Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Jan 2, 2016

Nama rahasia dari Tuhan. [ Y H W H ] [Yeshua] [Yesus]

Nama Rahasia Dari Tuhan Pewahyuan Akhir Zaman Yang Mengagumkan
Kata “Tuhan”, yang dinyatakan dengan semua huruf besar dalam kebanyakan English Bibles (juga dalam Alkitab LAI, -red.), dikenal sebagai Tetragrammaton.
PhotobucketKata itu menyatakan kombinasi huruf-huruf Ibrani ini:

[Y H V H] atau [ Y H W H ]


Nama ini berumur ribuan tahun. Kata itu adalah nama yang paling kudus dari Tuhan, yang diberikan kepada Musa di semak berapi. Satu nama yang diterjemahkan oleh kebanyakan terjemahan Inggris sebagai I AM (LAI: AKULAH AKU)

Huruf-huruf Ibrani itu dibaca seperti ini: Yud, Heh, Vav dalam Ibrani modern atau Waw dalam Ibrani kuno, dan kemudian Heh. ‘Yud Heh Waw Heh’ juga adalah nama yang terlupakan dari Tuhan, yang oleh cendekiawan dan peneliti Yahudi katakan memiliki suatu arti dan pengucapan lafal yang telah hilang, karena nenek moyang mereka menolak untuk memperkatakannya semenjak sekitar satu generasi sebelum penghancuran Bait Suci di Yerusalem oleh Romawi. Saat ini ‘Yud Heh Waw Heh’ paling sering dilafalkan sebagai Yahweh ketika ditulis atau dibicarakan oleh umat Kristen dan umat lainnya.

Nama itu masih tidak diucapkan oleh umat Yahudi Ortodox.{pengucapan yang tepat dari nama YHWH telah diperdebatkan dengan penuh semangat selama beberapa abad. Bahkan pada hari ini di antara para cendekiawan ada suatu ketidaksepakatan umum mengenai pengucapannya yang tepat. Sebagian orang mempunyai suatu pengajaran “kultis (bersifat pemujaan)” yang memproklamirkan dirinya “mengetahui” pengucapan yang benar. Pengucapan “Jehovah” adalah suatu pelafalan lain mengenai huruf-huruf ini, yang lebih tua namun kurang akurat.

Pelafalan itu berasal dari penerjemahan bahasa Ibrani dan bunyi-bunyinya ke Bahasa Jerman, karena itu lebih kedengaran berbunyi Jerman, “Jahovah”.(Istilah Jehovah bisa ditelusuri kembali sampai paling tidak ke karya Latin – Pugio Fidei oleh Raymund Martin, seorang cendekiawan Katholik. Karya ini ditulis sekitar tahun 1270 )

( Pengejaan dan pelafalan JEHOVAH muncul pertama kalinya dalam bahasa Inggris dalam terjemahan William Tyndale mengenai Pentateukh (Kelima Kitab Musa) yang dipublikasikan pada tahun 1530 di Jerman.)


Marilah kita menyelidiki arti ideografik dari huruf-huruf Ibrani ‘Yud Heh Waw Heh’. PhotobucketSuatu ideogram adalah suatu symbol yang menyatakan suatu ide, seperti tanda berbentuk laki-laki atau wanita yang anda lihat di luar pintu-pintu kamar mandi umum. Huruf-huruf Ibrani mempunyai makna-makna ideografik sejak zaman paling purba.

Ada beberapa makna ideografik bagi setiap huruf. Aleph, sebagai contoh, huruf pertama dari abjad Ibrani, bisa berarti ‘lembu’ maupun ‘banteng’. Beth, huruf kedua dari abjad Ibrani, menyatakan kata-kata ‘rumah’ atau ‘kemah’. Namun dalam setiap perkara, ide-ide yang dinyatakan oleh setiap huruf saling berhubungan secara erat.

Makna ideografik ‘Yud Heh Waw Heh'(Y H W H) yang secara lazim paling diterima oleh cendekiawan Yahudi sepanjang abad penerjemahan huruf-huruf nama kudus Tuhan, yang diperkatakan sebagai ‘Yud Heh Waw Heh’ (Y H W H) secara simbolis dapat diterjemahkan secara akurat sebagai :

* Yud = tangan
* Heh = jendela atau makna ‘pandanglah’ atau ‘lihatlah’
* Waw = paku.

Jadi dikatakan secara simbolik, kombinasi huruf-huruf ini bisa secara akurat dan paling pasti diterjemahkan sebagai :

‘Yud Heh Waw Heh’ (Y H W H) = Lihatlah tangan itu, lihatlah paku itu.
Yeshua, atau Yesus, dalam bahasa Ibrani berarti Yahweh (YHWH) , artinya Keselamatan Kita,
Jadi, nama YESUS atau YESHUA adalah YHWH itu sendiri yang datang ke dalam daging menjelma menjadi manusia, di atas salib di bukit golgota terdapat rahasia siapa YHWH itu sebenarnya ” lihatlah tangan itu, lihatlah paku itu ” = YHWH

Siapakah Dia yang tangannya dipaku di atas kayu salib untuk menyelamatkan umat manusia ? Dia adalah Yesus atau Yeshuayhwh = Yesus / Yeshua Hamasiah.

1 comment:

Anonymous said...

* Yud = tangan
* Heh = jendela atau makna ‘pandanglah’ atau ‘lihatlah’
* Waw = paku.

Jadi dikatakan secara simbolik, kombinasi huruf-huruf ini bisa secara akurat dan paling pasti diterjemahkan sebagai :

‘Yud Heh Waw Heh’ (Y H W H) = Lihatlah tangan itu, lihatlah paku itu.
Yeshua, atau Yesus, dalam bahasa Ibrani berarti Yahweh (YHWH) , artinya Keselamatan Kita,
Jadi, nama YESUS atau YESHUA adalah YHWH itu sendiri yang datang ke dalam daging menjelma menjadi manusia, di atas salib di bukit golgota terdapat rahasia siapa YHWH itu sebenarnya ” lihatlah tangan itu, lihatlah paku itu ” = YHWH

Siapakah Dia yang tangannya dipaku di atas kayu salib untuk menyelamatkan umat manusia ? Dia adalah Yesus atau Yeshuayhwh = Yesus / Yeshua Hamasiah.