Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Sep 15, 2014

Pesta Domus Aurea Kaisar Nero

Domus Aurea (The Golden House/Rumah Emas) adalah manor pesta mewah milik Nero yang dibangun untuk dirinya serta para tamunya yang cabul dan suka berlebih-lebihan, dan dirinya sendiri menggunakan manor tersebut hampir setiap hari selama 4 tahun. Para ahli juga tidak begitu mengetahui seberapa besar tempat itu, dengan luas sekitar 40.5 hektar ditengah Roma, diseberang Palatine, Caelianm dan juga bukit Esquiline. Sekarang ini, situs ini dikubur dibawah bangunan yang ada setelahnya, dan sekarang ini sedang digali. Ruang-ruang baru ditemukan disepanjang waktu, dengan lukisan dinding dan juga arsitektur yang tidak tersentuh semenjak Nero berkuasa.

Pesta Domus Aurea Kaisar Nero, Pesta Terliar Sepanjang Sejarah Oleh Unik Segiempat

Pesta yang sering dilakukan disini adalah salah satu pesta terliar sepanjang sejarah. Dan kemewahan yang dibangun Nero tersebut diluar dari nalar manusia, dan Rumah Emas adalah salah satu alasan pemberontakan yang pada akhirnya mengusir dirinya keluar Roma. Masyarakat Roma kelaparan, dan Nero mengacuhkan mereka, menghibur teman-teman kaya dan politiknya. Domus sendiri mungkin memiliki luas maksimal 121 hektar, termasuk danau artisifial, padang rumput ternak, dan juga hutan belukar luas yang terawat. Hutan tersebut dulunya adalah "taman" dimana Nero berjalan-jalan dimalam hari, mengikat umat Kristen di tiang, lalu membakarnya.

Bangunan utama Domus Aurea ini adalah kubah raksasa, dengan seluruh dinding eksterior berlapis emas. Dinding interior serta lantainya adalah batu yang dilapisi dengan marmer padat, dihiasi dengan gading gajah, berlapiskan intan, rubi, safir, dan batu mulia lainnya. Nero membangun patung perunggu dirinya sendiri, yaitu Colossus Neronis, dengan tinggi 35 meter dan diletakkan tepat diluar pintu masuk utama. Ada sekitar 300 ruangan di Domus ini, dan tidak ada satupun ruangan didalamnya yang berupa kamar tidur.

Bangunan ini sendiri hanya memiliki satu tujuan, yaitu digunakan untuk tempat pesta. Dupa-dupa dibakar diseluruh bangunan ini, dan ruang makan tengah adalah kumpulan batu bulat yang dapat memutar seluruh ruangan, dengan para tamu yang makan didalamnya, dan dapat mengubah warna langit-langit ruangan tersebut.

Lantai dari semua ruangan yang ada pada bangunan ini dibuat sedemikian rupa agar satu ruangan yang menangkap sinar matahari akan dipantulkan pada lantai lainnya. Ada sedikit sekali informasi tentang pesta-pesta tertentu yang diselenggarakan di Domus, dan hal ini mungkin dikarenakan karena pesta itu sendiri dilakukan setiap malam. Tidak hanya pesta minuman keras dan makanan, pesta "hubungan intim" juga dilakukan disana.

No comments: