Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Sep 30, 2016

Super Power Terbesar dalam Sejarah

Sejarah dunia telah berganti-ganti dari satu penguasa ke penguasa lain. Sejumlah kekaisaran besar dengan kekuasaan luas silih berganti menjadi penguasa di bumi ini. Dan inilah lima kekuatan adidaya paling kuat yang pernah berkuasa di dunia.

Romawi Empire

Kekaisaran Romawi mencapai puncak kekuasaan di abad kedua. Meskipun kekuatannya tidak sejauh India dan China. Tetapi kekuasan Romawi mencakup hampir semua pusat-pusat penduduk utama dan peradaban kuno, termasuk Yunani, Mesir, Levant, Carthage, Anatolia dan Italia. Populasi Kekaisaran Romawi pada puncaknya mencapai sekitar 60 juta, jauh melebihi semua tetangga dan sebagian besar penduduk dunia. Ukuran kekaisaran sebesar ini membuat tidak perlu perdagangan kecuali untuk memperoleh sumber barang mewah (sutra, lapis, rempah-rempah, dupa dan sebagainya).
Kekaisaran juga memiliki dominasi militer atas tetangganya, dengan pengecualian Persia, yang kekuasaannya sama dengan Roma. Legiun Roma pada dasarnya tak terkalahkan dalam pertempuran sengit dengan musuh-musuhnya. Roma akhirnya jatuh bukan karena ancaman eksternal, namun karena perang saudara terus menerus, penghancuran ekonomi dan ketergantungan yang berlebihan pada tentara bayaran.

Mongol Empire

Mongol Empire adalah kerajaan darat terbesar. Kenaikan kekaisaran lebih menakjubkan karena suku Mongol hanya berjumlah tidak lebih dari satu juta tetapi berhasil menaklukkan kerajaan yang ratusan kali lebih besar. Hal ini dicapai melalui taktik yang luar biasa, mobilitas, penggabungan teknologi dan logistik.


Panglima perang Temujin mempesatukan semua suku Mongol pada 1206 ketika berusia 50, dia kemudian diakui sebagai Genghis Khan. Setelah menaklukkan China utara, ia menghancurkan Asia Tengah ketika duta Mongol tewas di sana dianggap sebagai penghinaan pribadi untuk Genghis Khan. Penaklukan berikutnya Asia Tengah 1219-1221 dan Iran dan merupakan salah satu peristiwa yang paling brutal dalam sejarah. Meskipun sejarah kontemporer menyebut angka yang berlebihan yakni mencapai 15-50 juta orang meninggal (sebagian besar penduduk Asia Tengah). Ahli waris Genghis Khan meneruskan dengan menaklukkan sebagian besar Eurasia, termasuk banyak daerah di Timur Tengah, bagian dari Eropa Timur, China dan Rusia. Pada akhirnya, ancaman nyata untuk dominasi Kekaisaran Mongol adalah persaingan antara penguasa dan kekaisaran terpecah-pecah, yang pada gilirannya runtuh atau ditaklukkan. Warisan dari Kekaisaran Mongol hidup dalam kenyataan bahwa 8 persen orang di dunia adalah keturunan dari Genghis Khan.

British Empire

Kerajaan Inggris tumbuh dari kolonial dan usaha perdagangan Inggris pada abad ke-18, dan pada awal abad ke-20,  telah menjadi kerajaan terbesar dalams ejarah, meliputi seperempat wilayah dunia. Pada puncaknya, lebih seperlima dari populasi dunia tinggal di dalamnya.
Tidak seperti kerajaan besar sebelumnya, dasar kekuasaan Inggris adalah angkatan lautnya, yang bisa digunakan untuk menyerang jauh dan luas. Hal ini memungkinkan Inggris untuk menegakkan kebebasan navigasi dan menentang perbudakan dan pembajakan, membuat dunia menjadi tempat yang lebih aman. Alih-alih ingin mengontrol wilayah pedalaman yang luas untuk sumber daya, kekaisaran cukup melakukan kontrol atas terusan Suez, Malaka, Aden, Hormuz, Gibraltar semua Inggris. Hal ini membuat Inggris sangat kaya.
Kerajaan Inggris itu sangat beragam dan termasuk wilayah di semua benua di dunia. Lebih daripada kerajaan lain, memerintah populasi yang heterogen, memberikan waktu untuk berkembang dan cara-cara yang sempurna untuk memerintah beberapa daerah baik secara langsung atau melalui penguasa lokal. Pemerintahan Inggris memperluas ke tempat-tempat yang berbeda seperti India, Mesir dan Kanada.

Uni Soviet

Negara dengan ukuran dan sumber daya dari Uni Soviet tak terelakkan akan menjadi negara adidaya. Uni Soviet mewarisi sebagian besar penduduk dan wilayah Kekaisaran Rusia, sebuah kerajaan yang telah tumbuh begitu besar melalui penaklukan sehingga disebut “prison of nations.” Atau “penjara negara.” Dasar kekuasaan Soviet adalah ukuran yang sangat besar yang membuatnya sulit untuk dilumpuhkan dalam perang, termasuk oleh Hitler.
Daratan luas dengan sumber daya alam besar dan didukung oleh kekuatan militer yang juga sangat kuat. Militer Uni Soviet, didukung oleh senjata nuklir, adalah raksasa yang tak terbendung melalui pertempuran konvensional. Keuntungan geografis Uni Soviet juga menyebabkan banyak orang di Barat takut, berdasarkan teori geopolitik Heartland, siapa pun mengendalikan jantung Eurasia bisa mengontrol Eurasia dan akhirnya mengkontrol dunia.
Kekuasaan Soviet terus tumbuh semakin besar karena obsesi dengan keamanan. Dengan demikian, tentara Soviet terus bergulir dan untuk menjaga musuh mereka jauh perbatasan mereka. Hal ini memuncak di pendudukan Soviet di Eropa Timur dan sebagian besar Asia Timur Laut.

Amerika Serikat

Amerika Serikat menjadi negara adidaya global pertama dalam masa setelah Perang Dunia II. Pada akhir perang itu, Amerika adalah rumah bagi setengah dari PDB dunia, yang belum pernah terjadi dan belum tertandingi hingga sekarang. Selama empat dekade, Uni Soviet menyaingi tapi Amerika Serikat selalu kuat karena ekonomi, geografi dan aliansi. Sejak jatuhnya Uni Soviet, militer dan teknologi, telah menikmati domaniasi hampir total di udara dan laut, serta darat.
Amerika Serikat menggabungkan beberapa fitur terbaik dari negara adidaya sebelumnya. Mengontrol wilayah yang kaya sumber daya seperti yang dilakukan Uni Soviet dan memiliki militer yang kuat yang dapat mendatangkan malapetaka pada jumlah musuh-musuhnya seperti Mongol. Seperti Roma, Amerika benar-benar tidak memiliki saingan militer. Amerika memiliki angkatan laut yang luar biasa yang dapat mengakses semua rute laut utama dunia. Strategi yang pernah dilakukan Inggris
Namun, kita harus ingat semua negara adidaya yang pernah ada runtuh karena beberapa masalah internal . Bahkan negara adidaya terbesar, tidak peduli seberapa dominan ekonomi dan militer, hal ini harus diingat.
Selain lima terbesar itu Kekaisaran Ottoman, Kekaisaran Persia, Kekaisaran Spanyol, Kekaisaran Arab, Kekaisaran Maurya dan Dinasti Tang juga pernah menjadi kekuasaan dominan di dunia..

No comments: