Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Oct 5, 2016

Air Bah Sampai Kelepasan dari Mesir

Hanya delapan orang yang selamat melalui Air Bah, tetapi pada waktunya jumlah mereka bertambah menjadi puluhan ribu. Kemudian, 352 tahun sesudah Air Bah, lahirlah Abraham. Kita belajar bagaimana Allah menepati janji-Nya dengan memberikan seorang putra yang dinamai Ishak. Kemudian, dari kedua putra Ishak, Yakub yang dipilih oleh Allah.

Yakub mempunyai keluarga besar terdiri dari 12 putra dan beberapa putri. Kesepuluh putra Yakub membenci adik mereka Yusuf dan menjualnya ke dalam perbudakan di Mesir. Belakangan, Yusuf menjadi seorang penguasa yang terkemuka di Mesir. Sewaktu bala kelaparan terjadi, Yusuf menguji saudara-saudaranya untuk melihat apakah hati mereka telah berubah. Akhirnya, seluruh keluarga Yakub, orang-orang Israel, pindah ke Mesir. Ini terjadi 290 tahun setelah Abraham lahir.

Untuk 215 tahun berikutnya orang-orang Israel tinggal di Mesir. Setelah Yusuf mati, mereka menjadi budak-budak di sana. Pada waktunya, Musa lahir dan Allah menggunakan dia untuk melepaskan orang-orang Israel dari Mesir. Jadi seluruhnya, Bagian DUA meliputi 857 tahun dari sejarah.

No comments: