Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Dec 23, 2015

7 Meterai Kitab Wahyu: Akhir Zaman

Ada hubungan yang mengagumkan antara apa yang diajarkan Tuhan Yesus di Bukit Zaitun dalam Matius 24, Lukas 21, dan Markus 13 mengenai Masa Kesusahan, dengan apa yang disaksikan oleh Rasul Yohanes di Pulau Patmos dalam Wahyu 6 mengenai periode yang sama.

Matius 24, Lukas 21, dan Markus 13 memiliki harmonisasi dengan Wahyu 6

Dan sementara Dia duduk di atas bukit Zaitun, datanglah para murid kepada-Nya secara tersendiri, sambil berkata, “Katakanlah kepada kami, bilamanakah hal-hal ini akan terjadi, dan apa tanda kedatangan-Mu dan akhir zaman itu?”
Matius 24:3 (ILT)

Kitab Wahyu adalah salah satu kitab yang paling menakjubkan dalam seluruh Alkitab, dan itu memberitahukan hal-hal yang "harus segera terjadi." Pada bagian awal Kitab Wahyu, itu berbicara mengenai zaman Gereja dan peristiwa-peristiwa ketika Anak Domba membuka 7 meterai dari gulungan kitab yang termeterai. Dalam pasal 6 kita melihat permulaan masa kesusahan bagi Yakub, Masa Kesusahan Besar.

Tanda-tanda Kedatangan Tuhan dan Akhir Zaman

Ada hubungan yang mengagumkan antara apa yang diajarkan Tuhan Yesus di Bukit Zaitun dalam Matius 24, Lukas 21, dan Markus 13 mengenai tanda-tanda kedatangan-Nya dan Akhir Zaman, dengan apa yang disaksikan oleh Rasul Yohanes di Pulau Patmos dalam Wahyu 6, yaitu ketika Anak Domba itu mulai membuka 7 meterai itu. Apa yang disebutkan oleh Tuhan Yesus itu sesuai secara kronologis dengan yang disaksikan oleh Yohanes.

Dan Yohanes melihat ketika Anak Domba itu mulai membuka meterai-meterai itu:

Meterai ke-1: Penunggang Kuda Putih

Wahyu 6 dimulai dengan dibukanya meterai pertama, kedatangan messias palsu, munculnya Anti-Kristus.

Dan aku melihat ketika Anak Domba itu membuka satu dari meterai-meterai itu, dan aku mendengar satu dari keempat makhluk hidup itu yang berkata bagaikan bunyi guntur, “Marilah dan lihatlah!”
Dan aku melihat, dan lihatlah: seekor kuda putih dan dia yang menunggang di atasnya yang memegang sebuah busur, dan kepadanya diberikan sebuah mahkota, dan dia keluar untuk menaklukkan, bahkan agar dia dapat menaklukkan.
Wahyu 6:1,2

Sekarang perhatikan apa yang pertama kali Yesus sebutkan dalam Injil Matius mengenai apa yang akan terjadi:
Dan sementara Dia duduk di atas bukit Zaitun, datanglah para murid kepada-Nya secara tersendiri, sambil berkata, “Katakanlah kepada kami, bilamanakah hal-hal ini akan terjadi, dan apa tanda kedatangan-Mu dan akhir zaman itu?”
Dan seraya menanggapi, Yesus berkata kepada mereka, “Perhatikanlah, janganlah seorang pun menyesatkan kamu!
Sebab banyak orang akan datang atas Nama-Ku dengan mengatakan: Akulah Mesias; dan mereka akan menyesatkan banyak orang.
Matius 24:3-5

Pembanding (Lukas):
Dan mereka menanyai-Nya sambil berkata, “Guru, kapan kemudian hal-hal ini akan terjadi, dan apakah tandanya manakala hal ini akan segera terjadi?”
Dan Dia menjawab, “Perhatikanlah, agar kamu tidak disesatkan, karena banyak orang akan datang atas Nama-Ku sambil berkata: Akulah Dia! Dan, saatnya sudah dekat! Janganlah kemudian kamu mengikuti mereka. Lukas 21:7,8

Pembanding (Markus):
“Beritahukanlah kepada kami, kapankah hal itu akan terjadi? Dan apakah tandanya bilamana semua ini akan segera digenapi?”
Dan seraya menjawab, Yesus mulai berkata kepada mereka, “Waspadalah agar tidak seorang pun menyesatkan kamu.
Sebab, banyak orang akan datang atas Nama-Ku, dengan mengatakan: Akulah Dia! Dan mereka akan menyesatkan banyak orang. Markus 13:4-6

Meterai ke-2: Penunggang Kuda Merah
Peperangan dan berita-berita perang

Dan ketika Dia membuka meterai yang kedua, aku mendengar makhluk hidup kedua yang berkata, “Marilah dan lihatlah!”
Dan keluarlah kuda yang lain berwarna merah api. Dan kepada dia yang menunggang di atasnya telah dikaruniakan kepadanya untuk mengambil damai dari bumi, juga agar mereka saling membunuh seorang terhadap yang lain, dan kepadanya telah diberikan pedang yang besar.
Wahyu 6:3,4

Lalu perhatikan apa yang selanjutnya dikatakan Yesus dalam Injil Matius:
Dan kamu akan segera mendengar peperangan dan berita-berita perang. Perhatikanlah, janganlah ketakutan, karena seharusnyalah semuanya itu terjadi, tetapi hal itu belumlah kesudahannya.
Karena bangsa akan dibangkitkan melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan.
Matius 24:6,7a

Pembanding (Lukas):
Dan manakala kamu mendengar peperangan dan kerusuhan, kamu tidak boleh digentarkan! Sebab seharusnyalah hal-hal ini terjadi lebih dahulu, tetapi kesudahannya tidak pada saat itu juga.”
Lalu, Dia berkata kepada mereka, “Bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan. Lukas 21:9,10

Pembanding (Markus):
Dan, bilamana kamu mendengar peperangan dan kabar-kabar tentang perang, janganlah ketakutan, karena seharusnyalah itu terjadi, tetapi belum kesudahannya.
Sebab, bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan.
Markus 13:7,8a

Meterai ke-3: Penunggang Kuda Hitam
Kelaparan

Dan ketika Dia membuka meterai yang ketiga, aku mendengar makhluk hidup ketiga yang berkata, “Marilah dan lihatlah!” Dan aku melihat, dan lihatlah: seekor kuda hitam dan dia yang menunggang di atasnya yang memegang timbangan di tangannya.
Dan aku mendengar suara di tengah-tengah keempat makhluk hidup itu, yang berkata, “Setakar gandum sedinar dan tiga takar jelai sedinar, tetapi jangan engkau merusak minyak zaitun dan air anggur itu.” Wahyu 6:5,6

Hal itu juga yang selanjutnya dikatakan Yesus dalam Injil:
Dan akan terjadi kelaparan dan wabah penyakit, dan gempa bumi di berbagai tempat.
Dan semua ini merupakan awal penderitaan. Matius 24:7b,8

Pembanding (Lukas):
Juga akan terjadi gempa bumi yang dahsyat di berbagai tempat, dan kelaparan-kelaparan, dan wabah-wabah penyakit. Lukas 21:11a

Pembanding (Markus):
Akan terjadi gempa bumi di berbagai tempat dan akan terjadi kelaparan dan kekacauan. Inilah awal penderitaan! Markus 13:8b

Meterai ke-4: Penunggang Kuda Hijau Pucat bernama Kematian
Kuda hijau/kuning pucat (warna kematian, pucat mayat): Kematian karena peperangan, kelaparan, wabah, dan binatang buas.

Dan ketika Dia membuka meterai yang keempat, aku mendengar suara dari makhluk hidup yang keempat yang berkata, “Marilah dan lihatlah!”
Dan aku melihat, dan lihatlah: seekor kuda hijau pucat dan dia yang menunggang di atasnya; namanya Kematian, dan alam maut (Yunani: hades) ikut bersamanya. Dan kepada mereka telah diberikan wewenang untuk membunuh atas seperempat bumi dengan pedang dan dengan kelaparan dan dengan kematian dan oleh binatang-binatang buas di bumi. Wahyu 6:7,8

Perhatikan kembali apa yang Yesus katakan dalam Injil tadi:
Dan akan terjadi kelaparan dan wabah penyakit, dan gempa bumi di berbagai tempat.
Dan semua ini merupakan awal penderitaan. Matius 24:7b,8

Pembanding (Lukas):
Juga akan terjadi gempa bumi yang dahsyat di berbagai tempat, dan kelaparan-kelaparan, dan wabah-wabah penyakit. Lukas 21:11a

Pembanding (Markus):
Dan akan terjadi gempa bumi di berbagai tempat dan akan terjadi kelaparan dan kekacauan (Yunani: tarachē, artinya: gangguan, keributan, huru-hara, hasutan). Inilah awal penderitaan!
Markus 13:8b

Meterai ke-5: Jiwa-jiwa di bawah mezbah
Penganiayaan karena Nama Yesus

Dan ketika Dia membuka meterai yang kelima, aku melihat di bawah mezbah jiwa-jiwa mereka yang telah dibunuh berkenaan dengan firman Allah dan berkenaan dengan kesaksian yang mereka miliki.
Dan mereka berseru dengan suara yang keras sambil berkata, “Sampai kapan, ya Tuhan yang kudus dan yang benar, Engkau tidak menghakimi dan membalaskan darah kami terhadap mereka yang tinggal di bumi?” Wahyu 6:9,10

Lalu apa yang dikatakan Yesus dalam Kitab Injil?
Kemudian mereka akan menyerahkan kamu ke dalam kesukaran, dan mereka akan membunuh kamu dan kamu akan dibenci oleh semua bangsa karena Nama-Ku, dan pada waktu itu banyak orang akan tersandung dan mereka akan mengkhianati seorang terhadap yang lain dan akan membenci seorang terhadap yang lain.
Dan banyak nabi palsu akan dimunculkan dan mereka akan menyesatkan banyak orang.
Dan karena kedurhakaan dilipatgandakan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin.
Dan siapa yang bertahan sampai kesudahannya, dia akan diselamatkan. Matius 24:9-13

Pembanding (Lukas):
Namun sebelum semuanya ini, mereka akan menjatuhkan tangannya kepada kamu dan akan menganiaya seraya menyerahkan ke sinagoga-sinagoga dan penjara-penjara sambil dibawa ke hadapan raja-raja dan gubernur-gubernur demi Nama-Ku, dan hal itu akan menjadi suatu kesaksian bagimu.
Oleh sebab itu, taruhlah di dalam hatimu agar kamu bersiap untuk tidak membela; karena Aku akan memberikan kepadamu sebuah mulut dan hikmat yang dengannya semua orang yang menentang kamu tidak dapat membantah maupun melawan.
Namun kamu akan dikhianati juga oleh orang tua, dan saudara-saudara, dan kaum keluarga, dan sahabat, dan mereka akan membunuh dari antara kamu.
Dan kamu akan dibenci oleh semua orang karena Nama-Ku.
Tetapi tidak sehelai rambut pun dari kepalamu sekali-kali akan binasa.
Dengan kesabaranmu, kamu akan memperoleh jiwamu.
Lukas 21:12-19

Pembanding (Markus):
Namun kamu, jagalah dirimu, karena mereka akan menyerahkan kamu ke Sanhedrin dan ke sinagoga-sinagoga. Kamu akan dipukuli, dan kamu akan dihadapkan kepada para gubernur dan raja-raja demi Aku, sebagai suatu kesaksian bagi mereka.
Dan, seharusnyalah injil diberitakan terlebih dahulu kepada semua bangsa.
Dan bilamana mereka membawa kamu dengan berkhianat, janganlah khawatir lebih dahulu apa yang harus kamu katakan, bahkan janganlah ambil peduli; sebaliknya, apa yang dikaruniakan kepadamu pada saat itu, katakanlah itu! Sebab bukanlah kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Kudus.
Dan seorang saudara akan menyerahkan saudaranya pada kematian, juga seorang ayah akan anaknya; dan anak-anak akan memberontak kepada orang tuanya dan mereka akan membunuhnya.
Dan kamu akan dibenci oleh semua orang karena Nama-Ku, tetapi yang bertahan sampai kesudahannya, dia akan diselamatkan.”
Markus 13:9-13

Sebelum Meterai ke-6 dibuka, Yesus mengatakan akan terjadi Kesusahan Besar seperti yang belum pernah terjadi sejak dunia dijadikan.
Sebab, pada waktu itu akan terjadi kesukaran besar seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang, bahkan sekali-kali tidak akan pernah terjadi.
Dan sekiranya hari-hari itu tidak diperpendek, maka semua manusia tidak akan diselamatkan; tetapi karena mereka yang terpilih, hari-hari itu akan diperpendek.
Matius 24:21,22

Pembanding (Lukas):
Sebab inilah hari-hari pembalasan, supaya digenapi segala sesuatu yang telah tertulis.
Lukas 21:22

Pembanding (Markus):
Sebab hari-hari itu akan menjadi kesukaran, yang seperti itu belum pernah terjadi sedemikian sejak awal penciptaan yang telah Allah ciptakan sampai sekarang, bahkan sama sekali tidak pernah terjadi.
Dan jika Tuhan tidak mempersingkat hari-hari itu, tidak ada satu pun makhluk akan diselamatkan; tetapi demi mereka yang terpilih, yaitu yang telah Dia pilih, Dia mempersingkat hari-hari itu.
Markus 13:19,20

Meterai ke-6: Gempa bumi, hujan meteor/asteroid, pergeseran lempeng-lempeng kerak bumi, mega tsunami
Dan aku melihat, ketika Dia membuka meterai yang keenam, dan lihatlah: gempa besar terjadi, dan matahari menjadi hitam seperti karung yang terbuat dari rambut dan bulan menjadi seperti darah.
Dan bintang-bintang langit berjatuhan ke bumi seperti pohon ara menggugurkan buah mentahnya karena diguncang oleh angin kencang.
Dan langit terbelah seperti gulungan kitab yang digulung, dan semua gunung dan pulau terpindahkan dari tempatnya.
Dan raja-raja di bumi dan pembesar-pembesar dan orang-orang kaya dan perwira-perwira dan mereka yang berkuasa dan setiap hamba dan setiap orang merdeka menyembunyikan diri ke dalam gua-gua dan ke antara batu-batu gunung.
Dan mereka berkata kepada gunung-gunung dan kepada batu-batu itu, “Runtuhlah ke atas kami dan sembunyikanlah kami dari wajah Dia yang duduk di atas takhta itu dan dari murka Anak Domba.
Sebab hari besar murka-Nya telah tiba dan siapakah yang dapat bertahan?”
Wahyu 6:12-17

Lalu apa yang dikatakan Yesus dalam Injil Matius?
“Dan segera sesudah kesukaran hari-hari itu, matahari akan dijadikan gelap dan bulan tidak akan memberi cahayanya dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit dan kuasa-kuasa langit akan diguncangkan.
Dan pada waktu itu tanda Anak Manusia akan tampak di langit, dan kemudian semua suku-suku di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia ketika datang di atas awan di langit dengan kuasa dan kemuliaan yang besar.
Matius 24:29,30

Pembanding (Lukas):
juga akan terjadi hal-hal yang menakutkan dan tanda-tanda yang dahsyat dari langit.
“Dan akan ada tanda-tanda pada matahari, dan bulan, dan bintang-bintang; dan di atas bumi kecemasan bangsa-bangsa dalam keputusasaan karena menderunya laut dan gelombang.
Orang-orang terpingsan-pingsan oleh rasa takut dan penantian yang menimpa penduduk dunia sebab kuasa-kuasa langit akan digoncangkan.
Dan kemudian mereka akan melihat Anak Manusia yang datang dalam awan dengan kuasa dan kemuliaan yang besar.
Lukas 21:11b,25-27

Pembanding (Markus):
“Namun, pada hari-hari itu, sesudah kesukaran itu, matahari akan digelapkan dan bulan tidak akan memberikan cahayanya.
Dan bintang-bintang di langit akan berjatuhan, dan kuasa-kuasa yang ada di langit akan diguncangkan.
Dan kemudian mereka akan melihat Anak Manusia yang datang di awan-awan dengan kuasa dan kemuliaan yang besar. Markus 13:24-26

Pembanding dari kitab Nabi-nabi untuk Meterai ke-6 Kitab Wahyu:

Sebab bintang-bintang di langit dan gugusan-gugusannya tidak dapat menyinarkan terangnya, matahari akan menjadi gelap pada waktu terbit dan bulan tidak memancarkan sinarnya.
Dan Aku akan membuat perhitungan atas dunia yang jahat, dan atas orang-orang fasik karena kesalahan mereka. Dan Aku akan mengakhiri keangkuhan kesombongan mereka, dan Aku akan merendahkan keangkuhan orang lalim.
Aku akan membuat pria lebih berharga daripada emas murni, dan manusia daripada emas Ofir.
Oleh karena itu Aku akan membuat langit bergoyang, dan bumi berguncang dari tempatnya, dalam amarah YAHWEH Tsebaot (Tuhan segenap pasukan), dan pada hari murka-Nya yang menyala-nyala. Yesaya 13:10-13

Aku juga akan memberi bumi minum darahmu, juga gunung-gunung dan alur-alur sungai akan penuh dengan darahmu.
Aku akan menutup langit ketika Aku membinasakan engkau, dan menggelapkan bintang-bintang mereka, Aku akan menutupi matahari dengan awan, dan bulan tidak akan memberikan cahayanya.
Aku akan membuat gelap segala benda yang bersinar di langit, yang ada di atasmu, dan Aku akan memberikan kegelapan atas tanahmu,” demikianlah firman Tuhan YAHWEH.
Yehezkiel 32:6-8

Di hadapan mereka, bumi berguncang, langit bergetar, matahari dan bulan telah menjadi gelap, dan bintang-bintang telah menarik kembali cahayanya.
Dan Aku akan memberikan tanda-tanda di langit dan di bumi: darah dan api serta gumpalan-gumpalan asap.
Matahari akan berubah menjadi gelap, dan bulan menjadi darah, sebelum datangnya hari YAHWEH, yang dahsyat dan menakjubkan. Yoel 2:10,30,31

Matahari dan bulan telah menjadi gelap, dan bintang-bintang telah menarik kembali cahayanya. Yoel 3:15

“Dan akan terjadi pada hari itu, firman Tuhan YAHWEH, bahwa Aku akan membuat matahari tenggelam pada waktu siang, dan Aku akan menggelapkan bumi pada waktu siang yang cerah.
Amos 8:9

Apa yang terjadi sesudah Meterai ke-6?

Sesudah Meterai ke-6, Anak Manusia akan menampakkan diri-Nya di atas awan-awan dengan kekuasaan dan kemuliaan, dan mengutus para malaikatnya dengan bunyi sangkakala yang dahsyat, untuk mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru mata angin.
Dan pada waktu itu tanda Anak Manusia akan tampak di langit, dan kemudian semua suku-suku di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia ketika datang di atas awan di langit dengan kuasa dan kemuliaan yang besar.
Dan Dia akan mengutus para malaikat-Nya dengan bunyi sangkakala yang membahana, dan mereka akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru mata angin, dari ujung langit sampai ke ujungnya. Matius 24:30,31

Pembanding (Lukas):
Dan kemudian mereka akan melihat Anak Manusia yang datang dalam awan dengan kuasa dan kemuliaan yang besar.
Namun ketika hal-hal ini mulai terjadi, tegaklah dan angkatlah kepalamu sebab penebusanmu sedang mendekat.” Lukas 21:27,28

Pembanding (Markus):
Dan kemudian mereka akan melihat Anak Manusia yang datang di awan-awan dengan kuasa dan kemuliaan yang besar.
Dan kemudian, Dia akan mengutus para malaikat-Nya, dan akan mengumpulkan umat pilihan-Nya dari keempat penjuru angin, dari ujung bumi sampai ke ujung langit. Markus 13:26,27

Pembanding 3:
Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan. 1 Tesalonika 4:16,17

Kemudian Yohanes melihat penglihatan di Surga:
Sesudah hal-hal ini aku melihat, dan lihatlah, suatu kerumunan orang banyak yang tidak seorang pun dapat menghitungnya, berasal dari setiap bangsa dan suku dan kaum dan bahasa, seraya berdiri di hadapan takhta dan di hadapan Anak Domba itu, dengan mengenakan jubah panjang putih dan ranting-ranting palem ada di tangan mereka.
“Mereka ini adalah orang-orang yang keluar dari kesukaran besar dan mereka telah mencuci jubah panjang mereka dan memutihkan jubah panjangnya dengan darah Anak Domba.
Sebab itu, mereka ada di hadapan takhta Allah dan mereka beribadah kepada-Nya siang dan malam di tempat kudus-Nya. Dan Dia yang duduk di atas takhta itu akan berdiam di antara mereka.
Mereka tidak akan pernah lapar lagi dan tidak akan pernah haus lagi, bahkan matahari ataupun segala macam panas, sekali-kali tidak akan pernah menimpa ke atas mereka.
Sebab Anak Domba yang ada di tengah-tengah takhta itu akan menggembalakan mereka dan memimpin mereka ke mata air yang hidup. Dan Allah akan menghapus semua air mata dari mata mereka.” Wahyu 7:9,14b-17

Meterai ke-7: Tujuh Malaikat dengan tujuh Sangkalala Penghakiman
Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang ketujuh, maka sunyi senyaplah di sorga, kira-kira setengah jam lamanya.
Lalu aku melihat ketujuh malaikat, yang berdiri di hadapan Allah, dan kepada mereka diberikan tujuh sangkakala. Wahyu 8:1

Memahami apa yang dikatakan Yesus dalam Matius 24, Lukas 21, dan Markus 13 akan memberikan kita pengertian bahwa itu berurutan dan sinkron satu sama lainnya dengan 6 Meterai Penghakiman pertama dari Kitab Wahyu.

Namun ketika hal-hal ini mulai terjadi, tegaklah dan angkatlah kepalamu sebab penebusanmu sedang mendekat.” Lukas 21:28

Tetapi jagalah dirimu supaya hatimu tidak dibebani oleh kebingungan dan kemabukan serta kekhawatiran hidup, dan hari yang tak terduga itu akan datang kepadamu seperti jerat, sebab ia akan datang ke atas segala sesuatu yang tinggal di atas seluruh muka bumi ini.
Maka berjaga-jagalah setiap saat sambil berdoa, supaya kamu dianggap layak untuk luput dari semua hal-hal ini yang akan segera terjadi dan untuk berdiri di hadapan Anak Manusia.” Lukas 21:34-36

3 comments:

Anonymous said...

https://pagerankgoogle.wordpress.com/2011/10/11/7-kesalahan-fatal-ajaran-islam/
http://www.mantanmuslim.com/2009/01/kehancuran-islam-telah-tiba.html#.VnSEbSfgvXQ.facebook

Anonymous said...

I already know when Muhammad said Christ didnt die on cross and did't come back from death, Muhammad told people to read Bible and he said Allah revealed the same book, which means Bible is true and its God's will. Mudammas lied and said Jesus didnt die on cross, not son of God. Mudammad rejected all those things on Bible but Quran says Bible is confirmed by Allah and Muhammad himself told people to read it, which means Muhammad lied about Jesus Christ's death. OR What if Bible is not true, Mudammad in Quran mentioned everyone should go to the book (Bible) and God revealed the book and confirmed its God's will. If the Bible is false, why Muhammad told people to read a false book? and he said its by God's will??? Either ways, Muhammad lied, according to Quran 5:47 Those (messager) who lie about God's will or deliever the false message is against Allah's will, Muhammad is ungodly. Muhammad is false prophet

Anonymous said...

https://www.youtube.com/watch?v=TsMccnb_270

"Holy Quran Converted Me to Christianity" - Former Indian Imam Sulaiman (Mario Joseph)