Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Jan 15, 2013

Obat Herbal Chang Shan Turunkan Demam Malaria

Chang Shan, Obat herbal Cina yang digunakan selama ribuan tahun untuk mengobati demam yang berhubungan dengan penyakit malaria, kini telah ditemukan berkat struktur resolusi tinggi.

Struktur obat herbal Chang Shan menunjukkan secara rinci bagaimana atom senyawa berkepala dua berasal dari bahan aktif dalam penelitian. Para ilmuwan telah mengetahui bahwa senyawa yang disebut Halofuginone (turunan Febrifugine) dapat menekan bagian sistem kekebalan tubuh, tapi tak ada yang tahu persis bagaimana semua itu terjadi.

Proses Kimia Pada Obat Herbal Chang Shan


Obat herbal Chang Shan juga dikenal sebagai Dichroa Febrifuga Lour, membantu menurunkan demam malaria karena bahan kimia halofuginone dalam ramuan mengganggu proses yang sama dalam parasit malaria, membunuh penyakit dalam aliran darah penderita yang terinfeksi.



Struktur baru halofuginone menghentikan pergerakan molekuler yang melakukan Aminoacylation, proses biologis penting yang memungkinkan organisme untuk mensintesis protein yang dibutuhkan untuk hidup. Hasil penelitian telah memecahkan misteri yang membingungkan orang-orang tentang mekanisme kerja obat herbal Chang Shan, bahan ini mengobati demam akibat infeksi malaria yang digunakan sejak 2000 tahun atau lebih.

Aminoacylation merupakan langkah penting dalam sintesis protein, produk akhir dari ekspresi gen. Urutan DNA terlebih dahulu terbaca dan ditranskripsi menjadi RNA, molekul yang sama. RNA kemudian diterjemahkan menjadi protein, secara kimiawi sangat berbeda dari DNA dan RNA, tetapi terdiri dari rantai molekul asam amino yang dirangkai dalam urutan.

Proses penerjemahan merupakan seperangkat molekul yang dikenal sebagai RNA transfer (tRNA), yang dibawa asam amino ke rantai protein tumbuh di mana molekul ini akan ditambahkan. Tapi sebelum tRNA dapat memindahkan molekul, terlebih dahulu harus mengambilnya. Aminoacylation adalah proses biologis dimana mutiara asam amino yang melekat pada tRNA.

Sebuah kelas enzim yang dikenal sebagai aminoasil-tRNA sintetis, bertanggung jawab memasang asam amino ke tRNA. Gambaran proses ini pada dasarnya melibatkan molekul tRNA, asam amino, dan aminoasil-tRNA sintetase enzim.

Halofuginone telah di uji klinis untuk para penderita kanker, namun gambar resolusi tinggi dari molekul menunjukkan bahwa obat herbal Chang Shan memiliki modularitas yang akan membuatnya berguna sebagai bahan untuk membuat obat baru jenis penyakit lain.

No comments: