Sejarah Dunia Kuno

Welcome to the Year 2019, The Year of open Doors

Apr 2, 2016

Neolitikum

Sekitar 7000 SM populasi manusia di Yunani mulai bertambah secara signifikan. Ini kemungkinan terjadi karena perubahan iklim yang memicu orang untuk bermigrasi dari Turki ke Yunani. Pada masa ini, semakin sulit untuk memperoleh makanan hanya melalui berburu dan mengumpulkan. Oleh karena itu, banyak orang yang mulai bertani. Bertani membutuhkan tenaga yang lebih banyak namun dapat menghasilkan makanan yang banyak pula. Selain pertanian, orang juga mulai beternak kambing dan domba.

Pada 5800 SM, ada sebuah desa kecil yang disebut Nea Nikomedia. Penghuni desa ini tinggal di rumah kecil dari kayu dan lumpur. Mereka sudah mampu membuat tembikar dari tanah liat. Kemungkinan mereka mempelajari pembuatan tembikar dari orang Asia Barat. Untuk melindungi desa dari orang jahat, Nea Nikomedia dikelilingi oleh pagar kayu dan dua parit. Di desa lain di dekatnya, yakni, Makriyalos, mayat-mayat manusia dilemparkan ke parit tanpa dikuburkan, kemungkinan korban perang.

Sekitar 5000 SM, orang mulai menggunakan pondasi batu untuk membangun rumah, dan desa dilindungi oleh dinding batu yang dilengkapi gerbang rumit untuk mencegah penyerang masuk. Mereka mungkin bertempur menggunakan tombak, gada, umban, dan panah. Mereka menyukai tembikar dan yang berhiaskan corak merah dan putih, dan ada pula perdagangan tembikar antardesa. Tembikar terbaik pada masa ini dihasilkan di desa Sesklo.

Desa-desa lainnya mencoba meniru tembikar Sesklo namun tak pernah mampu menyamainya. Pada masa ini pula, desa-desa di Yunani sudah cukup besar untuk memilih pemimpin yang bertugas mengelola desa, menyelesaikan sengketa, dan memimpin perang.

Sekitar 4000 SM, desa Sesklo hancur akibat kebakaran, yang bisa jadi berasal dari kelalaian warganya atau mungkin karena peperangan melawan kaum pendatang baru.

Kelompok orang baru bermukim dan membangun desa-desa di Yunani, salah satu desa baru ini adalah Dimini yang memiliki satu bangunan besar di tengahnya, serta memiliki beberapa dinding batu di sekelilingnya dengan gerbang rumit. Nea Nikomedia dan Sesklo juga memiliki satu rumah besar di tengah desa. Kemungkinan rumah besar ini ditempati oleh pemimpin desa yang mewariskan kekuasaan secara turun temurun.

No comments: