Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Jul 31, 2013

Petra Jordan, Kota Batu Dari Priode Nabataea Kuno

Kota batu, Petra (dari kata Latin 'petrae', yang berarti 'batu') terletak pada celah lembah besar timur Wadi 'Araba di Yordania sekitar 80 kilometer selatan Laut Mati. Kota batu ini terkenal dalam dua hal yaitu perdagangan dan sistem hidroliknya rekayasa secara lokal hingga masa pemerintahan Trajan, tetapi berkembang di bawah pemerintahan Romawi. Kota utamanya adalah Nabataea kuno yang berkembang melalui perdagangan rempah-rempah di akhir abad pertama sebelum Masehi.

Sejarah Kota Batu

Kota Petra berkembang dengan jalan berpilar pada abad pertama dan pada abad pertengahan pertama dengan urbanisasi yang cepat. Dimulai dari desa Wadi Musa hingga pusat kota, kedua sisi jalan dibangun berpilar memanjang antara Teater di timur dan Qasr al-Binti di barat.

Menurut tradisi di abad 1200 SM, wilayah Petra dihuni oleh orang Edom dan daerah ini dikenal sebagai Edom ("merah"). Sebelum serangan Israel, orang Edom menguasai rute perdagangan dari Arab di selatan hingga Damaskus di utara. Sedikit yang diketahui tentang penduduk Edom di kota batu Petra, tetapi mereka dikenal karena bijaksana, tulisan, industri tekstil, keunggulan dan kehalusan keramik, dan ketrampilan mengolah logam.

Kota Batu Dalam Sejarah Persia

Mengemukakan bahwa selama ini penduduk Nabataea bermigrasi ke Edom, memaksa penduduk Edom untuk pindah ke Palestina selatan. Tapi sedikit yang diketahui tentang kota batu Petra hingga sekitar abad 312 SM priode Nabataea. Suku Arab yang sempat menduduki dan membuat ibukota kerajaan mereka. Selama pemerintahan Helenistik dari Seleukus, kemudian dinasti Ptolemaic, seluruh area berkembang dengan peningkatan perdagangan dan pembentukan kota-kota baru seperti Philadelphia dan Gerasa. Pertikaian antara Seleukus dan dinasti Ptolemaic digunakan warga Nabataea sebagai kesempatan besar untuk mendapatkan rute perdagangan antara Saudi dan Suriah. Meskipun ada perjuangan antara Maccabeans Yahudi dan penguasa Seleukus, tetapi perdagangan Nabatea tetap dilanjutkan.

Dengan aturan Nabatea di kota batu Petra menjadi pusat perdagangan rempah-rempah yang diteruskan dari Saudi ke Aqaba dan Petra, selanjutnya ke Gaza di barat laut, atau ke utara melalui Amman untuk Bostra, Damaskus, dan akhirnya ke Palmyra dan Gurun Suriah. Monumen Nabatea Klasik mencerminkan karakter internasional dari ekonomi Nabatea melalui kombinasi tradisi asli dan semangat klasik.

Di antara semua prestasi Nabatea yang paling luar biasa adalah sistem rekayasa hidrolik yang dikembangkan, termasuk sistem konservasi air dan bendungan yang dibangun untuk mengalihkan aliran air musim dingin, yang pada akhirnya menciptakan banjir bandang.

Pada abad 64-63 SM, Nabataea ditaklukkan oleh jenderal Romawi (Pompey), dengan tujuan mengembalikan kota-kota yang diambil oleh orang Yahudi. Namun dia membebaskan warga Nabataea meskipun daerah itu dikenakan pajak oleh orang Romawi dan sebagai wilayah penyangga terhadap suku-suku padang pasir. Seluruh kekuasaan di bawah Kaisar Trajan tahun 106, Petra dan Nabataea kemudian menjadi bagian dari provinsi Romawi dikenal sebagai Saudi Petraea dengan ibukota di Petra. Pada tahun 131 (CE) Hadrian, Kaisar Romawi mengunjungi situs kota batu dan menamakannya Hadriane Petra. Kota ini terus berkembang selama periode Romawi, dengan Triumphal Arch mencakup Siq, dan struktur makam yang dipahat dari batu karang. Di bawah pemerintahan Romawi, monumen Romawi Klasik semakin banyak dengan seni Nabatea.

Pada tahun 313 (CE) Kristen menjadi agama negara yang telah diakui. Pada tahun 330, Kaisar Konstantin mendirikan Kekaisaran Romawi Timur dengan ibukotanya di Konstantinopel. Meskipun gempa di tahun 363 menghancurkan setengah kota, Petra mempertahankan vitalitas perkotaan ke dalam zaman kuno akhir, ketika itu kursi kekuasaan melalui keuskupan Bizantium. Gereja Petra yang baru digali dengan dokumen gulungan papirus di periode ini.

Pada periode ini juga ada bukti arkeologi dan dokumenter yang mencolok tentang akomodasi antara Kristen dan aristokrasi kafir. Setelah itu orang dapat membaca arkeologi dari hidup masyarakat tengah terfragmentasi antara Bizantium dan kembali menggunakan batu kapur dan batu pasir dari masa klasik. Penduduk selama Masa Bizantium membangun ulang struktur yang telah ada monumen yang terpecah, mereka juga membangun gedung-gedung mereka sendiri termasuk gereja-gereja seperti Gereja Petra yang telah tergali dengan desain mosaik luar biasa. Di antara monumen situs kota batu yang mereka bangun kembali adalah makam besar atau Ad-Dayr (dikenal juga sebagai 'Biara The') yang dimodifikasi menjadi sebuah gereja. Dengan perubahan rute perdagangan, dampak penurunan ekonomi Petra tak terelakkan. Gempa bahkan lebih berdampak parah pada kota di tahun 551 tanpa kecuali yang membawa kehancuran kota. Dengan munculnya Islam, Petra menjadi sebuah komunitas terpencil. Kota Petra terungkap pada tahun 1812 untuk pertama kalinya sejak Perang Salib ketika ditemukan oleh Johann Ludwig Burckhardt, seorang penjelajah Swiss.

Penemuan Situs Kota Batu

Sebagai salah satu situs kota batu paling spektakuler di Timur Tengah, Petra telah lama menarik wisatawan dan penjelajah. Selama abad ke-19, setelah kunjungan pertama J.L. Burckhardt, situs itu banyak dikunjungi dan didokumentasikan oleh orang Eropa. Sebuah sintesis situs diterbitkan oleh Libbey dan Hoskins pada tahun 1905 menyajikan salah satu ikhtisar pertama yang tercetak. Ekspedisi ilmiah awal yang diterbitkan dalam Petraea Saudi pada tahun 1907, oleh A. Musil. Dalam Brünnow RE tahun 1920-an dan A.Von Domaszewski melakukan survei situs dan menerbitkan sebuah proyek pemetaan mereka (Die Provincia Saudi), kemudian diperbaharui oleh Judith McKenzie pada tahun 1990.



Pada tahun 1958, P.J Parr dan CM Bennett dari Inggris Arkeologi mulai menggali dari pusat kota batu, hasilnya yang paling informatif dan ilmiah sampai saat ini. Proyek Petra/Jerash yang dilakukan oleh Departemen Yordania Antiquities, University of Jordan, University of Utah, dan arkeolog Swiss, telah menggali sejumlah monumen di kedua situs. Arsitektur yang terlihat di Petra mengindikasikan sebuah kota, meskipun hampir 100 tahun penggalian, hanya satu persen dari kota itu yang terselidiki. Kuil Besar pertama kali dieksplorasi oleh Brünnow dan Von Domaszewski. Bachmann, dalam revisi tentang kota batu Petra yang mengatakan adanya Candi Agung sejalan dengan Colonnade terletak di lereng bukit sebelah selatan.

    Menurut mitologi Yunani kuno, sejarah Athena diambil dari Dewi Athena dan Poseidon ketika berkompetisi untuk menjadi pelindung kota. Mitos Yunani kuno mengatakan bahwa Poseidon memberikan mata air dengan air laut, sementara Dewi Athena menawarkan pohon zaitun yang menyentuh batu suci Acropolis, hingga akhirnya penduduk memilih Dewi Athena sebagai pelindung mereka.

Mitos itu hanyalah simbol tetapi dua Dewa itu melambangkan kekuatan Athena sebagai kota yang diberkati kekuatan laut. Pemukiman pertama Athena dimulai sejak tahun 3000 SM, awalnya berada di atas bebatuan Acropolis.
Pengorbanan Yunani Mendirikan Athena

Mengutip artikel yang dimuat pada Athensguide; bahwa dalam tradisi Yunani kuno, sejarah Athena didirikan ketika raja Theseus menyatukan beberapa pemukiman Attica. Kodros, adalah raja terakhir Athena kuno yang mengorbankan hidupnya untuk menyelamatkan negara. Kemudian para bangsawan (kalangan atas yang memonopoli tanah) mulai berkuasa. Para bangsawan memerintah Athena melalui Mahkamah Agung (Arios Pagos), dari konsul ini terpilih 9 penguasa Athena. Selama waktu tersebut dibentuk majelis (sidang) warga Athena (Ecclesia, Demos) tetapi selama priode ini, Athena tidak memiliki kekuatan hingga kemudian pada titik terendah Solon.

Setelah periode penjajahan dan ekspansi perdagangan, banyak warga Athena menjadi kaya melalui perdagangan dan pelayaran (transportasi laut). Mereka ingin berpartisipasi dalam administrasi negara sedangkan di sisi lain, penduduk kelas bawah mengalami kemiskinan. Hal ini mengakibatkan kerusuhan antara kaum miskin yang menginginkan tanah dan keadilan sosial, dan bangsawan ingin mempertahankan kekuasaan serta otoritas mereka.

Kerusuhan itu semata-mata untuk mengeksploitasi ambisi Kylon yang ingin menjadi tiran, tapi dia gagal. Gerakan itu tertulis dalam sejarah Athena sebagai Kylonion Agos. Setelah kerusuhan, para bangsawan menulis undang-undang baru dalam menanggapi tuntutan masyarakat. Tapi hukum Dracon yang dianggap sebagai Solon, terlalu keras dan membuat kecewa orang Atena. Solon mengembalikan hutang para warga dan membebaskan hutang semua budak. Hukum itu mengeluarkan rakyat Athena dari beban yang sangat berat dan disebut Seisachtheia.

Solon membagi Athena menjadi empat kelas yang masing-masing bergantung pada pendapatan mereka. Archons (penguasa) memiliki hak untuk menjadi orang kaya. Solon diperkuat secara politik dan kalangan miskin, karena ia memberikan peranan besar bagi Ecclesia Demos. Rancangan undang-undang dan suara hukum disusun oleh Dewan. Solon mendirikan pengadilan besar yang disebut Iliaia, sebuah langkah pertama menuju demokrasi.

Walaupun hukum Solon meyakinkan berbagai kalangan penduduk Atena. Masyarakat miskin menginginkan pertanian, dengan kata lain pengembalian tanah. Selama periode ini, kaum bangsawan kehilangan banyak kekuasaan hingga akhirnya Peisistratos berhasil mendapatkan dukungan dari banyak orang dan menjadi tiran. Peisistratos mendukung petani dan berbagai proyek di Athena. Putranya sekaligus penerusnya, Hippias dan Hipparchos, sebuah kenyataan pahit dalam sejarah Athena, hingga membuat Hippias melarikan diri ke Persia. Hippias meninggal di pengasingan dan Hipparchos dibunuh oleh orang Athena.
Lahirnya Demokrasi Dalam Sejarah Athena

Berakhirnya Tirani itu, orang Athena mulai mengatur demokrasi. Kleisthenes adalah pendiri utama yang secara radikal mereformasi konstitusi, dan membagi orang Athena dalam 10 ras (kasta). Kleisthenes memberikan semua keputusan di Ecclesia Demos. Dari sidang (majelis) yang memilih 10 jenderal sebagai pemimpin bukan hanya militer, tapi negara itu sendiri. Parlemen Solon diganti dengan parlemen baru dengan 500 deputi. Para anggota parlemen baru di mana 50 orang Athena dari setiap majelis dipilih setiap tahun secara adil. Dengan sistem ini semua warga Athena kemungkinan besar akan berkesempatan menjadi anggota parlemen. Tugas parlemen adalah mempersiapkan topik yang akan dibahas dalam Ecclesia Demos.

Setiap warga negara bisa menulis nama seorang politisi yang berbahaya bagi demokrasi di selembar vas rusak (kepingan). Setelah itu mereka akan menghitung orang-orang yang memiliki 6 ribu keping vas dengan nama mereka, dan mengirimkan ke pengasingan selama 10 tahun. Dengan demikian lahirlah demokrasi di Athena, konstitusi yang memberikan semua warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam pemerintahan negara. Demokrasi ini merupakan salah satu prestasi paling penting dalam sejarah Athena, Yunani kuno.

    Kejayaan Athena dimulai abad ke 5 SM di bawah kekuasaan Pericles. Selama periode ini disebut sebagai Golden Age of Athens Parthenon. Seni, Filsafat, Drama, berkembang hingga pada tingkat tertinggi masa itu. Tetapi, perang Peloponnesia antara Athena dan Sparta mengakhiri masa kejayaan mereka.

Athena terus menjadi pusat kebudayaan dan pentingnya intelektual bahkan selama zaman Romawi. Selama masa pemerintahan Kaisar Romawi Hadrian, Athena menjadi kota tercinta. Hadrian membangun dan menghiasi Athena dengan monumen megah seperti Perpustakaan Hadrian (Hadrian Library). Dia menyebut sebelah selatan Acropolis sebagai Theseus Athena, dan di sebelah utara Acropolis sebagai Hadrian Athena.

Kejatuhan Kekaisaran Romawi berdampak pada Athena. Selama masa Bizantium, Athena adalah kota Kekaisaran Bizantium. Dalam masa ini banyak gereja Bizantium dibangun di Athena. Tentara Salib menyerang kota Athena di abad ke-13 hingga abad 15 ketika kota ini diduduki oleh Turki. Setelah perang Kemerdekaan Yunani, Athena menjadi Ibukota Yunani pada tahun 1833.

No comments: