Sejarah Dunia Kuno

Welcome to the Year 2019, The Year of open Doors

Jan 1, 2019

Republik Romawi

Republik Romawi adalah fase dari Kebudayaan Romawi kuno yang ditandai dengan bentuk pemerintahan republik. Periode Republik Romawi dimulai dari penggulingan Kerajaan Roma (ca. 509 SM), dan diikuti oleh berbagai perang saudara. Pada masa Republik Romawi pula terjadi perang terkenal yang bernama Perang Punic antara Republik Romawi dengan Kekaisaran Kartago. Kapan tepatnya Republik Romawi berakhir masih belum disetujui oleh para sejarawan, tergantung definisi yang digunakan. Sebagian sejarawan mengusulkan penunjukan Julius Caesar sebagai diktator seumur hidup pada 44 SM), dan sebagian lainnya mengusulkan Pertempuran Actium (2 September 31 SM), dan sebagian lainnya mengusulkan pemberian kekuasaan penuh bagi Octavianus pada 16 Januari 27 SM sebagai tanggal berakhirnya Republik Romawi dan berdirinya Kekaisaran Romawi.

Pemerintahan Republik Romawi diatur oleh adat, tradisi dan hukum. Secara garis besar, pemerintahan dijalankan bersama-sama oleh tiga pihak: dua orang konsul, senat, dan golongan Pleb.

Lembaga politik

Senat
Senat memiliki wewenang yang disebut Senatus consultum, yaitu pertimbangan senat untuk hakim dan biasanya dipatuhi oleh para hakim. Meskipun secara teknis tidak punya peran resmi dalam konflik militer, pada praktiknya Senat adalah pihak yang mengawasi urusan-urusan seperti itu. Senat juga mengatur administrasi masyarakat sipil. Persyaratan untuk menjadi seorang senator yaitu memiliki tanah senilai minimal 100.000 denarii, terlahir dari golongan bangsawan, dan telah memegang jabatan publik minimal sekali.

Dewan Legislatif
Dewan Legislatif memiliki kewenangan untuk menentukan hakim, memvonis hukuman mati, mengurusi menyatakan perang dan perjanjian damai, dan membentuk persekutuan. Ada dua macam dewan legislatif. Yang pertama adalah comitia yang merupakan dewan dari semua kelompok masyarakat. Yang kedua adalah concilia yang merupakan dewan dari kelompok masyarakat tertentu.

Dewan Centuria
Masyarakat Roma dikelompokan berdasarkan centuria-centuria dan suku-suku. Centuria-centuria dan suku-suku berkumpul membentuk kelompok mereka sendiri yang disebut Comitia Centuriata (Dewan Centuria). Pemimpin Dewan Centuria biasanya adalah seorang konsul. Dewan Centuria berwenang memilih hakim-hakim (konsul,praetor, dan censor), mengesahkan hasil suatu sensus, menyatakan perang, dan mengurusi kasus yudisial tertentu.

Dewan Suku
Dewan suku (Comitia Tributa) dipimpin oleh seorang konsul dan terdiri dari tiga puluh lima suku. Suku-suku tersebut tidak didasarkan pada pertalian etnik atau kekerabatan tetapi lebih kepada pembagian wilayah geografis. Dewan suku berwenang memilih quaestor, curule, aedile, dan tribunal militer.

Dewan Pleb
Dewan Pleb adalah perwakilan dari kelompok Pleb. Mereka memilih pejabat mereka sendiri, tribunal pleb, dan tribunal aedile. Biasanya tribunal pleb yang memimpin Dewan Pleb. Kelompk ini bisa bertindak sebagai pengadilan banding.

Hakim Eksekutif
Tiap hakim dapat membatalkan keputusan dari hakim yang setara atau di bawah tingkatannya, tribunal pleb dan tribunal aedile. Hakim-hakim terdiri dari konsul, praetor, censor, aedile, quaestor, tribunal, dan diktator.

1 comment:

Anonymous said...

"BUKTI ISRAEL / YAHUDI UMAT PILIHAN ALLAH" ....

1. Penemu Pesawat :
OrviLLe Wright & WiLbur Wright
(Keturunan Yahudi) .

2. Penemu MobiL :
Ferdinand Verbiest
(Keturunan Yahudi) .

3. Penemu Sepeda Motor :
Baron KarLs Drais
(Keturunan Yahudi) .

4. Penemu Listrik & BoLa Lampu :
MichaeL Faraday & Thomas ALva Edison
(Keturunan Yahudi)

5. Penemu Komputer :
CharLes Babage
(Keturunan Yahudi) .

6. Penemu Android :
Andy Rubin
(Keturunan Yahudi) .

7. Penemu Facebook
Mark Zuckerberg
(Keturunan Yahudi) .

8. Penemu GoogLe :
Larry Page & Sergey Bin
(Keturunan Yahudi) .

9. Penemu Mesin Cetak
Johan Guttenberg
(Keturunan Yahudi) .

10. Penemu Jam :
Peter HenLein
(Keturunan Yahudi) .

11. Penemu Radio :
GuigLermo Marconi
(Keturunan Yahudi) .

12. Penemu TeLevisi :
John Logie Baird
(Keturunan Yahudi) .

13. Penemu Wifi :
Seorang perempuan
Hady Lamarr
(Keturunan Yahudi) .

14. Penemu WhatsApp :
Jan Koum
(Keturunan Yahudi) .

15. Penemu Instagram :
Kevin Systrom & Mike Kriger
(Keturunan Yahudi) .

16. Penemu Twitter :
Jack Doresy
(Keturunan Yahudi) .

17. Penemu Microsoft, sekaLigus Orang Terkaya di Dunia :
BiLL Gates
(Keturunan Yahudi)

18. Penemu Mesin Tenun :
Sir Richard Arkwight
(Keturunan Yahudi)

19. Penemu Bom Atom :
FeLix BLoch
(Keturunan Yahudi) .

20. Penemu ILmu Fisika :
ALbert Einstein
(Keturunan Yahudi) .

21. Penemu Obat-Obatan Penyakit yang Mematikan :
Gertrude BeLLe ELion , PauL EhrLich & Arron Beck
(Keturunan Yahudi) .

22. Penemu ALternating Current (AC) :
NikoLa TesLa
(Keturunan Yahudi) .

23. Penemu Lampu LaLu Lintas :
CharLes EdLer
(Keturunan Yahudi) .

✡ Dan yang meraih NobeL Terbanyak di dunia adaLah keturunan Yahudi .. .

✡ Penemu apa saja di dunia seLaLu keturunan Yahudi / IsraeL.
Artinya : Mereka sudah jadi berkat kepada semua bangsa-bangsa samapi hari ini. Kecerdasan mereka teLah mengubah dunia .. .

✡ Yahudi / IsraeL seLaLu diberkati secara ekonomi meskipun negara gurun pasir .. .

✡ Yahudi / IsraeL seLaLu diberkati secara teknoLogi canggih, dan Lain sebagainya .. .

✡ Janji TUHAN untuk bangsa IsraeL (Kitab Yosua 21 : 45) "Dari segala yang baik yang dijanjikan TUHAN kepada kaum Israel, tidak ada yang tidak dipenuhi; semuanya terpenuhi. Tahun 2019 menurut kaLender masehi adaLah 5779 menurut kaLender Yahudi, seLama 5779 tahun IsraeL eksis, bertahan dari berbagai perang, pembuangan, penjajahan, genosida (HoLocaust). Intifada hingga sekarang menjadi negara maju dengan inovasi sains di berbagai bidang. IsraeL adaLah contoh bagi umat TUHAN masa kini tentang penyertaan, pemuLihan, dan penggenapan Firman TUHAN yang disampaikan daLam ALkitab .. .

✡ TUHAN Berfirman kepada Musa : BeginiLah harus kamu memberkati orang IsraeL, katakan kepada mereka :
TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau;
TUHAN menyinari engkau dengan WAJAH-NYA dan memberi engkau kasih karunia;
TUHAN menghadapkan WAJAH-NYA kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera. (Bilangan 6 : 24 - 26)

✡ Aspek-aspek kehidupan IsraeL teLah menjadi teLadan bagi bangsa-bangsa. Karena itu, kita tidak punya aLasan apapun untuk membenci bangsa IsraeL .. .

***