Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Jun 13, 2012

Asal Usul Nenek Moyang Dari Asia

Nenek moyang monyet, kera, dan manusia kemungkinan berasal dari Asia, bukan dari Afrika seperti yang selama ini diyakini oleh sejumlah ilmuwan. Teori baru ini didukung oleh fosil yang baru ditemukan di Asia Tenggara.

Asal-usul antropoid, kelompok simian atau "primata tingkat tinggi," yang beranggotakan monyet, kera, dan manusia selama ini masih menjadi perdebatan di kalangan ilmuwan. Meski fosil yang digali di Mesir menunjukkan bahwa Afrika adalah tanah kelahiran antropoid, tulang elulang lain yang ditemukan dalam 15 tahun terakhir menguak kemungkinan bahwa Asia adalah tempat kelahiran mereka.

Teori ini menggeser teori sebelumnya yang menyatakan nenek moyang manusia berasal dari Afrika. Teori baru ini diungkapkan oleh tim ahli palaeontologi, setelah mereka menemukan fosil gigi Afrasia djijidae di Myanmar.

Bentuk fosil gigi antropoid ini mirip fosil Afrotarsius libycus, yang ditemukan di Libya, sehingga menjadi penghubung rantai evolusi yang hilang antara Afrika dan Asia. Bentuk gigi kedua spesies ini menunjukkan bahwa mereka adalah pemakan serangga.

Kemiripan antara Afrasia dan Afrotarsius melahirkan gagasan bahwa antropoid bermigrasi dari Asia dan membuat kolonisasi di Afrika.

"Afrasia tidak hanya membantu menutup kasus tentang evolusi pertama antropoid di Asia, tapi juga mengatakan kepada kita bahwa nenek moyang pertama manusia justru berjalan ke Afrika," kata Chris Beard, paleontolog, di Carnegie Museum of Natural History, Amerika Serikat.

Namun jangan dibayangkan bentuk leluhur manusia ini seperti hominid pada umumnya. Karena memang tidak demikian. Berdasarkan ukuran fosil gigi yang ditemukan, kedua spesies leluhur manusia itu diperkirakan berukuran 3,5 ons, kira-kira bentuknya seperti tarsius modern.

Tim peneliti menemukan empat fosil gigi yang sama setelah enam tahun melakukan penggalian dan pemilahan berton-ton sedimen di daerah dekat Nyaungpinle di pusat Myanmar. Temuan tim yang melibatkan ilmuwan dari University of Poitiers, Prancis, ini sempat membelah pakar paleontologi di seluruh dunia, khususnya kapan dan bagaimana antropoid Asia awal membuat jalan dari Asia ke Afrika.

Maklum saja, karena perjalanan ke Afrika pada saat itu tidaklah mudah. Sebab, ada sebuah laut yang lebih luas dibanding Laut Mediterania modern disebut Laut Tethys memisahkan Asia dan Afrika. Sementara penemuan fosil Afrasia tidak banyak membantu mereka memecahkan misteri rute awal antropoid menuju benua Hitam. "Hal ini menunjukkan kolonisasi terjadi relatif baru, hanya sesaat sebelum fosil manusia purba pertama ditemukan dalam catatan fosil Afrika," ujar Beard.

Profesor Jean-Jacques Jaeger dari University of Poitiers mengatakan temuan fosil antropoid Afrasia djijidae di Myanmar menunjukkan salah satu keturunan dari antropoid awal telah membuat kolonisasi di Afrika sekitar 37-38 juta tahun lalu. Namun keragaman antropoid awal lebih banyak diketahui dari situs Libya yang menghasilkan Afrotarsius libycus.

Penemuan ini menjadi terobosan untuk menguak hubungan antara Afrasia djijidae dan Afrotarsius libycus. "Ini merupakan patokan penting untuk penentuan tanggal kolonisasi Afrika oleh antropoid Asia," ujar Jaeger. "Afrika adalah tempat asal manusia dan Asia adalah tempat kelahiran nenek moyang kita."(tbt)

No comments: