Sejarah Dunia Kuno

The Year of God Opening the Doors for Miracles

Friday, September 9, 2011

Misteri Seputar Kain Kafan Yesus

Para arkeolog di Kota Tua Yerusalem menemukan kain kafan yang diperkirakan pernah digunakan untuk menyelimuti jenazah Yesus. Penemuan itu menyebabkan kain kafan Turin yang diyakini sebagai kain pembungkus tubuh Yesus dipertanyakan keasliannya.

Kontroversi seputar makam dan kain kafan Yesus Kristus terus saja bergulir. Dua tahun lalu umat Nasrani?khususnya para pejabat Vatikan?dikejutkan berita yang memuat tentang penemuan makam Kristus yang berlokasi di Talpiot, Yerusalem. Hal ini tentu berseberangan dengan keyakinan bahwa lokasi penyaliban sekaligus makam Kristus berada dalam Gereja Makam Kristus.

Baru-baru ini kontroversi kembali mencuat seiring penemuan terbaru para arkeolog di sebuah gua di Hinnom Valley, dekat Kota Tua Yerusalem. Sebelumnya, potongan kain kafan yang dipercaya sebagai pembungkus jenazah Yesus ditemukan di Italia dan tidak pernah sekalipun ditemukan di Yerusalem. Para ahli yang sempat mengamati struktur dan desain kain menuturkan bahwa kain kafan yang ditemukan di Kota Tua Yerusalem sungguh berbeda dengan kain kafan Turin.

?Kain Turin terbuat dari tenunan kain kepar (kain yang menghasilkan efek paralel diagonal). Kain kepar hanya digunakan pada Abad Pertengahan,? ujar Profesor Shimon Gibson, arkeolog yang menemukan gua di Hinnom Valley. Lantas apa hubungan Abad Pertengahan dengan kain kafan yang diyakini sebagai pembungkus Yesus? Abad Pertengahan (Medieval) adalah periode waktu antara abad 5?15 Masehi. Sementara itu,Yesus hidup antara tahun 4?30 Masehi.

?Kain kafan yang ditemukan di Yerusalem menunjukkan adanya praktik menenun yang biasa dilakukan orang-orang pada masa kehidupan Yesus," imbuhnya. Kain yang ditemukan itu dibuat lewat cara menenun sederhana yang dibentuk dari dua jalinan saja. Perdebatan mengenai kain kafan Yesus tampaknya akan sulit melebur.

Bulan lalu seorang peneliti Vatikan, Barbara Frale menyatakan bahwa dia menemukan tulisan berbunyi ?Jesus Nazarene? pada lembar kain kafan Turin. Penemuan ini lantas dianggap sebagai bukti bahwa kain linen tersebut pernah melekat di tubuh Yesus. Frale menambahkan, pihaknya telah melakukan serangkaian analisis foto terhadap kain kafan Turin.

Hasilnya, kain kafan Turin menampakkan sederet tulisan dalam bahasaYunani, Aramik, dan Latin. Tulisan dalam 3 bahasa ini pun sudah teruji keasliannya. Kini, penemuan kain kafan di sebuah gua di Hinnom Valley mendadak muncul dalam jalur yang bertolak belakang dengan keyakinan atas keaslian kain kafan Turin.

Kain kafan ini ditemukan tim arkeolog dari Hebrew University dan Albright Research Institute yang keduanya berlokasi di Yerusalem. Pintu masuk gua ini tertutup rapat oleh sebongkah batu besar. Para ilmuwan telah melakukan tes DNA, dan hasilnya kini telah didapatkan. Gua di Hinnom Valley ini merupakan makam seorang pria yang sepanjang hidupnya menderita penyakit lepra. Pria ini akhirnya meninggal setelah sebelumnya terjangkit tuberkulosis

No comments:

Tuhan 2014 Tahun Dibukanya Pintu Pintu Mujizat

Yesus berkata "Akulah Jalan Kebenaran dan Hidup

Hakikatku adalah yang aku pikirkan, bukan apa yang aku rasakan

Selagi ada cinta tidak perlu ada lagi pertanyaan

Kebanyakan orang mengatakan bahwa kecerdasanlah yang melahirkan seorang ilmuwan besar. Mereka salah, karakterlah yang melahirkannya.

Tanda kecerdasan sejati bukanlah pengetahuan tapi imajinasi.

Imajinasi lebih berharga daripada ilmu pengetahuan. Logika akan membawa Anda dari A ke B. Imajinasi akan membawa Anda kemanamana.

Tidak ada eksperimen yang bisa membuktikn aku benar, namun sebaliknya sebuah eksperimen saja bisa membuktikan aku salah.

Dunia ini adalah sebuah tempat yang berbahaya untuk didiami, bukan karena orangorangnya jahat, tapi karena orangorangnya tak perduli.

Mencari kebenaran lebih bernilai dibandingkan menguasainya.

Hidup itu seperti naik sepeda. Agar tetap seimbang, kau harus terus bergerak.

Sudah saatnya citacita kesuksesan diganti dengan citacita pengabdian.

Lebih mudah mengubah plutonium dari pada mengubah sifat jahat manusia.

Tidak ada yang lebih merusak martabat pemerintah dan hukum negeri dibanding meloloskan undangundang yang tidak bisa ditegakkan.

Belajarlah dari masa lalu, hiduplah untuk masa depan. Yang terpenting adalah tidak berhenti bertanya.

Generasigenerasi yang akan datang akan kehilangan keyakinan bahwa manusia akan berjalan di muka bumi dengan darah dan daging.

Nilai manusia terletak pada apa yang bisa dia terima.

Orang berjiwa besar akan selalu menghadapi perlawanan hebat dari orangorang picik.

Barangsiapa yang tidak pernah melakukan kesalahan, maka dia tidak pernah mencoba sesuatu yang baru

Hal yang paling sukar dipahami di dunia ini adalah pajak penghasilan.

Kebahagiaan dalam melihat dan memahami merupakan anugerah terindah alam.

Hanya ada dua cara menjalani kehidupan kita. Pertama adalah seolah tidak ada keajaiban. Kedua adalah seolah segala sesuatu adalah keajaiban.

Usaha pencarian kebenaran dan keindahan merupakan kegiatan yang memberi peluang bagi kita untuk menjadi kanakkanak sepanjang hayat.

Kalau kau tidak bisa menjelaskannya dengan gamblang/sederhana, maka kau belum cukup memahaminya.

Di tengahtengah kesulitan ada kesempatan.

Kita tidak bisa memecahkan masalah kita dengan pemikiran yang sama pada saat kita menciptakannya.

Ini sungguh mengejutkan bahwa teknologi telah melebihi kemanusiaan kita.

Rahasia dari kreativitas adalah mengetahui cara menyembunyikan sumber kreativitas kita itu.