Sejarah Dunia Kuno

Lion of Judah Open Doors 2019

Mar 29, 2011

Hari Penghakiman

"karena kamu sendiri tahu benar-benar, bahwa hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam. Apabila mereka mengatakan: Semuanya damai dan aman --maka tiba-tiba mereka ditimpa oleh kebinasaan [kehancuran], seperti seorang perempuan yang hamil ditimpa oleh sakit bersalin-- mereka pasti tidak akan luput. (1 Tesalonika 5:2-3)

Dalam ayat ini kita membaca tentang orang-orang yang percaya bahwa kita tidak dapat mengetahui tanggal dari peristiwa kedatangan Kristus. Mereka percaya bahwa Kristus akan datang seperti seorang pencuri di waktu malam. Dan itu adalah apa yang dimengerti oleh jemaat-jemaat selama masa kerja gereja berlangsung. Yaitu, tidak seorangpun yang dapat mengetahui. Kristus akan datang seperti seorang pencuri di waktu malam. Akan tetapi, Alkitab juga mengajarkan bahwa ketika kita masuk ke dalam periode dari Masa Siksaan Yang Dahsyat, yang sekarang telah berlangsung selama 22 tahun, Tuhan akan akan memberikan kepada kita tanggal yang tepat. Hal ini terjadi karena orang-orang percaya yang sejati harus memperingatkan dunia bahwa Hari Penghakiman akan segera tiba. Dan supaya dapat melakukan hal itu, mereka harus mengetahui tanggalnya.

Kitab Pengkhotbah 8:5 menekankan demikian:

"Siapa yang mematuhi perintah tidak akan mengalami perkara yang mencelakakan [yaitu lolos dari Hari Penghakiman], dan hati orang berhikmat mengetahui waktu pengadilan [yaitu mengetahui baik tentang waktu maupun pengadilan - KJV]"

Jadi Tuhan memberikan peringatan kepada orang-orang yang percaya bahwa mereka adalah orang-orang percaya. Mereka yakin bahwa mereka adalah orang-orang yang percaya, akan tetapi mereka bersikeras bahwa kita tidak dapat mengetahui tanggalnya. Kita hanya dapat mengetahui bahwa Kristus akan datang seperti seorang pencuri di waktu malam.

Kitab 1 Tesalonika 5 adalah pasal yang sangat penting. Dalam kalimat permulaan dari 1 Tesalonika 5:3 kita membaca demikian:

"Apabila mereka mengatakan: Semuanya damai dan aman..."

Ayat ini menunjuk kepada semua orang yang percaya bahwa Kristus akan datang seperti seorang pencuri pada waktu malam. Dan mereka benar-benar percaya bahwa mereka sudah siap untuk bertemu dengan Kristus. Mereka tidak perlu khawatir apakah Ia akan datang malam ini atau 100 tahun dari sekarang. Mereka berkata, "Kami sudah siap. Dan kami mengetahui bahwa Ia akan datang seperti seorang pencuri di waktu malam". Kemudian Tuhan memberikan peringatannya, dan kata-kata ini berasal dari mulut Tuhan (2 Timotius 3:16). Kita membaca dalam 1 Tesalonika 5:3 demikian:

"Apabila mereka mengatakan: Semuanya damai dan aman --maka tiba-tiba mereka ditimpa oleh kebinasaan [yaitu kehancuran - KJV], seperti seorang perempuan yang hamil ditimpa oleh sakit bersalin-- mereka pasti tidak akan luput."

Dengan kata lain, kita dapat menghubungkan hal ini dengan perintah Tuhan dalam kitab Yehezkiel pasal 18 dan Yehezkiel pasal 33 dimana Tuhan memerintahkan orang-orang percaya yang sejati untuk berjaga-jaga. Ketika mereka melihat bahwa saatnya sudah dekat, mereka harus memperingatkan dunia. Mereka harus membantu supaya dunia mengetahui tanggal dari peristiwa kedatangan Kristus.

Tetapi jika mereka berpikir bahwa Kristus akan datang seperti seorang pencuri di waktu malam, mereka tidak dapat melakukan hal itu. Mereka tidak dapat mematuhi perintah ini. Dan disini dalam kitab 1 Tesalonika pasal 5, Tuhan berkata bahwa mereka akan "ditimpa oleh kehancuran yang tiba-tiba", yaitu mereka akan masuk ke dalam Hari Penghakiman. Sesungguhnya Alkitab juga memberitahukan mengenai pencuri dalam kitab Yohanes 10:10 demikian:

"Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan [menghancurkan - KJV]; Aku datang [pada peristiwa kayu salib], supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan."

Kemudian 1 Tesalonika pasal 5 melanjutkan untuk menekankan bahwa pada saat yang sama ada orang-orang percaya yang lain yang berjaga-jaga. Mereka adalah anak-anak Terang. Mereka mengetahui kapan Kristus akan datang, karena mereka mendengarkan dan siap untuk patuh kepada seluruh Alkitab. 1 Tesalonika 5:4-9 berkata demikian:

"TETAPI kamu, saudara-saudara, kamu tidak hidup di dalam kegelapan, sehingga hari itu tiba-tiba mendatangi kamu seperti pencuri, karena kamu semua adalah anak-anak terang dan anak-anak siang. Kita bukanlah orang-orang malam atau orang-orang kegelapan. Sebab itu baiklah jangan kita tidur seperti orang-orang lain, tetapi berjaga-jaga dan sadar. Sebab mereka yang tidur [rohani], tidur waktu malam dan mereka yang mabuk [rohani], mabuk waktu malam. Tetapi kita, yang adalah orang-orang siang, baiklah kita sadar, berbajuzirahkan iman dan kasih, dan berketopongkan pengharapan keselamatan. Karena Allah tidak menetapkan kita untuk ditimpa murka, tetapi untuk beroleh keselamatan oleh Yesus Kristus"

Ini adalah masalah yang sangat serius. Apa yang dapat saya beritahukan kepada anda adalah bacalah dan pelajarilah pasal ini dengan sangat berhati-hati. Waktunya sudah sangat dekat, hanya ada beberapa minggu saja yang tersisa sampai kita tiba pada tanggal 21 Mei 2011.

No comments: