Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Jun 3, 2017

Kemerdekaan Israel 1948 menggenapi nubuatan banyak nabi

Tetapi Engkau, ya YAHWEH, bersemayam untuk selama-lamanya, dan nama-Mu tetap turun-temurun. Engkau sendiri akan bangun, akan menyayangi Sion, sebab sudah waktunya untuk mengasihaninya, sudah tiba saatnya. (Maz 102:13-14)

Setiap tanggal 14 April dunia mengingat suatu perkara yang ajaib: Israel hidup kembali sebagai  sebuah negara yang merdeka, di tanahnya sendiri. 
Untuk bangsa Israel, moderator Senjata Rohani weblog mengucapkan, “Selamat Merdeka, Israel! Kuatkan dan teguhkan hatimu, sebab Elohim YAHWEH, Elohim nenek moyangmu besertamu! 
Berpeganglah teguh kepada seluruh perintah-Nya, maka engkau akan berhasil dan menjadi berkat bagi bangsa-bangsa!
Alkitab menulis bahwa bangsa Israel adalah bangsa yang dipilih oleh Elohim untuk menjadi saluran berkat bagi bangsa-bangsa (Abraham: Kej 12:3; 22:18; Ishak: Kej 26:4; Yakub: Kej 28:14). Nubuatan raja Daud pada Mazmurnya di atas dan lahirnya kembali negara Israel, bangsa Israel hidup di tanah air mereka kembali, di tahun 1948 adalah suatu bukti bahwa YAHWEH, Elohim Israel, menggenapi firman-Nya. 

Artikel ini menunjukkan banyak nabi Israel seperti Yehezkiel, Yeremiah, Amos, Yesaya bahkan Musa telah menubuatkan lahirnya kembali negara Israel. Nubuatan mereka tersebut telah tertulis dari rentang waktu sediktinya 2519 tahun sampai 3388 tahun sebelum tahun 1948. 

Film “Against All Odds:  In the search of Miracles“ (kumpulan peristiwa-peristiwa yang “aneh” tetapi nyata di abad 20  juga suatu bukti dari pemeliharaan dan perlindungan YAHWEH atas Israel sebagai suatu bangsa dan negara. 

Lahirnya kembali negara Israel sungguh Ajaib
Nabi Yehezkiel Pelayanannya: 593-571 BC, pada jaman Zedekia, raja Yehuda. Di waktu pembuangan ke Babilon, Irak. Lihat Yeh 1:1-3 dan 29:17.

a. Nubuatan kapan Israel akan dibangun kembali Bendera Israel dan buah Zaitun
Berbaringlah engkau pada sisi kirimu dan Aku akan menanggungkan hukuman kaum Israel atasmu. Berapa hari engkau berbaring demikian, selama itulah engkau menanggung hukuman mereka. Beginilah Aku tentukan bagimu: Berapa tahun hukuman kaum Israel, sekian harilah engkau menanggung hukuman mereka, yaitu tiga ratus sembilan puluh hari. Kalau engkau sudah mengakhiri waktu ini, berbaringlah engkau untuk kedua kalinya, tetapi pada sisi kananmu dan tanggunglah hukuman kaum Yehuda empat puluh hari lamanya; Aku menentukan bagimu satu hari untuk satu tahun. (Yeh 4:4-6)

Elohim menghukum Israel kuno  selama 430 tahun atas dosa penyembahan berhala. Nubuatan ini menurut ahli kitab Grant Jeffrey tepat menggenapi tahun kemerdekaan Israel 1948. 

  1. Penduduk Yahuda dibuang ke Babilon, dan Koresh/ Cyrus (Raja Parsi)  mengalahkan Babilon di tahun 539 BC. Sekitar tahun 536  raja Koresh/ Cyrus memperbolehkan orang Yahudi (penduduk Yahuda dipembuangan) kembali ke tanah mereka, ini tepat 70 tahun setelah Yehuda dikalahkan raja Nebukadnezar (Babilon). Perbuatan Koresh menggenapi nubuatan nabi Yeremia.
  2. Karena sebagian besar orang pembuangan ini memilih untuk tinggal di Babilon dan tetap menyembah berhala, sisa tahun hukuman 360 tahun (= 430-70) ditambah 7 kali sesuai firman YAHWEH (Imamat 26:18-28) yaitu menjadi 2520 tahun.
  3. Kalender Yahudi berdasarkan kalender lunar, 2520 tahun dalam kalender modern (matahari) akan menjadi 2484 tahun. (~2520x360hari:365hari)
  4. 2484 tahun dari tahun 536 BC adalah tahun 1948, dimana Israel merdeka kembali.

b. Nubuatan bahwa Israel akan dihidupkan kembali.
Lalu aku bernubuat seperti diperintahkan-Nya kepadaku. Dan nafas hidup itu masuk di dalam mereka, sehingga mereka hidup kembali. Mereka menjejakkan kakinya, suatu tentara yang sangat besar. Firman-Nya kepadaku: “Hai anak manusia, tulang-tulang ini adalah seluruh kaum Israel. Sungguh, mereka sendiri mengatakan: Tulang-tulang kami sudah menjadi kering, dan pengharapan kami sudah lenyap, kami sudah hilang. Oleh sebab itu, bernubuatlah dan katakan kepada mereka: Beginilah firman Adonai YAHWEH (the Lord GOD): Sungguh, Aku membuka kubur-kuburmu dan membangkitkan kamu, hai umat-Ku, dari dalamnya, dan Aku akan membawa kamu ke tanah Israel. Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah YAHWEH, pada saat Aku membuka kubur-kuburmu dan membangkitkan kamu, hai umat-Ku, dari dalamnya. Aku akan memberikan Roh-Ku ke dalammu, sehingga kamu hidup kembali dan Aku akan membiarkan kamu tinggal di tanahmu. Dan kamu akan mengetahui bahwa Aku, YAHWEH, yang mengatakannya dan membuatnya, demikianlah firman YAHWEH.” (Yeh 37:10-14). Lihat juga Yeh 34:13.

c. Nubuatan bahwa negara Israel akan  lahir sebagai satu kerajaan, bukan dua (Yehuda dan Samaria/ Israel Utara). Kemudian datanglah firman YAHWEH kepadaku: “Hai engkau anak manusia, ambillah sepotong papan dan tulis di atasnya: Untuk Yehuda dan orang-orang Israel yang bersekutu dengan dia. Kemudian ambillah papan yang lain dan tulis di atasnya: Untuk Yusuf–papan Efraim–dan seluruh kaum Israel yang bersekutu dengan dia. Gabungkanlah keduanya menjadi satu papan, sehingga keduanya menjadi satu dalam tanganmu. (Yeh 37:15-17), katakanlah kepadanya: Beginilah firman Adonai YAHWEH (the Lord GOD): Sungguh, Aku menjemput orang Israel dari tengah bangsa-bangsa, ke mana mereka pergi; Aku akan mengumpulkan mereka dari segala penjuru dan akan membawa mereka ke tanah mereka. Aku akan menjadikan mereka satu bangsa di tanah mereka, di atas gunung-gunung Israel, dan satu raja memerintah mereka seluruhnya; mereka tidak lagi menjadi dua bangsa dan tidak lagi terbagi menjadi dua kerajaan. (Yeh 37:21-22)

Pada jaman nabi Yehezkiel, kerajaan Israel yang terdiri dari 12 suku dipecah oleh Elohim menjadi dua kerajaan; Yehuda dua suku, dan Samaria 10 suku dibawah raja Yerobeam. Kedua kerajaan ini dikuasai oleh dua kerajaan besar yang berbeda Babilonia menguasai yang pertama dan Assur menguasai yang kedua.

Nabi Yeremiah
Kitabnya ditulis dari 627 sampai sekitar 586 BC. Pelayanan kenabiannya dimulai pada jaman raja Yosiah sampai Zedekiah

a. Exodus kedua Israel dinubuatkan.
Sebab itu, demikianlah firman YAHWEH, sesungguhnya, waktunya akan datang, bahwa tidak dikatakan orang lagi: Demi YAHWEH yang hidup yang menuntun orang Israel keluar dari tanah Mesir!, melainkan: Demi YAHWEH yang hidup yang menuntun orang Israel keluar dari tanah utara dan dari segala negeri ke mana Ia telah menceraiberaikan mereka! Sebab Aku akan membawa mereka pulang ke tanah yang telah Kuberikan kepada nenek moyang mereka. (Yer 16:14-15)
Exodus ini, berbeda dengan Exodus pertama, disebabkan penganiayaan Nazi dan Komunis Rusia. Kemudian menyusul dari negara-negara lainnya, seperti Ethiopia, Irak, Iran, Burma dll.
b. Nubuatan bahwa Israel akan dipatrol/ dijaga oleh YAHWEH dari musuh-musuhnya
Dengarlah firman YAHWEH, hai bangsa-bangsa, beritahukanlah itu di tanah-tanah pesisir yang jauh, katakanlah: Dia yang telah menyerakkan Israel akan mengumpulkannya kembali, dan menjaganya seperti gembala terhadap kawanan dombanya! Sebab YAHWEH telah membebaskan Yakub, telah menebusnya dari tangan orang yang lebih kuat dari padanya. (Yer 31:10-11)

Nabi Amos
Ditulis sekitar 750 BC pada jaman Yerobeam II raja Israel Utara, atau Uzia raja Yehuda. Di masa pembuangan ke Asyur, Irak utara dan sekitarnya. Lihat Amos 1:1.
Israel akan dikembalikan ke tanah mereka dan makmur kembali.
Aku akan memulihkan kembali umat-Ku Israel: mereka akan membangun kota-kota yang licin tandas dan mendiaminya; mereka akan menanami kebun-kebun anggur dan minum anggurnya; mereka akan membuat kebun-kebun buah-buahan dan makan buahnya. Maka Aku akan menanam mereka di tanah mereka, dan mereka tidak akan dicabut lagi dari tanah yang telah Kuberikan kepada mereka,” firman YAHWEH, Elohimmu. (Amos 9:14-15)
Nabi Yesaya
Pelayanannya sekitar 767-716 BC. Yesaya hidup pada waktu bersamaan dengan nabi Mika, selama pemerintahan Uzia (Uzziyah; Strengh of Yah), Jotam, Ahas dan Hezekhia,(Strengthened of Yah) raja-raja Yehuda. Sebelum pembuangan ke Babilon. Yes 1:1
Nubuat Exodus kedua akan datang dari jauh,utara, barat dan dari tanah Sinim
  • Maka sekarang firman YAHWEHTentara Israel berhasil merebut kembali kota Yerusalem, yang membentuk aku sejak dari kandungan untuk menjadi hamba-Nya, untuk mengembalikan Yakub kepada-Nya, dan supaya Israel dikumpulkan kepada-Nya–maka aku dipermuliakan di mata YAHWEH, dan Elohimku menjadi kekuatanku–,firman-Nya: … Lihat, ada orang yang datang dari jauh, ada dari utara dan dari barat, dan ada dari tanah Sinim.” (Yes 49:5,12). Ayat 20-21 adalah konflik dekade sekarang: perluasan pembangunan rumah tinggal di ‘tanah pendudukan.’
    Sinim: beberapa ahli menduga sebagai tanah China dikenal sebagai “Tschin” artinya “a Chinaman,” Ref.: Albert Barnes, Notes on the Bible.
  • Nubuat status Israel (Sion/Zion) sebagai umat YAHWEH akan dipulihkan dan akan dijaga sepanjang 24 jam.

    Oleh karena Sion aku tidak dapat berdiam diri, dan oleh karena Yerusalem aku tidak akan tinggal tenang, sampai kebenarannya bersinar seperti cahaya dan keselamatannya menyala seperti suluh. (1) Engkau tidak akan disebut lagi “yang ditinggalkan suami”, dan negerimu tidak akan disebut lagi “yang sunyi“, tetapi engkau akan dinamai “yang berkenan kepada-Ku” dan negerimu “yang bersuami“, sebab YAHWEH telah berkenan kepadamu, dan negerimu akan bersuami. (4) Di atas tembok-tembokmu, hai Yerusalem, telah Kutempatkan pengintai-pengintai. Sepanjang hari dan sepanjang malam, mereka tidak akan pernah berdiam diri. Hai kamu yang harus mengingatkan YAHWEH kepada Sion, janganlah kamu tinggal tenang Orang akan menyebutkan mereka “bangsa kudus”, “orang-orang tebusan YAHWEH”, dan engkau akan disebutkan “yang dicari”, “kota yang tidak ditinggalkan”.  (Yes 62:1,4,6,12).  Juga Yes 49:19.
  • Israel akan dilahirkan kembali dengan segera, ”dalam satu hari .”
    Sebelum menggeliat sakit, ia sudah bersalin, sebelum mengalami sakit beranak, ia sudah melahirkan anak laki-laki. Siapakah yang telah mendengar hal yang seperti itu, siapakah yang telah melihat hal yang demikian? Masakan suatu negeri diperanakkan dalam satu hari, atau suatu bangsa dilahirkan dalam satu kali? Namun baru saja menggeliat sakit, Sion sudah melahirkan anak-anaknya. Masakan Aku membukakan rahim orang, dan tidak membuatnya melahirkan? firman YAHWEH. Atau masakan Aku membuat orang melahirkan, dan menutup rahimnya pula? firman Elohimmu. Bersukacitalah bersama-sama Yerusalem, dan bersorak-soraklah karenanya, hai semua orang yang mencintainya! Bergiranglah bersama-sama dia segirang-girangnya, hai semua orang yang berkabung karenanya! (Yes 66:7-10)

    Ayat-ayat ini menubuatkan dengan tepat apa yang terjadi pada hari ”kelahiran” tersebut:
Kemerdekaan Israel bukan hasil menang perang, tidak mengalami rasa sakit yang berat.
Beberapa jam sebelum Pernyataan Kemerdekaan dinyatakan, PBB mencabut perintah penguasaan Britania Raya atas tanah Israel, yang dinamai saat itu tanah Palestina, yang berarti secara tiba-tiba negara Israel ”keluar kembali dari rahim” setelah 2900 tahun terhilang dari peta politik.

Belum mencapai 24 jam hari kemerdekaannya, Israel diserang oleh negara-negara tetangganya (Mesir, Syria, Yordania, Irak dan Arab Saudi). Penderitaan dan sakit akibat perang terjadi setelah ia lahir.

Nabi Musa
Kemungkinan kitab Taurat ditulis 1400-1440 BC, setelah keluar dari Mesir dan sebelum bangsa Israel masuk ke Tanah Perjanjian, Tanah Kanaan.
Nubuatan bangsa Israel akan terserak namun dikumpulkan kembali. Maka YAHWEH, Elohimmu, akan memulihkan keadaanmu dan akan menyayangi engkau. Ia akan mengumpulkan engkau kembali dari segala bangsa, ke mana YAHWEH, Elohimmu, telah menyerakkan engkau. Sekalipun orang-orang yang terhalau dari padamu ada di ujung langit, dari sanapun YAHWEH, Elohimmu, akan mengumpulkan engkau kembali dan dari sanapun Ia akan mengambil engkau. YAHWEH, Elohimmu, akan membawa engkau masuk ke negeri yang sudah dimiliki nenek moyangmu, dan engkaupun akan memilikinya pula. Ia akan berbuat baik kepadamu dan membuat engkau banyak melebihi nenek moyangmu. (Ul 30:3-5)

Nubuatan ini menunjukkan bahwa Musa nabi yang special, Ia diperlihatkan YAHWEH sekitar 869 tahun kemuka, yakni sebelum pembuangan bangsa Yehuda ke Babel (1440-593; dari akhir pelayanan nabi Yehezkiel di atas) dan 3388 tahun ke muka, yakni sebelum negara Israel lahir kembali (1440+1948). YAHWEH berjanji kepada Israel bahwa seorang nabi SEPERTI nabi Musa yang dasyat ini akan diberikan dikemudian hari – telah genap 2000 tahun yang lalu.

Jelas terlihat bahwa Alkitab ditulis berdasarkan ilham Roh Kudus, Alkitab adalah Firman Elohim.
Nubuatan ketika disampaikan nampak ”nonsance” untuk akal yang paling sehat sekalipun, namun jika nubuatan itu datangnya dari Elohim maka nubuatan tersebut akan tergenapi pada waktu-Nya.

Pelajaran untuk kita yang hidup saat ini: Karikatur Dry Bones Kemerdekaan bangsa Israel

1. Dari ayat ini: Hiburkanlah, hiburkanlah umat-Ku, demikian firman Elohimmu, tenangkanlah hati Yerusalem dan serukanlah kepadanya, bahwa perhambaannya sudah berakhir, bahwa kesalahannya telah diampuni, sebab ia telah menerima hukuman dari tangan YAHWEH dua kali lipat karena segala dosanya. (Isa 40:1-2),  kita mengerti bahwa: YAHWEH, Elohim Sebaot (Elohim Semesta alam) telah mematahkan penghambaan bangsa-bangsa atas Israel dan telah mengampuni dosa Israel – menerima kembali Israel sebagai umat pilihan-Nya. Karenanya, siapa yang melawan Israel berarti = memberontak melawan Elohim Sebaot. Berhati-hatilah!

2. Nubuatan Alkitab yang belum terjadi: perang Armagedon, Yeshua Ha Mashiah datang kembali sebagai hakim, Sorga dan Neraka, yang kedengarannya “nonsance” juga akan tergenapi pada waktu-Nya. Pesan Yeshua pada setiap orang yang hidup di akhir jaman ini:  Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu. Tetapi tentang hari atau saat itu [hari kembalinya Yeshua Ha Mashiah] tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja.” “Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya tiba.” (Mar 13:31-33)

Paulus mengulangi peringatan Adonai Yeshua untuk kita semua: Tetapi tentang zaman dan masa, saudara-saudara, tidak perlu dituliskan kepadamu, karena kamu sendiri tahu benar-benar, bahwa hari Yahweh datang seperti pencuri pada malam. Apabila mereka mengatakan: Semuanya damai dan aman–maka tiba-tiba mereka ditimpa oleh kebinasaan, seperti seorang perempuan yang hamil ditimpa oleh sakit bersalin–mereka pasti tidak akan luput. (1Tes 5:1-3)

No comments: