Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Jul 11, 2017

Tradisi Penyaliban

Penyaliban mungkin pertama dimulai di Persia. Alexander Agung memperkenalkan praktek ke Mesir dan Carthage, dan Roma tampaknya telah belajar dari orang Carthage. Meskipun Roma tidak menciptakan penyaliban, mereka menyempurnakannya sebagai bentuk penyiksaan dan hukuman mati yang dirancang untuk menghasilkan suatu kematian perlahan-lahan dengan nyeri maksimum dan penderitaan. Itu adalah salah satu metode yang paling tercela dan eksekusi  yang kejam dan biasanya disediakan hanya untuk budak, orang asing, revolusioner, dan penjahat. Hukum Romawi biasanya melindungi warga Roma dari penyaliban, kecuali mungkin dalam hal pembelotan tentara.

Dalam bentuknya yang paling awal di Persia, korban diikat ke pohon atau diikat atau tertusuk pada posisi tegak, biasanya untuk menjaga kaki korban bersalah dari menyentuh tanah yang kudus. Baru kemudian digunakan salib ditandai dengan sebuah tonggak tegak lurus (stipes) dan palang horisontal (patibulum), dan memiliki beberapa variasi:

Infelix Lignum - pohon
* Crux simpleks - tonggak tegak lurus
* Crux composita - stipes dan patibulum
* Crux humilis - palang rendah
* Crux sublimis -palang tinggi
* Crux commissa - palang berbentuk T (Tau)
* Crux immissa - palang berbentuk t (Latin)
* Crux capitata - palang berbentuk t (Latin)
Crux decussata - palang berbentuk silang, X

Meskipun bukti-bukti arkeologi dan sejarah kuat mengindikasikan bahwa salib berbentuk T (Crux commissa)  - Gambar 1,  lebih disukai oleh orang Romawi di Palestina pada zaman Kristus (Gambar 1), namun praktek penyaliban sering bervariasi di wilayah geografis tertentu dan sesuai dengan imajinasi para algojo, dan bentuk-bentuk salib dan Latin lainnya mungkin juga telah digunakan.

Telah menjadi tradisi bagi si terhukum untuk memikul salib sendiri dari pos cambuk ke tempat penyaliban luar tembok kota. Dia biasanya telanjang, kecuali ini dilarang oleh adat istiadat setempat. Karena berat seluruh salib itu mungkin lebih dari £ 300 (136 kg), hanya mistar gawang dilakukan (Gambar 1). The patibulum, beratnya 75-125 lb. (34-57 kg) ditempatkan di tengkuk korban dan seimbang di kedua bahu. Biasanya, lengan terentang diikat pada mistar gawang. Prosesi ke tempat penyaliban dipimpin oleh penjaga Romawi lengkap militer, dipimpin oleh seorang perwira. Salah satu tentara membawa tanda (titulus) di mana nama si terhukum dan kejahatan yang ditampilkan (Gambar 1). Kemudian, titulus akan dipasang di puncak salib, dengan paku atau tali, tepat di atas kepala korban.

Di lokasi eksekusi, oleh hukum, korban diberi minum anggur pahit dicampur dengan mur (empedu) sebagai analgesik ringan. Pidana tersebut kemudian dibuang ke tanah, memunggung dengan lengan terentang sepanjang patibulum tersebut.

Tangan bisa dipaku atau diikat ke palang, tapi dipaku tampaknya lebih disukai oleh Roma. Lokasi paku di pergelangan tangan, antara tulang pergelangan tangan dan tulang lengan (Gambar 2). Mungkin melewati antara unsur-unsur tulang dan dengan demikian tidak menghasilkan cedera ke batang arteri utama dan tanpa patah tulang.

Para ahli arkeologi menemukan sisa-sisa tubuh yang disalibkan, ditemukan di sebuah osuarium dekat Yerusalem dan berasal dari masa Kristus, menunjukkan penggunaan paku besi yang runcing sekitar 5 sampai 7 inch (13 sampai 18 cm) panjang dengan poros persegi 3 / 8 inch (1 cm). Selanjutnya, temuan osuarium dan Kain Kafan dari Turin telah mendokumentasikan bahwa paku umumnya didorong melalui pergelangan tangan bukan telapak tangan (Gambar 2).

Setelah kedua lengan yang tetap ke palang, patibulum dan korban, bersama-sama, diangkat ke stipes. Pada salib rendah, empat tentara bisa dengan relatif mudah mencapainya. Namun, pada salib tinggi, para prajurit menggunakan garpu kayu atau tangga.

Posisi kaki diatur bersusun, kaki kanan di atas, baik dengan paku atau tali. Temuan Osuarium dan Kain Kafan dari Turin menunjukkan bahwa dipaku adalah praktik yang disukai Romawi. Meskipun kaki bisa tetap ke sisi stipes atau ke pijakan kaki kayu (suppedaneum), kaki biasanya dipakukan langsung ke depan stipes (Gambar 3).

Para prajurit dan orang sipil sering mengejek dan mencemooh si terhukum, dan para prajurit lazim membagi pakaian terhukum di antara mereka sendiri. Panjang hidup umumnya berkisar dari tiga atau empat jam untuk tiga atau empat hari dan dapat berbanding terbalik tergantung tingkat keparahan pencambukan. Namun, bila pencambukan relatif ringan, para prajurit Romawi bisa mempercepat kematian dengan mematahkan kaki di bawah lutut (erurifragium atau skelokopia).

Penusukkan Dada

Sudah menjadi tradisi bahwa salah satu penjaga Romawi akan menembus tubuh terhukum dengan pedang atau tombak infanteri standar, yang  panjangnya 5 sampai 6 kaki (1,5-1,8 m), agar bisa dengan mudah mencapai dada orang yang disalibkan di kayu salib rendah. Tombak melukai jantung melalui sisi kanan dada - luka fatal.

Setiap luka tampaknya dimaksudkan untuk menghasilkan penderitaan yang intens, dan memberikan kontribusi penyebab kematian.

Dari luar saja, luka-luka penyesahan akan menyakitkan saat menggesek kayu kasar stipes. Akibatnya, darah akan semakin mengalir dari belakang dan terus berlanjut sepanjang siksaan penyaliban. Terhukum kehilangan darah yang cukup besar. Ketika korban dilemparkan dengan punggung di tanah untuk persiapan penusukan tangan, luka cambukan yang menganga pun terkontaminasi dengan kotoran. Tidak jarang, serangga akan terbang di atas luka terbuka atau mata, telinga, dan hidung korban  yang sekarat dan tak berdaya, dan burung-burung pemangsa akan mengoyaknya.

Selain itu, adalah merupakan tradisi pula untuk meninggalkan mayat di kayu salib untuk dilahap oleh hewan buas. Namun hukum Romawi membolehkan keluarga dari orang yang terkutuk itu mengambil jenazahnya untuk dimakamkan, setelah mendapat izin dari hakim Romawi. Tetapi itu hanya bisa dilakukan bila tentara itu yakin bahwa korban sudah mati. Penjaga Romawi tidak akan meninggalkan korban sampai mereka yakin kematiannya.

No comments: