Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Oct 7, 2015

Tradisi Hindu dipakai Islam

Hindu memiliki pantheon 33 dewa-dewi. Bangsa-bangsa pra-Islam di Asia Minor juga memuja 33 dewa/i. Kalender lunar (bulan) diperkenalkan kepada Asia Barat selama kekuasaan India.

Bulan Muslim 'Safar' menunjukkan bulan 'extra' (Adhik Maas) dalam kalender Hindu. Bulan Muslim 'Rabi' berasal dari kata Ravi yang berarti 'matahari' karena huruf Sansekerta 'V' dirubah Prakrit 'B' (Prakrit merupakan versi sehari-hari bahasa Sansekerta).

Rasa hormat Muslim pada Gyrahwi Sharif tidak lain dari Ekadashi milik Hindu (Gyrah = elevan or Gyaarah). Keduanya sama artinya.

Idul Fitri

Praktek ini berasal dari upacara kurban Go-Medh dan Ashva-Medh Yagnas. Id dalam Sansekerta berarti ibadah/pemujaan. Id dalam Islam juga menandakan hari-hari pemujaan. Kata Mesh dalam zodiak Hindu berarti Domba. 

Dijaman dulu, setiap tahun dimulai dengan masuknya matahari kedalam lingkup bintang Aries. Kesempatan ini ditandai dengan pesta bakar kambing. Inilah asal usul festival Bakari Id. [Kata Bakari adalah kata Hindu bagi kambing.]

Karena Id berarti ibadah dan Griha berarti 'rumah', kata Islam Idgah berarti 'Rumah ibadah' yang sama persis dengan arti Sansekritnya. Kata 'Namaz' berasal dari kata Sansekerta 'Nama' & 'Yajna' (NAMa yAJna) yang berarti menundukkan badan dan memuja/beribadah. Istilah 'Id-ul-Fitri' berasal dari istilah 'Eed of Piters' yang berarti memuja nenek moyang, dalam tradisi Sansekerta. Di India, orang-orang Hindu memperingati nenek moyang mereka selama dua minggu masa Pitr-Paksha. Sama juga dengan 'Id-ul-Fitr' (pemujaan nenek moyang). Praktek Islam untuk memperhatikan gerak gerik bulan sama dengan adat Hindu untuk buka puasa pada hari Sankranti dan Vinayaki Chaturthi setelah nampaknya bulan.

Bulan

Deksripsi kitab Weda tentang bulan, konstelasi bintang berbeda-beda dan penciptaan alam semesta dicontek Quran dalam Surat 2, stanza 113, 114, 115, dan 158, 189, Surat 9, stanza 37 & Surat 10, stanza 4 - 7.

Pembacaan Namaz lima kali sehari berasal dari tradisi Weda bernama Panchmahayagna (5 kali pujaan- Panch-Maha-Yagna) yang merupakan kewajiban bagi setiap mahluk Hindu. Muslim membersihkan 5 bagian tubuh sebelum solat. Ini berasal dari aturan 'Sharir Shydhyartham Panchanga Nyasah'.

Bulan  Haram

4 bulan dalam setahun dianggap suci dalam tradisi Islam. Mereka tidak boleh menjarah atau melaukan tindakan kriminal selama periode tersebut. Ini berasal dari tradisi Chaturmasa yaitu, periode 4 bulan puasa dan menghindari kejahatan.

Shabibarat adalah kata lain bagi Shiva Vrat dan Shiva Ratra. Karena Ka'abah merupakan pusat penting dewa Siwa, festival Shivaratri biasanya dirayakan disana dengan besar-besaran. Festival itulah yang disebut dalam Islam sebagai Shabibarat.

Menurut sejumlah Encyclopaedia, memang ada ukiran-ukiran tulisan didalam dinding Kabah. Namun para pakar sejarah tidak pernah diijinkan masuk. Tetapi menurut pengakuan beberapa orang, ada tulisan dalam huruf Sansekerta dan bahkan ada stanza-stanza dari Bhagavad Gita.

Orang India di Timur Tengah

Menurut Islam, pedagang-pedagang India menetap di Arabia, khususnya di Yaman. Di Ubla terdapat pemukiman-pemukiman besar orang India. Ini menunjukkan bahwa kehadiran orang India di Arabia & Yaman cukup berpengaruh terhadap penduduk setempat. Ini tidak dimungkinkan kecuali mereka berasal dari kelas penguasa.

Disebut dalam Ahadis Imam Bukhari bahwa suku India, JAT, berada di Arabia jauh sebelum jamannya Mohamad. Malah ketika Aisha jatuh sakit, keponakannya memanggil dokter Jat untuk menyembuhkannya. Ini membuktikan bahwa orang India memiliki status tinggi di Arabia. Dan status macam ini tidak bisa melekat pada mereka, kecuali mereka memang penguasa. Bukhari juga berbicara tentang seorang raja India yang mengirim satu pot jahe (ginger pickles) kepada nabi. Ini menunjukkan bahwa raja Jat India menguasai kawasan didekatnya sehingga mampu memberikan hadiah yang begitu sepele seperti satu pot jahe. Nabi malah dikatakan sangat menyukainya. Ini bukti bahwa selama jaman Mohamad, orang India berpengaruh di Arabia.

Barah Vafat, festival Muslim untuk memperingati mereka yang mati dalam pertempuran berasal dari tradisi Sansekerta. Kata 'Phiphaut' yang berarti 'mati'. Hindu merayakan hari Chayal Chaturdashi untuk menghormati para pahlawan perang.

Kata 'Arab' = Kuda

Kata Arabia sendiri berasal dari Sansekerta. Kata aslinya adalah 'Arabasthan'. Karena Prakrit 'B' adalah Sansekerta 'V', maka nama Sansekerta aslinya adalah 'Arvasthan'. 'Arva' dalam bahasa Sansekerta berarti Kuda. Arvasthan berarti : negara penuh kuda, dan seperti kita tahu semua, Arabia memang terkenal karena kuda-kudanya.

Kuda Arab adalah jenis kuda yang memiliki reputasi kepandaian tinggi, semangat tinggi dan stamina luar biasa. Jenis kuda ini mudah dikenali. Kuda Arab adalah jenis yang paling tua. Bukti arkaeologis menunjukkan bahwa kuda tersebut memiliki sejarah sampai 4500 tahun.

Puisi/ Literatur

'Sayar-ul-Okul' menyebutkan bahwa simposium pan-Arab pra-Islam diselenggarakan di Mekah pada festival tahunan Okaj. Semua penyair ternama berpartisipisasi.

Penyair-penyair yang paling jitu diberi hadiah. Puisi yang paling bagus diukir dalam lempengan emas dan digantung didalam Ka'bah. Ada puisi-puisi yang ditulis pada kulit kambing atau onta. Mereka digantung diluar tembok kuil. Jadi, selama ribuan tahun, Ka'abah sebenarnya merupakan rumah penyimpanan puisi-puisi terhebat Arabia yang diinspirasi tradisi Hindu.

Oleh karena itu puisi-puisi tersebut dinamakan Mu'Allaqat (Yang digantung).

Literatur PRA-Islam

Namun semua syair itu entah hilang atau dihancurkan gang penjarah Mohamad. Bahkan penyair pribadi nabi, Hassan-bin-Sawik, ikut mencuri syair-syair berharga itu dan menyimpan lempengan-lempengan emas itu dalam rumahnya. Cucu Sawik, yang ingin menjual lempengan emas itu membawanya ke khalif jaman itu dimana ia ketemu pemikir terkenal Arab, Abu Amir Asamai. Ia menerima lima lempengan emas dan 16 lembaran kulit yang dihiasi dengan syair-syair yang memenangkan penghargaan. 

Pada kelima lempengan emas tertulis ayat-ayat oleh penyair-penyair Arab kuno seperti Labi Baynay, Akhatab-bin-Turfa & Jarrham Bintoi. Penemuan ini mengakibatkan Harun-al-Rashid memerintahkan Abu Amir untuk menyusun koleksi dari komposisi-komposisi sebelumnya. Salah satunya adalah atribut Jarrham Bintoi, penyair Arab terkenal, kepada raja Vikramaditya.

Bintoi yang hidup 165 tahun sebelum Mohamad menerima hadiah tertinggi bagi komposisi syair-syairnya selama 3 tahun berturut-turut dalam simposium pan-Arab di Mekah. Kesemua sajak Bintoi paling terkenal ini digantung didalam Ka'abah dalam lempengan emas.


Atribut Bintoi kepada raja Vikramaditya merupakan bukti kuat bahwa raja tersebut menjadikan jazirah Arab sebagai bagian dari kerajaan besar India. Itulah mengapa mulai dari India, semua negara memiliki nama sansekerta seperti Afghanisthan, Baluchisthan, Kurdisthan, Tajikiathan, Uzbekisthan, Iran, Sivisthan, Iraq, Arvasthan, Turkesthan (Turkmenisthan) dsb.

1 comment:

Anonymous said...

Nabi Islam memasukkan ayat-ayat berbobot tentang Isa Al-Masih ke dalam Al-Quran. Tahukah Anda enam ayat terpenting ini? Dengan mempertimbangkannya, Anda akan lebih mengerti siapakah Isa Al-Masih sebenarnya.
Ayat Nomor 6 – Isa Menjadi “Tanda” dan “Rahmat” bagi Manusia

Jibril berkata: ". . . Kami menjadikannya [Isa] suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat . . .” (Qs 19:21).
Isa “tanda” jalan ke sorga dan sekaligus “Jalan-nya.” Sebagai “Rahmat” Allah Ia berkata, “. . . Aku memberikan hidup kekal kepada mereka [pengikut-Nya] dan mereka tidak akan binasa sampai selama-lamanya” (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:6, 10:28).
Ayat Nomor 5 – Isa Mengerjakan Mujizat-mujizat

“. . . [Isa] menyembuhkan orang yang buta sejak dalam kandungan ibu dan orang yang berpenyakit sopak . . . dan . . . mengeluarkan orang mati dari kubur (menjadi hidup) . . ." (Qs 5:110).
“Isa itu sudah pergi ke mana-mana untuk berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai Iblis . . .” (Injil, Kisah Para Rasul 10:38).
Ayat Nomor 4 – Isa Satu-satunya Nabi yang Suci

“[Isa] . . . seorang anak laki-laki yang suci" (Qs 19:19). Hadits Bukhari menambahkan bahwa Iblis tidak menjamah Isa pada waktu Ia masuk dunia.
“Al-Masih yang tidak mengenal dosa . . .” (Injil, Surat II Korintus 5:21).
mariaAyat Nomor 3 – Isa Satu-satunya Nabi yang Dilahirkan Perawan

Maryam berkata: “. . . betapa mungkin aku mempunyai anak, padahal aku belum pernah disentuh oleh seorang laki-laki pun. . . .” (Qs 3:47).
Mengapa hanya Isa yang lahir dari perawan? Sedangkan Ibrahim, Daud, Salomo, bahkan Muhammad pun tidak lahir dari perawan.
Ayat Nomor 2 – Isa Meninggal dan Bangkit Hidup Kembali

“. . . pada hari aku [Isa Al-Masih] dilahirkan, pada hari aku (Isa Al-Masih) meninggal dan pada hari aku (Isa Al-Masih) dibangkitkan hidup kembali” (Qs 19:33).
Menurut Qs 19:33 Isa melewati semua fase hidup (kelahiran, kematian, kebangkitan). Sekarang, menurut akidah Islam dan Kristen, Isa berada di sorga. Lagi Ia adalah hakim akhir zaman.
Ayat Nomor 1 – Isa, Kalimat Allah, Terkemuka di Dunia dan di Akhirat

“. . . Malaikat berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kalimat [Isa] (yang datang) daripada-Nya . . . seorang terkemuka di dunia dan di akhirat . . .” (Qs 3:45).
Istilah “terkemuka” berarti pertama, terdepan, termasyhur. Ayat suci Injil mengingatkan kita bahwa, “. . . [Isa-lah] terutama dari segala sesuatu” (Injil, Surat Kolose 1:18).
CrossAyat Terpenting Buat Nasib Kita

Enam ayat di atas menolong kita tahu lebih banyak tentang Isa Al-Masih. Penjelasan lengkap terdapat dalam Injil Suci Allah. Sayangnya banyak orang beragama belum tahu siapakah Isa sebenarnya. Sebagian melalaikan-Nya bahkan mengejek Dia. Mereka belum menganggap Dia “terkemuka di dunia dan akhirat.”
Saat di salib, Isa mendoakan para penolak-Nya, “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat” (Injil, Lukas 23:34).
Mungkin Anda bertahun-tahun menolak Isa Al-Masih. Namun Ia mendoakan Anda. Kiranya hari ini Anda menerima pengampunan-Nya!
Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:
Mengapa ternyata, dari beberapa segi, Isa Al-Masih mempunyai kedudukan lebih tinggi dari semua nabi lain yang disebut di Al-Quran dan Kitab Allah?
Ayat mana di atas dari Al-Quran yang paling menolong Anda lebih mengerti mengenai pribadi Isa Al-Masih?
Menurut saudara, adakah nabi lain yang lahir dari perawan suci, saat ini berada di sorga dan disebut, “. . . yang terkemuka di dunia dan akhirat”?
Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus.
Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”