Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Sep 11, 2015

Peradaban dan Keruntuhan Suku Maya dan Aztec

Suku Maya merupakan salah satu suku asli di Amerika dan merupakan peradaban tua yang ada di Amerika. Suku Maya sendiri terletak di Meksiko Selatang dan Amerika Tengah. Wilayah Kerajaan Maya meliputi Semenanjung Yukatan (Meksiko), Hounduras, dan Guatemala. Pusat peradabannya di Semenanjung Yukatan.

Suku Aztec, sama seperti suku Maya. Suku Aztec merupakan salah satu suku dan peradaban tertua di Amerika khususnya di Mexico. Nama Meksiko sendiri diambil dari nama ibu kota kuno suku Aztec, yaitu Mexico-Tenochtitlan. Jika nama Meksiko sendiri diambil dari nama ibu kota kuno suku Aztec, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa peradaban maju seperti Aztec pernah mendiami daerah Meksiko saat ini. peradaban Aztec sendiri berdiri sekitar tahun 1298 M dan mencapai puncak kejayaannya pada tahun 1450 M. Kerajaan Aztec mengalami kehancuran setelah datangnya bangsa Spanyol, dengan Raja terakhirnya Monte Zuma II. Pusat kerajaan Aztec berada di daerah Semenanjung Yukatan.

Ketika individu atau kelompok tinggal disuatu tempat kemudian saling berinteraksi dan melakukan kegiatan yang dilakukan secara terus menurus, maka akan menjadi sebuah kebiasan. Dari kebiasaan itu akan lahir sebuah kebudayaan. Sebagaimana yang dikatakan oleh Koentjaraningrat yang mengatakan bahwa ada 7 unsur dari sebuah kebudayaan begitu pun dengan perdaban Maya dan Aztec ini.

Kebudayaan Suku Maya

Bahasa
Bahasa yang digunakan oleh bangsa/ suku Maya adalah Bahasa Maya. Bahasa ini masih digunakan oleh bangsa Maya pada saat ini.

Kesenian
Mampu membangun kota terbesar di dunia, kota Theotihuakan yang dihuni 100.00 penduduk. Tikal, situs tertua didunia yang berbentuk pyramid (piramida kastilo) bersisi terjal. Kota dongeng Manchu Picchu bertengger mengakangi gunung yang sempit, menjulang pada ketinggian 600 m diatas lembah sungai Urubamba.

Sistem Religi
Suku Maya mempercayai banyak dewa atau politeisme dengan mengorbankan nyawa manusia sebagai bagian dari ritual kepercayaan tersebut. Hingga saat ini, ritual pengorbanan masih dilakukan oleh keturunan Maya, namun darah yang digunakan adalah darah ayam.

Sistem Teknologi
Suku Maya mampu mendirikan bangunan dengan nama Chichen Itza dan membangun kanal untuk kepentingan pertanian dan penanaman jagung dan latex dengan sangat bagus. Selain itu, suku ini telah mampu membangun sumur untuk air bersih di atas puncak perbukitan, bahkan mereka menciptakan zumpul–ché yang di masa kini mirip dengan sauna modern, yang berfungsi untuk mandi keringat di dinding batu dan langit-langit, dengan lubang kecil dibagian atas langit-langit.

Sistem Mata Pencaharian
Mata pencaharian suku Maya mayoritas berburu dengan panah yang disebut dengan Atlatl, yang ujungnya dilumuri racun untuk melumpuhkan hewan buruannya. Selain berburu, masyarakat suku Maya juga bertani dan berdagang untuk memenuhi kebutuhah hidup sehari-hari.

Organisasi Sosial
Dalam kehidupan masyarakat suku Maya terdapat hirarki yang membagi masyarakat dalam beberapa kelas sosial. Dimana golongan elit atau kelas atas adalah mereka yang kaya yang biasanya memimpin ritual dan memiliki hak-hak istimewa seperti menuntut ilmu. Dan mereka yang berada di kelas bawah adalah golongan petani dan budak.

Sistem Ilmu Pengetahuan
Dalam hal sistem pendidikan, suku Maya telah mengenal sistem penulisan yang dituliskan dalam huruf yang mirip dengan Hierogliyph untuk mencatat peristiwa penting seperti peristiwa kelahiran dan kematian raja-raja Maya. Selain itu mereka juga ahli dalam bidang astronomi, penanggalan, dan aritmatika.

Kebudayaan Suku Aztec

Bangsa Aztec berasal dari kelompok suku bangsa Toltek dari utara yang kemudian mendiami dataran tinggi Meksiko. Peradaban Aztec berkembang di daerah Meksiko. Bangsa Aztec bukan merupakan bangsa inovator, melainkan sebagai bangsa yang mampu memadukan berbagai keunggulan budaya di daerah sekitarnya dengan peninggalan budaya klasik. Adapun kebudayaannya adalah sebagai berikut :

Bahasa
Bahasa yang digunakan oleh suku Aztec diyakini adalah bahasa Nahuatl, salah satu bahasa yang paling banyak dituturkan di keluarga bahasa Pribumi Amerika di Meksiko dan di Amerika utara secara keseluruhan.Dituturkan oleh lebih dari 1,5 juta orang-orang di Meksiko, dan di bawah "Hukum hak Ilmu bahasa" Nahuatl dikenali sebagai "bahasa nasional" yang mempunyai "status" yang sama di Meksiko seperti Bahasa Spanyol dan bahasa lainnya berasal dari pribumi Meksiko.

Kesenian
Kesenian dan arsitektur telah maju pesat, terutama dalam seni lukis dan seni bangunan. Bangunan besar dan megah dibuat dengan menggunakan bahan batu, pasir dicampur semen sehingga kuat dan halus. Bangunan piramida dibangun untuk memuja dewa. Bangsa Aztec memiliki seni bangun atau arsitektur yang amat tinggi. Sudah mengenal dekorasi patung.

Sistem Religi
Bangsa Aztec adalah bangsa yang gemar berperang, bagi mereka perang merupakan bagian dari budaya sendiri dan bagian dari sistem kepercayaan. Bangsa Aztec menyembah banyak dewa atau politheisme. Mereka menyembah dewa matahari yaitu Huitzilochti. Mereka mempercayai bahwa matahari adalah sumber kehidupan dan harus terus dipelihara, agar terus beredar pada orbitnya dan berputar terbit dan tenggelam. Untuk itu diperlukan pelumas yang murni yaitu darah manusia. Mereka meyakini bahwa pengorbanan manusia merupakan tugas suci dan wajib dilakukan agar dewa matahari tetap memberikan kemakmuran bagi manusia. Upacara pengorbanan dilakukan diatas altar dipuncak piramid dengan cara mengambil jantung korban untuk pendeta. Upacara pengorbanan manusia juga dilakukan secara masal dengan cara membunuh banyak orang.

Sistem Mata Pencaharian
Sebagian besar mata pencaharian Bangsa Aztec adalah berdagang dan bertani, namun tidak sedikit juga sebagai pengrajin emas dan lain-lain.

Organisasi Sosial
Penduduk Aztec dapat dibedakan atas tiga kelas. Kelas atas ditempati pendeta dan ksatria. Kelas kedua diduduki pekerja, pengrajin bebas, dan sedikit kaum pedagang. Sedangkan kelas terendah terdiri atas budak.

Sistem Teknologi
Sudah mengenal teknologi pertanian, transportasi seperti rakit yang terbuat dari rotan.

Keruntuhan peradaban Maya dan Aztec masing-masing dikarenakan oleh

Bangsa Spanyol yang mulai melakukan penjelajahan ke Benua Amerika diawali oleh Pelayaran Christopher Columbus (1451-1506) yang bermaksud untuk menemukan jalan jalan pintas ke India lewat jalur Barat.
Penjelajahan bangsa Spanyol ke benua Amerika diikuti dengan penaklukan dan kolonisasi. Hernando Cortez (1485-1547) berhasil mencapai Meksiko dan menaklukkan kerajaan Aztec yang dikuasai kaisar Montezuma. Sisa-sisa peradaban Aztec dihancurkannya dengan kejam.
Intinya dengan adanya kolonisasi yang dilakukan oleh bangsa Spnyol, maka peradaban Aztec pun dihancurkan.

No comments: