Sejarah Dunia Kuno

Welcome to the Year 2019, The Year of open Doors

Jan 12, 2015

Makam "Dewa Akhirat" dan Istri Firaun Ditemukan di Mesir

Dua makam kuno yang diyakini sebagai makam Dewa Osiris atau dikenal sebagai "dewa akhirat" dan makam istri Raja Firaun yang misterius ditemukan di dua lokasi yang berbeda di Mesir.
 
Makam "dewa akhirat" ditemukan dalam sebuah ruang bawah tanah di lokasi makam kuno di Al-Gorna, sebelah barat Luxor. Menteri Purbakala Mesir, Mamdouh Eldamaty, kepada Al Ahram, memuji penemuan penting itu.
 


Dewa Osiris dalam kepercayaan masyarakat Mesir Kuno dikenal sebagai "dewa akhirat dan neraka".
 
Sementara itu, makam ratu Mesir kuno yang diyakini istri Raja Firaun Neferefre, belum diketahui nama aslinya. Dia merupakan istri raja Firaun Neferefre yang memerintah sekitar 4.500 tahun yang lalu.
 
Berbeda dengan makam Dewa Osiris, makam istri Firaun ditemukan di Abu Sir, sebuah makam Kerajaan Kuno, tak jauh dari Kairo. Beberapa bangunan Piramida yang tersohor itu diyakini juga didedikasikan untuk Raja Firaun dari Dinasti Kelima, termasuk Neferefre.
 
Menteri Eldamaty, dalam sebuah pernyataan mengatakan, nama asli istri Raja Firaun Neferefre belum diketahui. Namun, ada dugaan nama istri Firaun itu adalah Khentakawess."Untuk pertama kalinya kami telah menemukan nama ratu ini telah diketahui sebelum penemuan makamnya," kata Eldamaty.
 
Ratu itu dikenal sebagai Khentakawess III. Nama dan jabatan dari sosok yang ada dalam makam kuno, lanjut dia, biasanya tertulis di dinding bagian dalam makam.
 
"Penemuan ini akan membantu kita menjelaskan aspek-aspek tertentu yang tidak diketahui dari Dinasti Kelima, yang (ditemukan) bersamaan dengan temuan dari Dinasti Keempat, yang menyaksikan pembangunan Piramida pertama," lanjut dia.
 
Miroslav Barta, Kepala Institut Egyptology, kelompok misi penemuan makam kuno Mesir, mengatakan makam itu ditemukan di kompleks pemakaman Neferefre . "Ini membuat kita percaya bahwa ratu itu adalah istrinya,"

No comments: