Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

May 11, 2015

Dewa Kebijaksanaan Mesir Kuno

Dewa Mesir kuno Thoth dikenal karena kebijaksanaan dan sihir yang dimilikinya. Thoth termasuk dewa yang dianggap penting dibandingkan dengan dewa Mesir kuno lainnya. Dewa Thoth digambarkan sebagai seorang pria dengan kepala ibis atau babon. Dia ditampilkan sedang memegang semacam alat tulis dan kitab. Dalam versi lain, Thoth juga digambarkan sebagai kera dengan kepala anjing.



Hermopolis, juga dikenal sebagai Eshmunen adalah kota pusat pemujaan dewa Mesir Thoth. Sebelumnya, Hermopolis dikenal sebagai kota Khmun. Dewa yang dikenal bijaksana ini memainkan peran penting dalam berbagai pertempuran dan peristiwa lainnya dalam mitos Mesir. Suatu hal yang menarik tentang Thoth adalah bahwa dia merupakan seorang dewa yang menciptakan dirinya sendiri. Thoth dianggap berjasa dalam penemuan seni hermetis dan sihir. Thoth memiliki delapan anak dan seorang istri yang bernama Ma'at.

Fakta-fakta tentang Dewa Thoth

Di bawah ini adalah beberapa fakta menarik tentang Dewa Mesir kuno Thoth.
  • Dewa Thoth dianggap sebagai pelindung semua juru tulis. Dia juga dikenal sebagai 'lidah' dari dewa matahari, Ra. Karena kutukan dari Ra, Thoth harus berbicara atas nama Ra dan selalu mengucapkan kata-kata yang memenuhi keinginan Ra.
  • Seshat, dewi kebijaksanaan dan tulisan adalah mitra dari Thoth yang merupakan dewa pengetahuan dan kebijaksanaan. Thoth menulis sebuah buku bernama 'Buku Kematian'.
  • Terlepas dari pusat kultus di Hermopolis, kuil dewa Thoth juga terdapat di berbagai tempat lain seperti Hesert, Abydos, Rekhui, Per-Ab, Urit, Pselket, Hat, Sep, Ta-ur, Bah, Antcha-Mutet, Talmsis, Ta- kens dan Amen-heri-ab.
  • Thoth juga dikenal sebagai dewa bulan dan digambarkan dengan bulan sabit di kepala. Bentuk bulan sabit di kepalanya ini juga dikenal sebagai mahkota Atef.
  • Dewa Thoth dikreditkan dengan penemuan geometri, astronomi, dan obat-obatan.
  • Thoth dikenal memainkan peran penting dalam legenda Osiris dan Isis. Dikisahkan bahwa Osiris dibunuh oleh Dewa Set (saudaranya) dan kemudian tubuhnya dipotong-potong. Isis, kekasih Osiris, menerima saran dari Thoth mengenai cara membangkitkan kembali tubuh Osiris yang telah terpotong-potong.
  • Tefnut, putri Ra, dikisahkan pernah meninggalkan Mesir akibat bertengkar dengan ayahnya. Thoth memainkan peran penting dalam membawa Tefnut kembali ke Mesir.
  • Thoth dikenal memiliki tugas menanyai jiwa orang yang sudah mati. Thoth akan bertanya perihal perbuatan orang tersebut di masa lalu.
  • Dewa Thoth bertindak sebagai penengah dalam 3 pertempuran penting. Pertempuran antara Ra dan 'Apep' adalah yang pertama, pertempuran kedua terjadi antara 'Heru-Bekhutet' dan 'Set'. Sedang pertempuran ketiga terjadi antara Horus dan Set.
    Dalam tiga pertempuran tersebut, para dewa, Ra, Heru-Bekhutet dan Horus mewakili kekuatan yang baik, sedangkan lawan mereka sering dianggap sebagai kekuatan jahat.
  • Dalam 3 pertempuran penting tersebut, Thoth memainkan peran menyembuhkan mereka yang terluka parah.
  • Aleister Crowley, yang menerbitkan buku 'The Book of Thoth', beperan besar dalam mempopulerkan Thoth ke masyarakat modern.

No comments: