Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Aug 14, 2013

Windsor Castle

Menurut kamus online wordnetweb, rumah didefinisikan sebagai hunian yang berfungsi sebagai tempat tinggal untuk satu keluarga atau lebih. Lantas, apakah rumah terbesar di dunia? Windsor Castle (Kastil Windsor) di Berkshire, salah satu tempat tinggal resmi keluarga kerajaan Inggris adalah rumah terbesar di dunia yang dihuni. Bersama dengan Istana Buckingham di London dan Istana Holyrood di Edinburgh, Windsor Castle adalah salah satu dari tiga kediaman resmi keluarga kerajaan Inggris. Pada tahun 1952, Ratu Elizabeth II memutuskan menjadikan Windsor Castle sebagai tempat peristirahatan resmi akhir pekannya. Saat ini Windsor Castle digunakan untuk berbagai acara seperti jamuan makan resmi dan berbagai pesta.

Sejarah Windsor Castle

Windsor Castle dibangun di tempat di mana sebelumnya berdiri Manor of Clewer milik Raja Harold Godwinson. Raja Harold kehilangan Manor tersebut ketika dikalahkan dan dibunuh saat berperang melawan William Sang Penakluk. Manor of Clewer adalah sebuah kastil yang dibuat dari kayu. Pada abad ke-14, Raja Edward III membangun kembali kastil tersebut dengan batu. Pembangunan Windsor Castle memakan waktu hampir 24 tahun. William of Wykeham diberi tanggung jawab atas pembangunan kastil tersebut. Setelah itu, beberapa raja penerus menambahkan berbagai struktur ke Windsor Castle sekaligus memperbaiki bagian yang rusak. Pada tahun 1500-an, ketika wabah melanda London, Ratu Elizabeth I pindah ke Windsor Castle.



Setelah Perang Saudara Inggris pada abad ke-17, kastil tersebut menjadi markas bagi tentara Cromwell. Setelah monarki dipulihkan pada tahun 1660, keluarga kerajaan Inggris menghabiskan banyak waktu dan uang merenovasi Windsor Castle dan membuatnya sebagai salah satu tempat tinggal resmi mereka.

Fakta tentang Windsor Castle

Ada empat belas struktur penting yang membentuk Windsor Castle. Struktur tersebut tercantum di bawah ini:

    The Round Tower
    The Quadrangle
    The State Apartments
    Private Apartments
    South Wing
    Lower Ward
    St. George's Chapel
    Horseshoe Cloister
    King Henry VIII Gate
    The Long Walk
    Norman Gate
    North Terrace
    Edward III Tower
    The Curfew Tower

Windsor Castle menempati area seluas hampir 13 hektar atau setara dengan 45.000 meter persegi. Bangunan ini memiliki hampir 1000 kamar. Tidak hanya menjadi rumah terbesar yang dihuni, Windsor Castle juga menjadi rumah yang terus menerus dihuni sejak abad pertengahan. Seluruh kastil ini pernah direnovasi menyeluruh mulai tahun 1824 yang memakan waktu hingga 12 tahun, di bawah pengawasan arsitek Jeffry Wyatville. Terdapat dua raja yang lahir di Windsor Castle yaitu Edward III dan Raja Henry VI. Pada tahun 1992, Windsor Castle mengalami kebakaran hebat yang menghanguskan kapel pribadi ratu dan menghancurkan ruangan hampir 840 meter persegi. Akibat kebakaran itu, kerugian ditaksir mencapai 37 juta pound. 70% dari kerusakan ini dibayar dengan membuka beberapa ruangan di Istana Buckingham bagi umum untuk pertama kalinya.

No comments: