Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Sep 8, 2011

Arsitek Prancis Usulkan Eksplorasi Baru Piramida

Seorang arsitek Prancis tengah mengupayakan izin untuk melakoni eksplorasi anyar pada Piramida Giza yang kini berusia 4.500 tahun. Menurutnya piramida tersebut memiliki dua ruangan rahasia yang selama ini belum diketahui publik.

Arsitek itu adalah Jean-Pierre Houdin, yang tiga tahun lalu pernah mengajukan izin kepada pemerintah Mesir untuk meneliti bagaimana piramida dibangun. Sayang permintaannya saat itu ditolak.

Kali ini Houdin kembali mencoba peruntungannya dengan mengungkapkan adanya dua ruangan rahasia di dalam Piramida Giza. Hal itu diketahui melalui simulasi tiga dimensi serta data dari ahli kebudayaan Mesir asal Amerika Serikat, Bob Brier.

Menurut Houdin kedua ruangan itu menyimpan furnitur yang bisa digunakan oleh pharaoh Khufu, atau yang dikenal warga Yunani sebagai Cheops, di dunia selanjutnya.

"Saya yakin, terdapat ruangan (rahasia) dalam piramida ini. Yang saya inginkan adalah menemukan ruangan itu," cetus Houdin

Maret 2007 lalu, Houdin mengemukakan teori bahwa piramida dibangun dari dalam ke luar dengan menggunakan jalur spiral internal, bukannya jalur eksternal seperti yang selama ini diyakini banyak orang.

Houdin mengusulkan untuk meneliti dugaan itu lebih dalam dan melakukan ekspedisi dengan menggunakan sinar infra merah, radar, serta metode non-invasif lainnya. Namun ide tersebut langsung ditolak pemerintah Mesir.






No comments: