Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Nov 9, 2012

Raksasa Purba Ditemukan di Dekat Kota Paris

Ilmuwan menemukan fosil gajah purba (mammoth) yang masih utuh. Fosil raksasa purba itu ditemukan di dekat kota Paris, Perancis, tepatnya wilayah Changis-Sur-Marne, daerah aliran sungai Marne.

Gajah purba yang ditemukan diperkirakan memiliki tinggi 2,74 meter dan gading yang lebih panjang. Menurut ilmuwan raksasa yang kemudian dinamai Helmut itu mati saat usia 30 tahun, usia yang tergolong muda bagi gajah.

Arkeolog mengatakan, penemuan ini adalah salah satu penemuan arkeologi terbesar di abad 21. "Beberapa arkeolog telah menghabiskan waktu dalam hidupnya memimpikan penemuan seperti ini tapi tak memiliki keberuntungan," Greg Bayle, arkeolog pimpinan studi ini.

Yang menarik, fosil raksasa ini ditemukan bersama pisau batu. Para arkeolog berpendapat, hal tersebut menunjukkan bahwa ada manusia, diduga golongan Neanderthals, yang memburu dan membunuh gajah purba itu untuk dimakan.

Stephen Pean, arkeolog lain yang terlibat penemuan, seperti dikutip Daily Mail, Rabu (7/11/2012), mengatakan, "Pisau batu itu menunjukkan adanya manusia di sekitar mammoth. Dan, hal ini akan membantu kita memahami lebih baik tentang Neanderthals yang hidup sezaman dengan mammoth."

Penggalian penemuan gajah purba tersebut dimulai Juli 2012 lalu. Penggalian relatif mudah dilakukan sebab fosil terkubur di tanah berpasir. Dalam 10 hari, fosil akan dibawa ke Natural History Museum di Paris. Arkeolog akan merekontruksi kembali fosil tersebut.

No comments: