dalam zaman pemerintahan Hizkia, raja Yehuda(sekitar 700 SM).
  • Necho II basalt cartouche - (~ 610–595 SM) ditemukan di Sidon, mengindikasikan keterlibatan firaun Nekho II di daerah tersebut. (lihat Yosia)
  • Bulla of Shaphan (~ 609–598 SM) – kemungkinan berhubungan dengan tokoh pada zaman pemerintahan Yoyakim, raja Yehuda.
  • Beit Lehi memuat tulisan Ibrani paling kuno untuk kata "Yerusalem" berasal dari abad ke-7 SM, dalam kalimat "Akulah YHWH (TUHAN) Allahmu. Aku akan menerima kota-kota Yehuda dan Aku akan menebus Yerusalem" "Bebaskanlah kami o Allah yang pemurah. Bebaskanlah kami o YHWH"
  • Three shekel ostracon adalah sebuah pecahan keramik dengan inskripsi mengenai sumbangan untuk Rumah Yahweh.
  • Mesad Hashavyahu Ostracon adalah pecahan keramik bertulisan yang berasal dari Abad ke-7 SM dan ditulisan dalam bahasa Ibrani kuno. Mengandung rujukan tertua di luar Alkitab mengenai upacara Sabat.
Abad ke-6 SM
  • Ketef Hinnom priestly blessing – Kemungkinan adalah tulisan tertua yang ditemukan dari Alkitab Ibrani – "Berkat Imam" (Priestly blessing) bertanggalkan 600 SM. Tulisan dari Kitab Bilangan dalam Alkitab Ibrani (Perjanjian Lama). Disebut sebagai "salah satu penemuan paling penting" bagi studi Alkitab.
  • Prasasti Jatah Yoyakhin (Jehoiachin's Rations Tablets; abad ke-6 SM) – berisi pembagian jatah untuk tawanan kerajaan yang diidentifikasikan sebagai Yoyakhin, raja Yehuda (bandingkan 2 Raja-raja 24:12,15–6; 25:27–30; 2 Tawarikh 36:9–10; Yeremia 22:24–6; 29:2; 52:31–4; Yehezkiel 17:12).
  • Prasasti Nebu-Sarsekim (Nebo-Sarsekim Tablet) – (sekitar 595 SM) sebuah tulisan huruf paku kuneiform pada lempeng tanah liat mengenai seorang pejabat istanaNebukadnezar II, raja Babel, kemungkinan besar sama dengan yang disebut namanya dalam Kitab Yeremia pasal 39:3.
  • Surat Lakhis (Lachish letters) – surat-surat yang ditulis dengan tinta karbon olehHoshaiah, seorang pejabat militer yang bertugas di dekat Yerusalem, kepada Yoashseorang kepala pasukan di Lakhis pada tahun-tahun terakhir pemerintahan Zedekia,raja Yehuda dan zaman nabi Yeremia (~588 SM) (lihat Nehemiah 12:32, Yeremia 42:1, 43:2). Lakhis jatuh tidak lama kemudian, dua tahun sebelum jatuhnya kota Yerusalem.
  • Silinder Koresh (Cylinder of Cyrus) (~ 559-530 SM) - British Museum – mengenai perlakuan raja Koresh Agung terhadap agama, yang berkaitan erat dengan Kitab 2 Tawarikh dan Kitab Ezra.
  • Silinder Nabonidus (Cylinder of Nabonidus) (555–539 SM) - British Museum – membuktikan bahwa Belsyazar pernah hidup dan memerintah (lihat Daniel 5; 7:1; 8:1).Daniel 5 mengisahkan pesta raja Belsyazar di mana terlihat tangan yang menulis di dinding sebuah kalimat teka-teki mene mene tekel ufarsin meramalkan jatuhnya Kerajaan Babel di tangan Kerajaan Persia. (lihat pula Tawarikh Nabonidus)
  • Trumpeting place inscription – (setelah 516 SM?) Sebuah batu (2.43x1 meter) dengan tulisan bahasa Ibrani "Ke tempat meniup terompet" (To the Trumpeting Place) diekskavasi oleh B. Mazar di sudut barat daya Bukit Bait Allah (Temple Mount). Diyakini sebagai petunjuk jalan bagi para imam yang bertugas meniup terompet untuk menandai permulaan dan akhir hari Sabat pada masa Bait Kedua. 
Abad ke-5 SM
  • Naskah-naskah Elefantin (Elephantine papyri), naskah yang ditulis di atas papirus dalam bahasa Aram oleh orang Yahudi dari abad ke-5 SM, menyebut nama 3 orang yang disebut dalam Kitab Nehemia: Darius II, Sanbalat orang Horon dan Imam BesarYohanan bin Elyasib.
  • Tawarikh Nabonidus (Nabonidus Chronicle) – (Abad ke-5 SM) Amélie Kuhrtmenyebutnya "kisah yang paling dapat dipercaya dan jujur mengenai kejatuhan Babilon."
Abad ke-2 SM
  • Gulungan Laut Mati (Dead Sea Scrolls) (250 SM - 70 M)
  • Mata uang Hasmonea (Hasmonean coinage) (164 SM – 35 SM)
Abad ke-1 SM
  • Bait Allah Herodes (Herod's temple) (c. 19 SM)
  • Western Wall – (~ 19 SM) adalah suatu situs keagamaan penting bagi oranng Yahudi yang terletak di kota tua Yerusalem. Dibalik tembok tersebut, setengah dari tembok, termasuk 17 anak tangga yang berada di bawah permukaan jalan, berasal dari akhir zaman Bait Suci kedua, mulai dibangun pada tahun 19 SM oleh Herodes Agung. Lapisan sisanya ditambahkan sejak abad ke-7 M dan seterusnya.
  • Inskripsi dari Bait Suci Kedua – dari akhir abad ke-1 SM. Berisi peringatan bagi orang asing untuk tidak memasuki batas Bait Suci dengan ancaman hukuman siksaan sampai mati.
Abad ke-1 M
  • Paku Penyaliban Jehohanan (Jehohanan Crucifixion Nail – Peninggalan kerangka seseorang yang mati disalib, menunjukkan sebatang paku yang menembus tulang kakicalcaneus kanan. Memberikan gambaran metode penyaliban yang digunakan sekitar zaman Yesus Kristus.
  • Gerbang Titus (Arch of Titus) – (~ 82 M) ukiran yang menggambarkan barang-barang jarahan dari penghancuran Yerusalem oleh tentara Romawi di bawah pimpinan Tituspada tahun 70 M. Antara lain memperlihatkan menorah, beberapa terompet/nafiri, serta semacam "Meja Persembahan Roti" (Table of Showbread) dari Bait Suci Yerusalem. (Lihat: Judaea Capta coinage)
  • Inskripsi Erastus (periode Romawi)
  • Herodium (setelah 40 SM)
  • Judaea Capta coinage (setelah 70 M)
  • Inskripsi Nazaret (Nazareth Inscription) memuat surat perintah (edict) Kaisar yang melarang perampokan makam; berkaitan dengan klaim kebangkitan orang mati.
Abad ke-2 M
  • Daftar Papirus Perjanjian Baru (New Testament papyri) (setelah 100 M)
Periode yang tidak jelas
  • "Ostrakon" dari zaman alkitabiah (pecahan keramik yang dipakai untuk menulis catatan pendek di zaman kuno) sering ditemukan dalam penggalian arkeologis. Sebuah ostracon yang ditemukan di lembah Elah memuat kemungkinan contoh tertua tulisan bahasa Ibrani.
  • Bulla milik Gedalyahu/Galihu Ben Immer – Sebuah bulla diekskavasi dan memuat bagi sebuah nama "Galihu putra Imer", saudara "Pashur bin Imer" yang disebutkan dalamKitab Yeremia (Yeremia 20:1 sebagai imam dan pejabat Bait Suci.
  • Gua Makhpela (Cave of the Patriarchs) – Bangunan yang terletak di kota kuno Hebron, merupakan tempat paling suci kedua bagi orang Yahudi (setelah bukit Bait Allah di Yerusalem) dan juga dikeramatkan oleh orang Kristen dan Islam yang semuanya meyakini tempat itu merupakan kuburan tiga pasang tokoh Alkitab terhormat: (1)Abraham dan Sara; (2) Ishak dan Ribka; (3) Jakub dan Lea.
  • Foundation Stone – batu yang juga disebut "Sumur Jiwa-jiwa" (Well of Souls), sekarang terletak di dalam Dome of the Rock. Menurut Alkitab, raja Daud membeli tempat pemerasan anggur milik Araunah orang Yebus, dan orang percaya bahwa di atas batu inilah Daud mempersembahkan korban seperti dicatat dalam ayat Alkitab tersebut. Daud berniat untuk membangun Bait Allah di Yerusalem, tetapi karena tangannya banyak menumpahkan darah, ia dilarang melakukannya sendiri. Proyek itu dilaksanakan oleh putranya, raja Salomo, yang menyelesaikan Bait Suci Pertama pada sekitar tahun 950 SM.
  • Pim weight – bukti penggunaan sumber asing pada Kitab Samuel karena pemakaian istilah kuno.
  • "Daftar budak Sifrah" (Shiphrah slave list) – Sifrah adalah salah satu dari dua bidan yang membantu mencegah pembunuhan bayi-bayi laki-laki Israel atas perintah Firaun menurut Kitab Keluaran (Keluaran 1:15–21). Nama ini ditemukan dalam daftar budak-budak di Mesir pada masa pemerintahan Firaun Sobekhotep III. Daftar terdapat pada Brooklyn 35.1446, sebuah gulungan papirus yang disimpan di Brooklyn Museum.
  • Kota Susan – Susan disebut dalam bagian Ketuvim di Alkitab, terutama dalam Kitab Ester, tetapi juga masing-masing satu kali dalam Kitab Nehemia dan Kitab Daniel. Baik Daniel dan Nehemia tinggal di kota Susan selama Pembuangan ke Babel pada abad ke-6 SM. Alkitab mencatat bahwa Ester dinobatkan menjadi ratu di kota ini, dan menyelamatkan orang Yahudi dari pembantaian. Makam Daniel dikatakan ada di sana, dikenal sebagai Shush-Daniel. Makam itu ditandai dengan kerucut batu putih yang unik, tidak beraturan maupun simetri. Banyak pakar percaya bahwa itu asalnya adalahBintang Daud.
  • Makam Daniel (Tomb of Daniel) (sebelum 1160 M)
  • Makam Rahel (Rachel's Tomb) di dekat Bethlehem (sebelum abad ke-4 M)
  • Prasasti Uzia (Uzziah Tablet) – (Abad ke-8 SM atau 30-70 M?) prasasti kontroversial ditemukan pada tahun 1931 oleh Professor Eleazar L. Sukenik dari Hebrew University of Jerusalem dalam suatu biara Rusia.
  • Warren's Shaft – sebuah saluran yang kemungkinan sesuai dengan kisah Yoab, panglima raja Daud, merupakan jalur penyerangan mendadak terhadap orang-orang Yebus yang menguasai Yerusalem.
  • Kolam Betesda (Pool of Bethesda) – Pada abad ke-19, arkeolog menemukan bekas kolam tepat seperti yang digambarkan dalam Injil Yohanes.
  • Sumur dari Bait Suci pertama (First Temple period water cistern) di Yerusalem, dekat Bukit Bait Suci (Temple Mount), ditemukan tahun 2012. Tempat cadangan air yang besar ini dibangun antara tahun 1000-586 SM. Menurut Dr. Tvika Tsuk, kepala arkeolog "Israel Nature and Parks Authority", sumur ini digunakan oleh peziarah yang naik ke Bait Suci.
   
   

No comments: