Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Dec 2, 2015

Tentara Legium Romawi Kuno

Kekaisaran Romawi merupakan yang paling disegani pada masanya serta masih menjadi panutan hingga sekarang. Tentara Kekaisaran Romawi terdiri dari tiga jenis yaitu "The Praetorian Guard" yang merupakan tentara pengawal kaisar, Legiun (tentara infantri dan petugas yang terdiri dari warga negara), dan "The Auxiliaries" (pasukan non-warga negara).

Legiun adalah prajurit infanteri angkatan bersenjata utama dari tentara Romawi. Mereka direkrut dari warga negara Romawi, biasanya pemuda yang berumur 19 tahun tetapi juga ada yang dikrekut pada usia dini 14 tahun. Tinggi minimum para prajurit ini 4 kaki 11 inci. Kaisar Augustus memiliki 25 legiun yang masing-masing legiun memiliki 6.000 prajurit. Sebuah legiun dibentuk dari 10 Kohort (setiap kohort terdiri dari 540-600 laki-laki). Setiap Kohort dibagi menjadi 6 centuria yang dipimpin oleh seorang perwira (masing-masing centuria ada 60-100 laki-laki). Setiap sayap legiun memiliki 120 tentara kavaleri. Seragam yang digunakan tentara legium adalah rompi baju dan topi dari besi serta membawa perisai.

Penampilan Prajurit Legiun

Tulang punggung tentara Romawi adalah perwira. Para perwira ini memakai helm khusus serta terdapat hiasan di atasnya dengan kualitas yang lebih baik. Karier mereka dimulai sebagai seorang prajurit, kemudian dipromosikan karena dedikasi serta keberaniannya. Sebelum menjadi perwira mereka adalah kapten yang memimpin 100 prajurit di Legiun. Sebutannya "captain of 100". Perwira menerima gaji sekitar 5.000 dinar per tahun – lebih besar 20 kali lipat dari prajurit. Ada pula lima perwira senior legiun yang menerima gaji 10.000 dinar per tahun, dan perwira kepala menerima 20.000 dinar di bayar setiap tahunnya. Sedangkan untuk prajurit umum hanya menerima gaji sekitar 200-300 dinar per tahun.

Penampilan Perwira Legiun

Di dalam legiun juga terdapat "polisi" yang biasa disebut Tooper yaitu tentara yang yang terdiri dalam datasemen yang memiliki 300 kuda yang selalu bergabung degan Legiun. Mereka ini bisa juga disamakan dengan pasukan infateri.

Petinggi dalam Legion Romawi

Legatus Legiun
Komandan seluruh legiun. Posisi ini Kaisar yang menunjuknya. Legatus memegang komando selama 3 atau 4 tahun, meskipun untuk jangka waktu lebih lama lagi. Dalam sebuah provinsi dengan hanya satu legiun, maka Legatus juga menjabat sebagai gubernur provinsi. Sedangkan  di provinsi-provinsi dengan beberapa legiun, maka setiap legiun memiliki Legatus dan gubernur provinsi yang memgang komando dari mereka semua.

Tribunus Laticlavius

Mereka adalah para senator. Tribunus Laticlavius juga diangkat oleh Kaisar. Pada umumnya berusia cukup muda dan kurang berpengalaman daripada Tribuni Angusticlavii. Meskipun demikian mereka ini menjabat sebagai dalam komandan kedua legiun, di bawah Wakil Komandan.

Ilustrasi  Tribunus Laticlavius

Praefectus Castrorum
Umumnya ia adalah seorang veteran yang telah mengabdi dalam jangka waktu lama yang dipromosikan melalui tingkat perwira

Tribuni Angusticlavii
Setiap legiun memiliki 5 tribuni militer yang terdapat para ksatria berkud. Mereka bertugas melayani urusan administratif penting dari Legiun. Terkadang pula mereka terlibat dalam tugas komando taktis.

Primus Pilus

Mereka juga disebut "The First File" adalah perwira komandan dari kelompok pertama dan perwira senior seluruh Legion. Tooper juga dapat masuk ke dalam kelas sosial ini setelah pensiun.

No comments: