Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Jan 15, 2013

Suhu Meningkat 3 Kali Lebih Cepat Di Antartika Barat

Penemuan ini menimbulkan kekhawatiran lebih lanjut tentang kontribusi masa depan Antartika terhadap kenaikan permukaan laut, studi baru menemukan bahwa lapisan es bagian barat Antartika mengalami pemanasan hampir dua kali lebih banyak seperti yang diduga sebelumnya.

Peningkatan Suhu Antartika Barat

Byrd Station, West Antarctic Ice Sheet (WAIS), mencatat peningkatan suhu tahunan rata-rata dari 2.4 derajat Celcius sejak 1958, tiga kali lebih cepat dari kenaikan suhu rata-rata di seluruh dunia.

Menurut David Bromwich, profesor geografi di Ohio State University dan ilmuwan senior di Byrd Polar Research Center, bahwa peningkatan suhu hampir dua kali lipat apa yang penelitian sebelumnya dan mengungkapkan tren pemanasan selama bulan-bulan musim panas di belahan bumi selatan.

Peneliti mempertimbangkan laporan WAIS yang sangat sensitif terhadap perubahan iklim, karena dasar lapisan es terletak di bawah permukaan laut dan rentan terhadap kontak langsung dengan air laut yang hangat. Pencairan es saat ini berkisar 0.3 mm meningkat setiap tahun, memberikan kontribusi terhadap kenaikan permukaan laut diperkirakan 0,7 mm per tahun.

Penemuan ini dipublikasikan secara online dalam Jurnal Nature Geoscience 2012, Central West Antarctica among the most rapidly warming regions on Earth.

No comments: