Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Sep 30, 2016

Agama Romawi Kuno

A.    Sejarah dan Perkembangan

Romawi Kuno adalah peradaban yang tumbuh dari komunitas pertanian kecil yang didirikan di Semenanjung Italia pada abad ke-9 SM. Seiring waktu, Romawi menjadi kekaisaran kuat yang menguasai Laut Tengah. Dalam 12 abad keberlangsungannya, peradaban Romawi berubah-ubah dari monarki menjadi republik campuran oligarki dan demokrasi, dan akhirnya menjadi kekaisaran otokrasi. Melalui penaklukan dan asimilasi, Romawi mendominasi Eropa Barat, seluruh Laut Tengah termasuk Timur dan Afrika Utara, Semenanjung Balkan, dan Laut Hitam.

Para arkeolog berpendapat, daerah tepi Sungai Tiber, Roma, sudah dihuni oleh petani-petani pada abad 10 SM. Pada abad 8 SM, diperkirakan sebuah kota didirikan dan bertahap-tahap berkembang, dan menjadi kota terbesar di Italia. Warga Roma merupakan salah satu suku di antara puluhan suku di Italia. Suku Roma menaklukan suku-suku lain dan menguasai hampir seluruh Italia pada pertengahan abad 3 SM.

Sedikit demi sedikit mereka menjadi bertambah kuat. Warga Roma berusaha menaklukan semua kota perdagangan di pesisir Laut Tengah (Mediterania). Selama 50 tahun Roma terlibat perang dengan kota Cartago, kota perdagangan yang terkenal dan kaya pada waktu itu. Kota Cartago terletak di wilayah Afrika Utara (Libya). Jenderal Cartago yang paling terkenal adalah Hannibal. Pada tahun 212 SM, Hannibal hampir berhasil menaklukkan Roma dengan bala tentaranya, termasuk ratusan gajah. Bayangkanlah mereka mendaki pegunungan Alpen (dengan ketinggian lebih dari 3000 meter). Tetapi pada tahun 202 SM, Hannibal dikalahkan oleh Roma dan pada tahun 146 SM, kota Cartago berhasil ditaklukkan.

Pada tahun 146 SM mereka menguasai wilayah Laut Mediterania Barat. Kemudian, Roma menaklukkan kerajaan Macedonia. Sedikit demi sedikit Roma menaklukkan kerajaan-kerajaan di Timur Tengah, yang dahulu dikuasai oleh pengganti-pengganti Alexander Agung.

Pada tahun 30 SM Mesir menyerah. Setelah pertempuran di Actium, Marcus Antonius, pelindyng Ratu Cleopatra dibunuh oleh Octavianus. Roma berkuasa di Timur Tengah, Mesir, dan wilayah pesisir sepanjang Laut Tengah (Mediterania).

Keunikan pemerintahan Roma adalah perkembangan kekuasaannya. Kota diperintah oleh pejabat terpilih yang disebut konsul, menjabat 1 tahun dan memerintah bersama dengan senat, kumpulan mantan konsul-konsul dan magistrat-magistrat. Pada umumnya kasta tinggi mendominasi pemerintahan, tetapi kadang orang berkasta rendah yang berhasil menunjukkan kecerdasannya juga dapat menjadi senator atau magistrat. Susunan pemerintahan ini memberikan Roma kepemimpinan yang kuat, menjamin dukungan rakyat dan membantu persatuan rakyat Roma sepanjang abad-abad kekuasaannya.

Kewajiban utama konsul adalah melindungi Kota Roma dan ini juga berarti memimpin kampanye militer. Kemenangan dalam perang memberi banyak keuntungan dan wibawa bagi para konsul. Tindakan imperialis menjadi satu ciri khas politik Roma. Roma berhasil menaklukkan Prancis, Spanyol, German, dan Rumania. Pada tahun 14 M, Roma juga berhasil menaklukkan Pulau Brittania (Inggris) yang perbatasannya dilindungi oleh tembok yang panjang.

Banyak harta seni khas budaya Yunani dirampas dan dibawa ke Roma. Karya sastra dan filsafat Yunani amat memengaruhi rakyat Roma dan susunan politiknya. Budaya Roma terkenal karena ditemukan banyak peninggalan kesenian; patung-patung marmer, bangunan dengan arsitektur khas, dan juga banyak karya sastra puisi, filsafat, sejarah, undang-undang, dan lain-lain.

Perang juga menghasilkan banyak kaum budak yang dipekerjakan sebagai buruh-buruh pertanian. Selain itu, imigran dan kadang budak, serta rakyat Negara-negara yang ditaklukkan  juga diberikan status kewarganegaraan. Tingkat jumlah penduduk Roma bertambah cepat. Sejak sekitar tahun 133 SM, Roma mengalami beberapa bentrokan dalam negeri. 

Beberapa komandan tentara berambisi tinggi mendominasi politik Roma. Beberapa pemberontakan kaum budak dan perang sosial dengan sekutu-sekutu Roma, menambah kerusuhan di wilayah Italia. Korupsi pun mulai berkembang, banyak pejabat mulai menyamarkan pajak-pajak Negara.

Pada tahun 44 SM, Julius Caesar berhasil mengalahkan semua pesaing-pesaing dan mengakhiri susunan republic dan menjadi diktator Roma. Kudeta dan perang sipil terjadi, dan Julius Caesar pun dibunuh. Akhirnya, Octavianus, keponakan Julius Caesar mengambil alih kekuasaan.

Pada saat pertempuran Actium tahun 31 SM, Octavianus muncul sebagai pemenang, dan berjaya. Dengan pengaruhnya yang begitu besar, Octavianus berhasil mengubah susunan pemerintahan Roma dan membentuk kekaisaran Roma. Octavianus bergelar Augustus, yang berarti “Yang Terhormat”.

Kaisar Romawi Kuno

1)      Dinasti Julio-Claudian (14 M-68 M)

Keempat penerus Augustus Domitianus dikenal sebagai Dinasti Julio-Claudian, karena mereka adalah keturunan baik dari Augustus (yang ibunya adalah keponakan Julius Caesar) atau dari istri keduanya, Livia, yang merupakan anggota dari Claudii (klan lain dari Romawi besar). Mereka diantaranya;

Tiberius (14 M-37 M)
Tiberius mewarisi pada tahun 14 M, melanjutkan kebijakan Augustus. Dia terus mengendalikan perusahaan dari tentara sambil menunjukkan hormat kepada senat di Roma, dan ia berperilaku dengan kerendahan hati. Dia diberikan status Ilahi, tetapi menghambat kultus dirinya sebagai kaisar hidup. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, perilakunya membawa dia kepada reputasi yang berbeda. Untuk alasan yang tidak jelas, ia menarik diri dari Roma pada tahun 26 M untuk hidup di Pulau Capri. Namun, ketika dia meninggal, kematiannya disambut di Roma.

Pada saat kematian Tiberius pada 37 M, Gayus Caesar adalah satu-satunya pria keturunan dari Kaisar Augustus. Gayus Caesar sendiri dikenal luas oleh nama panggilan. Sewaktu menjadi anak kecil, pada kampanye dengan ayahnya melawan Jerman, ia sering mengenakan seragam tentara miniature itu. Sehingga, para prajurit memanggilnya Caligula. 

Pemerintahan singkat Caligula ditandai dengan pemborosan liar dan kebrutalan. Pada kontes atletik di Roma, permainan Palatine pada 41 M, Caligula dibunuh oleh trubyn dari Praetorian penjaga.

Claudius (41 M-54 M)
Dia menyibukkan diri dengan studi ilmiah, menulis buku dalam bahasa Yunani tentang berbagai topik, seperti Etruria dan bermain dadu. Namun, ketika didorong masuk ke dalam kekuasaan, ia membuktikan sebagai kaisar yang sangat handal. Kekaisaran diperpanjang selama pemerintahannya, dengan provinsi-provinsi baru di barat laut Afrika (Mauritania), Yunani Utara (Thrace), dan selatan Inggris. Claudius sendiri mengambil bagian dalam kampanye Inggris, melintasi sungai Thames dan menangkap Colchester. 

Dia begitu senang dengan prestasi ini, sehingga ia memberi nama anaknya Britanicus. Kehidupan pribadi Claudius sangat dramatis. Istrinya, Messalina, plot melawan dia dengan salah satu kekasihnya. Dia mengeksekusi mereka pada 48 M, dan menikahi keponakannya, Agrippina. Namun, hal ini dilarang dalam hukum Romawi. Istrinya meracuninya dengan jamur payung. Sehingga, meninggallah Claudius pada 54 M.

Nero (54 M-68 M)
Pada tahun-tahun awal pemerintahan Nero, ia dipandu oleh konselor yang bijaksana, khususnya Seneca, guru tuanya. Tetapi, ia merasa bebas bila mengikuti keinginannya sendiri. Ia menjadi begitu populer karena pada masa pemerintahannya terjadi pembakaran besar di Roma pada tahun 64 M. Rakyat menyalahkannya atas peristiwa itu, sehingga dia butuh kambing hitam. Dia kemudian menuduh kaum Kristen sebagai pelaku pembakaran dan menghukum mati mereka. Santo Petrus dan Santo Paulus adalah sebagian korbannya.

2)      Tahun Empat Kaisar (68 M-69 M)

Setelah kematian Nero, dinasti Augustus berakhir yang mengakibatkan perang sipil berdarah, yang pertama sejak Oktavianus dan Antony, antara jenderal saingan untuk kekuatan kekaisaran. Selama tahun 69 M, empat kaisar yang berbeda naik tahta dalam suksesi cepat meskipun tiga dari pertama tidak berlangsung lebih dari enam bulan.

ü  Servius Sulpicius Galba

Dia lahir pada tahun 4 SM. Galba telah menikmati dukungan kaisar sebelumnya dan diadakan konsulat pada 33 M dengan Tiberius. Sebagai hasil dari nikmat ini ia memiliki karir militer yang panjang dan terhormat. Dia menjabat sebagai kaisar ketika berusia 75 tahun. Kesalahan fatal Galba adalah bahawa ia menolak atas bayaran tentara bonus yang biasanya kaisar bayar mereka setelah kenaikan mereka. Dia percaya, bahwa seorang prajurit harus melakukan tugasnya dari patriotism dan bukan karena bonus besar. Dia juga marah kepada temannya dan pendukung terdekar, Otho dengan memilih pria lain sebagai ahli warisnya. Akibatnya, Otho berbalik melawan tentara Galba dan pada tanggal 16 Januari 69 M, Galba tewas setelah memerintah singkat selama 7 bulan.

ü  Marcus Salvius Otho

Dia lahir pada tahun 32 M. Setelah proklamasi sebagai kaisar, ia memiliki Praetorian penjaga untuk membunuh semua teman-teman dan pendukung Galba termasuk kaisar tua sendiri. Setelah ia menjadi kaisar, Otho menghadapi pemberontokan sendiri, sebagai penjaga praetorian mendukungnya, namun Legion di Jerman didukung oleh seorang pria bernama Vitellius. Akibatnya, legion Jerman berbaris memasuki Roma untuk menempatkan Vitellius naik tahta dan menggulingkan Otho. Setelah mendengar pemberontakan ini, Otho mengirim pasukannya untuk melawan Vitellius. Kedua pasukan bertemu di luar kota Italia. Otho telah mengirimkan pasukannya namun terlambat. Dan pasukannya menderita kekalahan menyedihkan. Ketika ia mendengar kekalahan ini, dia bunuh diri setelah memerintah selama 95 hari.

ü  Aelius Vitellius

Dia lahir pada tahun 32 M. Setelah kenaikannya, ia ditinggalkan sendiri untuk pemborosan, tetapi dia mengabaikan tentara yang telah memberinya posisi. Dia benar-benar tidak ingin menjadi kaisar dan bahkan mencoba untuk berdamai dengan pasukan Otho yang anggotanya tidak akan mengizinkan, karena mereka ingin mereka sendiri di atas tahta dan membayar mereka dengan bonus tunai. Juga, setelah mendengar bahwa pasukan saingannya, Vespasianus, mendekati Roma Vitellius memohon senat untuk memungkinkan dia untuk turun takhta dan hidup sebagai warga biasa sehingga ia bisa terhindar kematian menyedihkan ia tahu bahwa pasukan Flavianus akan memberinya . Orang-orang Romawi terkejut oleh tindakan ini dan menyuruhnya untuk menunggu nasibnya.

Setelah masuknya pasukan Vespasianus ke Roma, mereka menemukan Vitellius meringkuk di istana kamar tidur dengan tempat tidur terblokir pintu. Vitellius diseret keluar dari istana dan dilemparkan ke jalan-jalan di mana ia perlahan disiksa oleh tentara Vespasianus. Saat ia terbaring sekarat, ia diejek oleh pasukan Vespasian. Vitellius menjadi kaisar hanya tujuh bulan. Vespasianus naik tahta dan dengan kedamaian dan stabilitas akhirnya dikembalikan ke kekaisaran Romawi. Ia juga mengantar pada dinasti Flavianus baru, di mana ia dan anak-dua akan memerintah Roma selama 29 tahun.

3)      Lima Kaisar Baik

Nerva (96-98 M)
Setelah kematian Domitianus, seorang pemimpin yang efektif, tetapi dibenci kalangan bangsawan, Roma beruntung menemukan kekuatan stabilitas pada Nerva. Seorang senator yang dihormati, Nerva mengisi potensi kekosongan kekuasaan, dan setting panggung untuk era keemasan sejarah Romawi sebagai yang pertama dari lima kaisar baik.

Trajan (98-117 M)
Marcus Ulpius Traianus, lahir di Italica, Spanyol, pada tanggal 18 September 53 M. Dia menghabiskan sebagian besar hidupnya pada kampanye dan diberi nama Optimus terbaik oleh Senat. Dia membangun sebuah pelabuhan buatan di Ostia. Setelah menunjuk penggantinya Hadrian, Trajan meninggal saat kembali ke Italia dari timur pada tanggal 9 Agustus 117 M, setelah menderita Stroke di kota Kilikia dari Selinus.

Hadrian (117-138 M)
Hadrianus Augustus, adalah kaisar Romawi yang dikenal karena banyak proyeknya bangunan, kota bernama Adrianapolis. Dia adalah anak dari mantan praetor, Aelius Hadrianus Afer, yang adalah sepupu dari masa depan kaisar Romawi Trajan. Dia lahir pada 24 Januari tahun 76 M. Ayahnya meninggal ketika ia berusia 10 tahun. Dia menghabiskan lebih banyak waktu bepergian di seluruh kekaisaran daripada kaisar lain. Dia murah hati dengan militer dan membantu untuk mereformasi itu, termasuk garnisun bangunan dan benteng. Dia pergi ke Inggris dimana dia memulai proyek untuk membangun dinding pelindung (Tembok Hadrian) di seluruh Inggris untuk menjaga barbar utara keluar. Hadrian meninggal pada 10 Juli 138 M, akibat sakit yang berkepanjangan yang membuatnya lama untuk mati. Ketika ia tidak bisa membujuk siapa pun untuk membantunya bunuh diri, ia mengambil langkah untuk memanjakan makan dan minum.

Antoninus Pius (138-161 M)
Antoninus Pius adalah kaisar yang saleh. Dia dipuji karena kualitas kecerdasan dan kemurnian. Dia adalah ayah angkat Kaisar Marcus Aurelius dan anak angkat Kaisar Hadrian. Setelah menjabat sebagai kaisar, ayah angkatnya, Hadrian, meninggal. Istrinya diberi gelar Augusta oleh Senat, dan ia diberi gelar Pius, yang berarti Bapak Negara. Dia terlibat dalam banyak pekerjaan umum dan proyek bangunan. Dia membangun sebuah kuil Hadrian, memperbaiki amfiteater, pemandian di Ostia, saluran air di Antium, dan banyak lagi. Dia meninggal pada bulan Maret 161 M. Dalam buku Historia Augusta menjelaskan penyebab dia meninggal adalah terlalu banyak makan keju Alpine. Dia didewakan oleh Senat.

Marcus Aurelius (161-180 M)
Dia adalah seorang filsuf Stoic dan salah satu dari Lima Kaisar Baik Romawi. Dia dilahirkan pada tanggal 26 April, 121 M. Tulisan-tulisan filosofis Stoic-nya dikenal sebagai Renungan Marcus Aurelius, yang ditulis dalam bahasa Yunani. Selama pemerintahan Marcus Aurelius, Perang Marcomannic pecah di perbatasan utara kerajaan. Dia meninggal pada 17 Maret 180 M. Sebelum pemakaman, ia dinyatakan sebagai dewa.

B.     Ajaran dan Praktek Keagamaan
Agama memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari Roma Kuno dan Romawi. Agama Romawi berpusat di sekitar dewa dan penjelasan untuk acara biasanya terlibat para dewa dan beberapa cara. Bangsa Romawi percaya, bahwa dewa-dewa dikendalikan kehidupan mereka, dan hasilnya, mereka banyak menghabiskan waktu mereka untuk menyembah para dewa.

Dewa yang paling penting adalah Jupiter. Dia adalah raja dewa yang memerintah dengan istrinya, Juno, dewi langit. Adapun dewa lainnya adalah:

–          Mars; Dewa perang
–          Nepture; Utusan para dewa
–          Diana; Dewi berburu
–          Minerva; Dewi penyembuhan dan kebijaksanaan
–          Venus; Dewi cinta
–          Mercury; Dewa Laut

Setelah masa pemerintahan Kaisar Augustus, kaisar juga dianggap dewa dan ia dipuja pada kesempatan khusus. Setiap dewa memiliki hari perayaan khusus yang biasanya dijadikan hari libur umum. Liburan ini memberikan kesempatan untuk mengunjungi kuil untuk dewa mana yang sedang dirayakan orang. Pada candi ini, imam akan mengorbankan hewan dan menawarkan mereka kepada dewa.

Kuil untuk menyembah dewa dibangun di seluruh Kekaisaran Romawi. Kuil biasanya selalu mengikuti pola gedung yang sama. Atap segitiga dibentuk dan didukung oleh pilar-pilar besar. Langkah menuju ke pintu utama biasanya dibangun di belakang tiang. Bagian dalam candi akan sangat baik bila dihiasi dan ada patung dewa di dalamnya. Ada juga sebuah altar dimana seorang imam akan melayani dewa dan membuat pengorbanan. Orang-orang yang disebut Augurs juga ditemukan di kuil-kuil. Orang-orang ini menggunakan isi perut dari hewan mati untuk memprediksi masa depan. Bangsa Romawi mengambil prediksi ini sangat serius dan sedikit mengabaikan nasihat dari ahli nujum.

Selain itu, setiap keluarga di rumah juga akan memiliki sebuah altar kecil dan kuil. Bangsa Romawi memiliki dewa rumah tangga pribadi yang disebut Lares, yang disembah setiap hari di rumah. Kuil berisi patung Lares dan kepala rumah tangga memimpin doa keluarga di sekitar kuil setiap hari. Layanan ini dianggap begitu penting, sehingga keluarga budak pun ikut diundang. Hal ini diyakini bahwa sebagian besar Roma lebih tertarik untuk menyenangkan dewa Lares daripada dewa Jupiter.

Triad Capitolina

Jupiter adalah pemimpin para dewa Romawi, seperti halnya Zeus di Yunani. Kemungkinan keduanya berasal dari satu dewa langit Indo-Eropa. Bangsa Romawi kadang melihat Jupiter sebagai bagian dari tiga dewa (Jupiter-Juno-Minerva). Nampaknya mereka memperoleh konsep ini dari bangsa Etruska.

Kristen sebagai Agama Suci Roma

Sebuah keputusan misterius oleh Constantine pada bulan Oktober tahun 312 M, dapat dilihat sekarang sebagai salah satu titik balik besar dalam sejarah. Dia berkemah di utara Roma untuk melakukan pertempuran dengan saingannya, untuk menguasai kekaisaran Barat. Dia memutuskan bahwa anak buahnya akan memakai perisai mereka, simbol Kristen – monogram yang dikenal sebagai Chi-Rho, terbentuk dari dua huruf pertama dari kata Yunani kristus.

Constantine memenangkan pertempuran di Jembatan Milvian. Diakui secara resmi oleh senat sebagai Augustus dari barat, Constantine segera mengambil langkah-langkah untuk mendukung orang-orang Kristen dianiaya. Dia mengembalikan milik gereja yang disita dan menawarkan dana public untuk gereja-gereja yang membutuhkan. Pada tahun 313 M, ia mengatur pertemuan di Milan dengan Licinius. Dia membujuknya untuk mengikuti kebijakan yang sama. Kemudian di tahun itu, dia mengalahkan Licinius, saingannya di Timur. Dia juga menyatakan kebijakan toleransi beragama, menawarkan kompensasi kepada orang-orang Kristen atas kesalahan yang dilakukan kepada mereka.

Gereja pertama: 312-337 M

Bukti konkret status baru Kekristenan terlihat dalam pembangunan gereja pertama. Sampai saat ini, terlepas dari ukuran jemaat Kristen di Roma, ibadah telah dilakukan diam-diam di rumah-rumah pribadi. Beberapa gereja berkembang dari rumah pribadi yang sudah digunakan untuk ibadah, salah satu contohnya SS. Giovani e Paolo di Roma.

Constantine menetapkan tiga gereja penting di Roma. Satu, dimaksudkan untuk menjadi katedral kota, yang berlokasi di samping istana Lateran sendiri – sudah disampaikan kepada orang-orang Kristen sebagai tempat tinggal bagi Paus. Gereja ini adalah St John Lateran.

Dua gereja lainnya dari Constantine di Roma yang dibangun untuk menghormati kota dua martir, Petrus dan Paulus, di situs seharusnya kuburan mereka.Salah satunya adalah di luar kota tua dan disebut S. Paolo fuori le Mura. Yang lainnya, di Vatikan, adalah St.Petrus. Keduanya telah dibangun kembali. 

Ekspansi Teritorial Romawi

Dimulai pada abad ke-3 Masehi, negara Romawi menjalani serangkaian berkepanjangan krisis. Kesenjangan antar daerah lama berdiri diinduksi Kaisar Diocletian (r. 284-305) untuk secara resmi membagi kekaisaran. Namun, lagi-lagi sebentar bersatu kembali oleh Constantine I (r. 306-337), yang juga menjadi salah satu penguasa Kekaisaran Romawi yang paling signifikan. Dia adalah orang pertama Kaisar Romawi untuk masuk agama Kristen. 

Kekristenan telah lama menjadi salah satu dari banyak agama hadir dalam kekaisaran, dan lebih dari tiga abad pertama telah berevolusi dari sebuah sekte Yahudi menjadi sistem yang kompleks keyakinan, meskipun terus mencakup sejumlah arus saingan. 

Konversi Konstantinus dan tindakannya selanjutnya untuk melindungi orang Kristen kerajaan berperan bagi kelangsungan hidup agama dan ekspansi. Pada 313 ia menandatangani Dekrit Milan, menetapkan kebijakan toleransi bagi orang Kristen di Kekaisaran, dan pada 325 ia mengadakan Konsili Nicea, yang dicoba untuk mengembangkan artikel standar iman untuk menyelesaikan sengketa doktrinal di antara orang Kristen. Pada 330 Konstantin membangun kota Konstantinopel di situs kuno kota Yunani, Bizantium, sebagai ibukota utama dari Kekaisaran Romawi, yang kekuasaan perlahan bergeser timur dari Roma.

Pemerintahan Theodosius I (r. 379-395) juga penting bagi Kekaisaran Romawi, karena ia adalah orang terakhir yang memerintah sebuah kerajaan bersatu. Dia bercokol pemisahan antara Kekaisaran Timur dan Barat dalam 395 dengan menetapkan anaknya Arcadius untuk memerintah di Timur, dan putranya Honorius memerintah di Barat. Sejak saat itu sampai jatuhnya Kekaisaran Barat untuk penjajah Jerman di abad ke-5 Masehi akhir, kerajaan yang terpisah. Theodosius juga penguasa pertama untuk menyatakan agama Kristen menjadi agama resmi Kekaisaran Romawi. 

Pada 451, Konsili Chalcedon membagi dunia Kristen menjadi lima patriarkat, atau wilayah yang akan diawasi oleh bapa bangsa: Roma (yang di kepalai kemudian diasumsikan judul paus), Konstantinopel, Alexandria, Antiokhia, dan Yerusalem. Ketika penaklukan Islam abad ke-7 membawa tiga terakhir patriarkat bawah kekuasaan Islam, Konstantinopel menjadi kota terkemuka Kristen Timur.Akhirnya pembagian antara gereja Barat, yang berbasis di Roma, dan gereja Timur, berpusat di Konstantinopel, memuncak dalam Skisma Besar tahun 1054, ketika Paus di Roma dan Patriark Konstantinopel dikucilkan sama lain. Hasilnya adalah pembentukan Gereja Katolik di barat, dan Gereja Ortodoks Timur di timur.

Pada abad ke-5 Kekaisaran Barat semakin hancur, dan 476 Romulus Augustus, Kaisar Romawi terakhir di barat, digulingkan oleh pemimpin Jerman, Odovacer. Wilayah timur kekaisaran selamat sebagai negara fungsional.Meskipun upaya untuk merebut kembali blok besar wilayah di barat tidak berhasil, kaisar penduduk di Konstantinopel terus berkuasa atas salah satu kerajaan yang paling kuat di wilayah tersebut.

Kekaisaran Bizantium

Meskipun penguasa, penduduk, dan musuh dari Kekaisaran Timur tahu itu sebagai Kekaisaran Romawi, bahkan setelah runtuhnya Kekaisaran Barat pada 476, telah mendapatkan nama, Kekaisaran Bizantium, dari sejarawan nanti. 

Nama ini didasarkan pada kota Yunani kuno Byzantium, yang menjadi situs untuk Konstantinopel pada 330. Kaisar Justinian (527-565 r.) direklamasi Semenanjung Italia dari Visigoth, membawa orang-orang Kristen bekas Kekaisaran Barat di bawah kekuasaan Bizantium. Ia juga menaklukkan Afrika barat laut dan pesisir Spanyol, sementara membawa sebagian besar Mediterania di bawah kontrol Bizantium. 

The Empire Sassanid di Persia, musuh bersejarah Kekaisaran Romawi, memulai kampanye baru ke wilayah Bizantium pada 610, tahun yang sama bahwa Muslim percaya bahwa Muhammad menerima wahyu pertama dari Allah, di Mekkah, bahwa ia adalah nabi Islam. 

Dalam 30 tahun ini tiga peradaban – Bizantium, Persia, dan Arab – akan bertabrakan dalam apa yang untuk beberapa cara yang sangat tak terduga, seperti orang-orang Arab Muslim memulai kampanye ekspansi yang cepat yang meruntuhkan Kekaisaran Sassanid dan mengambil petak besar Bizantium wilayah di Afrika Utara dan Mesopotamia. 

Sebagaimana akan kita lihat dalam bab-bab berikut, Kekaisaran Islam dan Bizantium adalah musuh selama berabad-abad. Mereka terus-menerus diperdagangkan wilayah, khususnya di wilayah Asia Kecil yang mengelilingi Konstantinopel. 

Pada tahun 1453, bagaimanapun, kaum Muslim akan akhirnya mengalahkan Kekaisaran Bizantium sepenuhnya, dengan karung Konstantinopel.

C.    Pengetahuan

a)      Pengobatan

Bangsa Romawi pertama kali mempelajari ilmu pengobatan dari bangsa Yunani. Seperti bangsa Yunani, bangsa Romawi percaya pada empat cairan tubuh (empedu hitam, empedu kuning, lender, dan darah) dan metode pengobatan dengan cara pengeluaran darah. 

Dokter Romawi yang paling penting adalah Galenus, yang hidup pada tahun 100-an Masehi dan menulis sebuah buku mengenai pengobatan. Galenus mempelajari bagian dalam tubuh manusia dengan cara memeriksanya langsung. Biasanya dia mengamati tubuh prajurit atau gladiator yang terluka. 

Dan dia membedah banyak hewan untuk mengetahui cara kerja tubuh mereka. Galenus tentunya mengetahui tentang anatomi lebih banyak daripada Hippokrates. 

Galenus memahami bahwa darah dialirkan ke seluruh tubuh oleh jantung. Dan dia sudah mengungkap bahwa saraf mengendalikan gerakan tubuh, dan bahwa manusia berpikir menggunakan otak. Namun dia tidak membuat banyak kemajuan dalam hal metode pengobatan terhadap manusia. Dia masih berpikiran bahwa metode pengeluaran darah adalah cara yang baik.

b)      Angka

Lambang Nilai
I 1
II 2
III 3
IV (atau IIII) 4
V 5
VI 6
VII 7
VIII 8
IX (atau VIIII) 9
X 10
XI 11
XIV 14
XIX 19
XX 20
XXX 30
XL 40
L 50
LX 60
XC 90
C 100
CC 200
CD 400
D 500
DC 600
CM 900
M 1000

Dengan sistem penulisan seperti ini, anak-anak Romawi mengalami kesulitan ketika menghitung perkalian, pembagian, atau penambahan angka dalam jumlah besar. Untuk angka-angka besar, mempergunakan papan hitung atau abacus. Namun, yang banyak melakukan perkalian dan pembagian adalah oleh orang Romawi yang ahli, bukan orang biasa.

c)      Sanitasi

Untuk menyelesaikan masalah penyakit akibat meminum air kotor, banyak kota di Romawi yang dibangun akuaduk untuk menyediakan air bersih dari perbukitan di sekitar kota. Pemerintah juga membangun jamban umum dan saluran pembuangan untuk mengalirkan kotoran dan membuangnya ke sungai.

d)     Pelayaran

Hingga Perang Punisia Pertama, tahun 264 M, bangsa Romawi bukanlah pelaut, dan mereka tidak memiliki angkatan laut. Namun, ketika mereka harus berperang melawan Kartago, orang Romawi belajar cara membuat kapal dengan cara meniru kapal-kapal Kartago. 

Tidak lama setelah itu, Romawi berhasil menaklukan Fenisia dan sejak itu kemampuan pembuatan kapal Romawi merupakan keberlanjutan dari pembuatan kapal Asia Barat. Meskipun angkatan laut Romawi tak lagi terlalu penting, ketika Romawi menguasai seluruh Laut Tengah, ada banyak kapal dagang yang berlayar menjelajahi Laut Tengah. 

Orang-orang yang merancang kapal-kapal itu terus berusaha meningkatkan rancangan kapal selama masa Kekaisaran Romawi. Peningkatan yang paling penting adalah perkembangan berangsur dari layar segitiga, yang pertama kali muncul pada masa akhir Republik, sekitar tahun 50 SM. Layar segitiga ini secara perlahan menggantikan layar segi empat. Layar segitiga ini kini disebut layar “latin” karena diciptakan oleh para penutur bahasa Latin. 

Layar latin memiliki kelebihan karena dapat memanfaatkan angin dengan lebih baik . Dengan menggunakan layar latin, kapal dapat berlayar lebih cepat daripada ketika menggunakan layar segi empat, dan tidak membutuhkan angin yang terlalu kencang untuk membuat kapal melaju.

e)      Ptolomeus
Adalah ilmuwan terhebat pada masanya. Dia membuat dua sumbangan besar bagi ilmu pengetahuan manusia, yang satu bisa dibilang benar dan yang satu bisa dibilang salah. Ptolomeus benar mengenai peta dunianya.  Dia mengikuti Eratosthenes dalam menggunakan garis lintang dan bujur, namun petanya jauh lebih baik daripada peta Eratosthenes. 

Ptolemaios memperkirakan garis pantai pesisir Laut Tengah dan Laut Adriatik dan sebagian besar hasilnya benar, bahkan ke utara sampai sejauh Baltik dan Skandinavia. Asia Barat, Jazirah Arab, dan Teluk Persia juga cukup akurat. Ptolemaios tidak tahu apa yang ada di bagian selatan Afrika, dan dia juga tidak mengetahui Samudra Pasifik, Benua Amerika, ataupun Australia. Gagasannya mengenai India dan Sri Lanka cukup samar, namun dia telah mengetahui Asia Tenggara, dan hasilnya cukup lumayan.

Di lain pihak, Ptolemaios bisa dibilang salah mengenai pendapatnya yang lain. Menurutnya Bumi diam sedangkan matahari, bintang dan bulan bergerak mengelilinginya. 

Ptolemaios tahu bahwa beberapa astronom terdahulu, seperti Aristarkhos, berpendapat bahwa Bumi mengelilingi matahari, namun dia merasa itu tidak mungkin benar. Alih-alih, Ptolemaios mengembangkan penjelasan untuk pergerakan planet dan berasumsi bahwa semua planet lainnya bergerak mengelilingi Bumi. 

Dalam pergerakannya, beberapa planet kadang-kadang mengubah arah dan bergerak ke arah berlawanan untuk sementara – Ptolemaios menyebut ini “gerakan mundur”. Namun kini terbukti bahwa planet-planet hanya terlihat bergerak mundur ketika diamati dari Bumi, pada kenyataanya planet-planet selalu bergerak ke satu arah.

No comments: