Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Oct 5, 2016

Yakub Mempunyai Keluarga yang Besar

LIHATLAH keluarga yang besar ini. Mereka adalah kedua belas putra Yakub. Ia juga mempunyai anak-anak perempuan. Tahukah kau nama dari masing-masing anaknya? Marilah kita sebut beberapa.

Lea melahirkan Ruben, Simeon, Lewi dan Yehuda. Rahel sangat sedih karena ia tidak dapat memperoleh seorang anak pun. Sebab itu ia memberikan pelayan perempuannya, Bilha, kepada Yakub. Maka Bilha memperoleh dua anak lelaki, bernama Dan dan Naftali. Setelah itu Lea juga memberikan pelayan perempuannya, Zilpa, kepada Yakub. Dan Zilpa melahirkan Gad dan Asyer. Kemudian Lea melahirkan lagi dua anak lelaki, Isakhar dan Zebulon.

Akhirnya Rahel dapat juga melahirkan seorang anak. Ia menamakannya Yusuf. Nanti kita akan mengetahui lebih banyak lagi mengenai Yusuf, karena ia akan menjadi orang yang sangat penting. Itulah kesebelas anak lelaki yang telah dilahirkan bagi Yakub, ketika ia tinggal bersama ayah Rahel, Laban.

Yakub juga mempunyai beberapa anak perempuan, tetapi Alkitab hanya menyebutkan nama salah seorang dari mereka, yaitu Dina.

Saatnya telah tiba bagi Yakub dan keluarganya untuk meninggalkan Laban dan pergi kembali ke Kanaan. Maka ia mengumpulkan keluarganya yang besar itu, kawanan domba dan segala ternaknya yang begitu banyak, lalu berangkatlah mereka, memulai suatu perjalanan yang jauh.

Beberapa waktu kemudian, setelah Yakub dan keluarganya berada kembali di Kanaan, Rahel melahirkan seorang anak lelaki yang lain. Ini terjadi ketika mereka dalam perjalanan. Karena Rahel sangat payah maka meninggallah ia waktu melahirkan. Tetapi anak lelaki yang dilahirkannya itu sehat. Yakub menamakannya Benyamin.

Kita perlu mengingat nama-nama dari kedua belas putra Yakub, karena seluruh suku bangsa Israel berasal dari mereka. Sebenarnya kedua belas suku Israel disebut menurut nama 10 putra Yakub dan dua putra Yusuf. Ishak hidup bertahun-tahun lagi setelah anak-anak ini lahir, dan tentu ia telah merasa bahagia, karena dapat mempunyai banyak cucu. Tetapi marilah kita lihat apa yang terjadi dengan cucunya, Dina.

No comments: