Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

May 20, 2015

Negara Israel Diproklamasikan

Pada 14 Mei 1948 di Tel Aviv, David Ben-Gurion memproklamasikan Israel, berdirinya negara Yahudi untuk pertama kali dalam 2000 tahun, dalam upacara malam hari di Museum Senin Tel Aviv. Sehari kemudian negara-negara Arab menyerbu Israel.

"Kami dengan ini menyatakan berdirinya negara Yahudi di Palestina, yang disebut Israel," kata Ben-Gurion ketika itu, yang setelah itu menjadi perdana menteri pertama Israel.



Dilansir dari laman History, suara tembakan senjata terdengar di kejauhan, dengan pecahnya perang antara Yahudi dan Arab, segera setelah pasukan Inggris mundur pada hari itu.

Mesir melakukan serangan udara terhadap Israel. Tapi di bawah ancaman invasi dari negara-negara Arab, orang-orang Yahudi tetap merayakan berdirinya negara baru mereka. Terutama setelah pernyataan dari Amerika Serikat (AS), untuk mengakui Israel sebagai negara Yahudi. Pada tengah malam, State of Israel secara resmi digunakan.

Israel modern berasal dari pergerakan zionisme, dimulai pada akhir abad ke-19 oleh orang-orang Yahudi di Kekaisaran Rusia, yang menyerukan pembentukan negara Yahudi.

Pada 1896, jurnalis Yahudi Theodor Herzl menerbitkan pamflet politik, berisi argumen tentang pendirian negara Yahudi sebagai satu-satunya cara, untuk melindungi orang-orang Yahudi.

No comments: