1.
Konflik Islam dengan Kristen
Para
penguasa muslim tidak melakukan islamisasi secara sempurna. Mereka sudah merasa
puas dengan hanya menagih upeti dari kerajaan-kerajaan Kristen taklukannya dan
membiarkan mereka mempertahankan hukum dan adat mereka, termasuk posisi hirarki
tradisional, asal tidak ada perlawanan bersenjata. Namun demikian, kehadiran
Arab Islam telah memperkuat rasa kebangsaan orang-orang Spanyol Kristen. Hal
itu menyebabkan kehidupan negara Islam di Spanyol tidak pernah berhenti dari
pertentangan antara Islam dan Kristen. Pada abad ke-11 M umat Kristen
memperoleh kemajuan pesat, sementara umat Islam sedang mengalami kemunduran.
2.
Tidak Adanya Ideologi Pemersatu
Kalau
di tempat-tempat lain para muallaf diperlakukan sebagai orang Islam yang
sederajat, di Spanyol, sebagaimana politik yang dijalankan Bani Umayyah di
Damaskus, orang-orang Arab tidak pernah menerima orang-orang pribumi.
Setidak-tidaknya sampai abad ke-10 M, mereka masih memberi istilah 'ibad dan
muwalladun kepada para muallaf itu, suatu ungkapan yang dinilai merendahkan.
Akibatnya, kelompok-kelompok etnis non Arab yang ada sering menggerogoti dan
merusak perdamaian. Hal itu mendatangkan dampak besar terhadap sejarah
sosio-ekonomi negeri tersebut. Hal ini menunjukkan tidak adanya ideologi yang
dapat memberi makna persatuan, disamping kurangnya figur yang dapat menjadi
personifikasi ideologi itu.
3.
Kesulitan Ekonomi
Di
paruh kedua masa Islam di Spanyol, para penguasa membangun kota dan
mengembangkan ilmu pengetahuan dengan sangat "serius", sehingga lalai
membina perekonomian. Akibatnya timbul kesulitan ekonomi yang amat memberatkan
dan menpengaruhi kondisi politik dan militer
4.
Tidak Jelasnya Sistem Peralihan Kekuasaan
Hal
ini menyebabkan perebutan kekuasaan diantara ahli waris. Bahkan, karena inilah
kekuasaan Bani Umayyah runtuh dan Muluk al-Thawaif muncul. Granada yang
merupakan pusat kekuasaan Islam terakhir di Spanyol jatuh ke tangan Ferdinand
dan Isabella, diantaranya juga disebabkan permasalahan ini.
5.
Keterpencilan
Spanyol
Islam bagaikan terpencil dari dunia Islam yang lain. Ia selalu berjuang
sendirian, tanpa mendapat bantuan kecuali dari Afrika Utara. Dengan demikian,
tidak ada kekuatan alternatif yang mampu membendung kebangkitan Kristen di
sana.
A.
Latar belakang Masalah
Penyerbuan
(Invasi) yang dilakukan bani Abbasiyah terhadap pemerintahan bani Umayyah yang
berpusat di Damaskus menjadikan kekhalifahan berpindah ke tangan bani Abbasiah.
Sebagaimana diketahui bahwa setelah merebut kekuasaan tidak berhenti sampai
disitu, melainkan pengikut-pengikut bani Abbasiah membantai seluruh keluarga
Bani Umayyah dengan semena-mena, walaupun demikian salah seorang anggota
keluarga bani Umayyah, Abdur Rahman I berhasil lolos dari ancaman maut
tersebut.
Nama
Lengkap beliau adalah Abdur Rahman bin
Mu’awiyah bin Hisyam bin Abdul Malik. Ia cucu Hasyim Abdul Malik, Khalifah ke
10 dinasti Umayyah di Damascus. Abdur Rahman I digelar ad-Dakhil ( penakluk;
yang masuk ), gelar ini terkait dengan
keberhasilan menaklukkan dan memasuki Spanyol setelah melalui perjuangan
berat[1]. beliau melakukan perjalanan
menuju Pelestina, Mesir, Aprika Utara dan akhinya masuk ke Andalusia ( Spanyol ) yang kemudian tahun 138 H / 755 M
didirikanlah kerajaan baru di negeri itu.
Sejak
Amir Abdur Rahman I berkuasa berhasil membawa rakyat Spanyol hidup tenteram demikian pula pada
Amir Abdrur Rahman II sampai kepada pemerintahan khalifah[2] Abdur Rahman III
bahkan umat Islam Spanyol pada masa ini mencapai puncak kemajuan dan Kejayaan
menyaingi kejayaan daulat Abbasiyah di Bagdad.
Abdur
Rahman III memerintah sejak 300-350 H/912-961 M dan merupakan penguasa Umayyah
terbesar di Spanyol, seluruh gerakan pengacau dan komplik politik dapat
diatasinya sehingga negara dapat diamankannya. Keberhasilan tersebut diikuti
penaklukan kota Elvira, Jain, Siville dan kekuatan Kristen dipaksa menyerah
kepadanya, ia juga berhasil menggagalkan cita-cita Fatimiyah untuk memperluas
wilayah kekuasaan di Spanyol[3].
Dan
sesudah itu beliau berhasil menciptakan
kemakmuran dan kemajuan Spanyol, ini dapat dilihat jalan raya dan sarana
pengadaan air minum, pertanian, industri, perdagangan dan pendidikan mengalami
kemajuan yang pesat pada masa itu.
Setelah
pemerintahan Abdur Rahman III wafat digantikan oleh anaknya Al- Hakam II dan
Islam masih berdiri dengan kokoh, Akan tetapi kekuasan Islam Spanyol mengalami
perobahan struktur Kekuasaan yang mengakibatkan awal dari kehancuran Khalifah
Bani Umayyah di Spanyol ketika Hasyim II naik tahta dalam usia baru sepuluh
tahun[4]. Karena usianya masih muda sehingga yang menjalankan seluruh roda
pemerintahan sepenuhnya dilakukan oleh Muhammad Ibn Abi Amir.
Sejak
periode ini para penguasa sudah tidak mampu mempertahan kan kejayaan spanyol
sebagai pusat peradaban dunia bagian barat, dan bahkan kemajuan peradaban Islam
hancur dan berakhir dengan pengusiran secara paksa seluruh umat Islam di
Spanyol.
B.
Rumusan Masalah
Dengan
berdasar uraian latar belakang tesebut dimana umat Islam di Spanyol mengalami
masa-masa perkembangan kemudian
kehancuran, maka dalam makalah ini penulis akan mencoba mengangkat suatu
permasalahan yaitu mengapa terjadi kemunduran yang berakhir dengan lenyapnya
Islam di Andalusia ( Spanyol ).
A.
Mundurnya Islam di Spanyol
Kemunduran
Islam yang berakibat patal terhadap seluruh sendi-sendi Islam di Spanyol,maka
penulis membagi dua factor penyebab Yaitu :
a.
Penyebab dari dalam ( Internal )
Sistem pengangkatan ke Khalifahan kurang jelas.
- Karena sistem pengangkatan khalifah kurang jelas, maka di antara anggota keluarga bani Umayyah saling memperebutkan kekuasaan, mereka saling mengklaim dirinya bahwa ia merasa lebih berhak untuk menjadi khalifah, di samping itu pula boleh jadi dikalangan pembesar-pembesar kerajaan yang bukan dari kalangan mereka juga berambisi menduduki kekhalifahan.Ketika Khalifah Hakam II pada tahun 350 H/ 961 M dalam usia 45 tahun naik menjadi khalifah menggantikan bapaknya Abdur Rahman III (921-961 M), beliau merupakan khalifah kedua dalam sejarah daulat Bani Umayyah di Andalusia[5]. Beliau wafat pada tahun 976 M dalam usia 62 tahun dan masa pemerintahannya 17 tahun lamanya, kemudian digantikan putranya Hisyam II (976-1009 M) yang masih usianya 10 tahun, oleh karena masih muda belia maka jabatan mursyih lil-Amri ( pemangku kuasa ) bagi pelaksanaan pemerintahan umum dijabat oleh Mughairah ibn Abdur Rahman III saudara bapaknya[6].Amir Mughairah tidak lama berkuasa, karena mati dalam perebutan kekuasaan, tragedi tersebut buat pertama kali dalam sejarah daulat Umayyah di Spanyol, dan merupakan persekongkolan istana yang dikepalai oleh Al-Hajib[7] Ja’far ibn Ustman Al-Shahfi yang semenjak Khalifah Al-Hakam II telahMemangku jabatan Al-Hajib. Selanjutnya pelaksana kekuasaan berada pada wasir Muhammad ibn Abi Amir ia mendapat gelar Mulk al- Mansur yang kemudian menjadi tokoh terkenal di kemudian hari, ia terjun kemedan perang membawa tentaranya dan berhasil memenagkan setiap peperangan yang dihadapinya, sedangkan khalifah hanya tinggal terkurung didalam pekarangan istana, hal ini pula awal melemahnya otoritas kekhalifahan.Sepeninggal Mulk Al-Mansur yang berkuasa sejak tahun 976-1003 M maka tejadilah kemelut yang berkelanjutan didalam perebutan kekuasaan sampai daulat Umayyah di Spanyol runtuh, peristiwa ini dalam tempo 29 tahun saja sepeninngal Mulk Al- Manshur yaitu antara tahun 393/ 1003 M dengan 422 H / 1031 M.Semua kejadian tersebut menandakan bahwa peralihan dari satu khalifah ke khalifah berikutnya tidak ada peraturan yang mengikat, akibatnya di antara keluarga istana merasa punya hak untuk menduduki jabatan khalifah, sehingga dengan mudah terjadi perebutan kekuasaan di antara keturunan-keturunan bani Umayyah, yang datang kemudian lebih lemah dari pada yang terdahulu, perang saudara tak terhindarkan, padahal mereka sesama umat Islam.
- Munculya Kerajaan-Kerajaan Kecil.Tidak berapa lama Hisyam II merebut kembali khalifah untuk kedua kalinya, Cordova sebagai pusat kekhalifahan di Spanyol dilanda kekacauan politik akhirnya pada tahun 1031 M dewan menteri yang memerintah cordoba menghapuskan jabatan Khalifah[8].Permusuhan antara elit propensial elit pedagang perkotaan, antara warga kota dan tentara berber, antara non Arab yang baru masuk Islam dengan bangsa Arab, menjadikan negara muslim Spanyol tidak mampu memperkokoh rezim. Sebuah pemerintahan imperial dipusat digantikan oleh sejumlah rezim propensial yang lebih kecil, Kesatuan pemerintahan kekhalifaan terhapus dan Spanyol terbagi-bagi menjadi kesultanan kecil , yang disebut Muluk thawa’if , atau sejumlah kerajaan kecil ( antara 1030-1090 ), tentara Arab, Slavia dan tentara Berber serta kalangan elit lokal masing-masing menjadi berkuasa[9].Meskipun tejadi rezim propensial, tetapi ada suatu hal yang perlu dicatat bahwa masyarakat Spanyol tidak turut tepecah–pecah, hukum Islam dan sebuah identitas muslim Arab tetap diterima secara univesal, peradaban dan ilmu pengetahuan, kesenian dan kebudayaan Islam Spanyol memuncak perkembangannya, setiap dinasti ( raja ) di Malaga, Toledo, Sevilla, Granada dan lain-lain berusaha menyaingi Cordova. Akan tetapi beberapa tahun kemudian perpecahan politik yang sedemikian menghangat sangat mengancam keberadaan peradaban Islam bangsa Spanyol.
- Fanatisme KesukuanSemenjak kematian Abdur Rahaman III, Pemeluk-pemeluk Islam yang baru tidak dapat menerima sistem aristokrasi kearaban, mereka ini merupakan pihak pertama yang menentang kekhalifahan Umayyah, sehingga muncul dua kekuatan tebesar yaitu Berber dan Slavia. Beberapa suku saling memperebutkan supremasi kesukuannya dan bahkan berusahaMendirikan sebuah negara yang merdekaKalangan orang Spanyol dan Berber memandang bangsa Arab sebagai orang asing atau kaum pendatang , maka keberadaan pemerintahan Arab Islam di Spanyol tidak berhasil menegakkan ikatan kebangsaan di tengah-tengah keragaman ras dan suku, akibatnya imperium Islam Spanyol tepecah menjadi sejumlah kelompok yaang saling bertentangan sehingga mempercepat kehancuaran pemerintahan muslim di Spanyol.
- Kesulitan EkonomiPada paruh kedua para penguasa Islam Spanyol, membangun kota dan mengembangkan ilmu pengetahuan dengan sangat serius, sehingga lalai membina perekonomian, akibatnya timbul kesulitan ekonomi yang amat memberatkan dan mempengaruhi kondisi politik dan militer[11].Dengan munculnya dinasti-dinasti kecil menyebabkan Kondisi politik yang tidak stabil dan menyebabkan perekonomian morat marik.
Penyebab dari Luar ( Eksternal )
- Kondisi wilayah turut mempengaruhi kemunduran Islam di Spanyol, Spanyol bagaikan daerah terpencil dari dunia Islam yang lain, mereka selalu berjuang sendirian tanpa mendapat bantuan kecuali dari Afrika Utara. Dengan demikian tidak ada kekuatan alternatif yang mampu membendung kebangkitan Kristen di Spanyol.
- Komplik Antara Islam dengan Kristen
- Sejak Islam masuk di spanyol, para penguasa Islam tidak melakukan Islamisasi secara sempurna, kerajaan-kerajaan Kristen yang ditaklukkan dibiarkan pada hukum dan adat mereka, asal mereka membayar upeti, disamping itu kehadiran orang Arab memperkuat rasa kebangasaan (nasionalisme) orang Kristen Spanyol, sehingga tidak pernah berhenti pertentangan antara Islam dengan Kristen dan setelah beberapa abad kemudian raja-raja Kristen mempersiapkan diri untuk merebut kembali Spanyol.
- Dengan munculnya disintegrasi negara-negara muslim pada abad sebelas mengantarkan pada pesatnya ekspansi sejumlah kerajaan Kristen, guna mempersatukan kerajaan Castile, Leon dan Galicia, pada tahun 1085 Alfonso VI menaklukkan Toledo, ini merupakan awal pecahnya perang antara pihak Muslim dengan Kristen. Selanjutnya dimenangkan oleh Kristen. Tidak lama kemudian secara berurutan kerajaan Aragon merebut Huesca (1096), Saragossa (1118), Tortosa (1148) dan Lerida (1149).
- Kemajuan pihak Kristen diimbangi oleh pihak Muslim, pada tahun 1082 sebuah delegasi ulama mengundang pihak al-Murabithun untuk terlibat demi membela umat Muslim Spanyol, sehingga pada tahun 1086 pasukan kerajaan dari Maroko menyeberangi Spanyol dan akhirnya mengalahkan Alfonso VI dan tahun 1090 sampai 1145 pasukan Afrika Utara tersebut berhasil menundukkan kota-kota Muslim Spanyol.
- Kerajaan al-Murabithun tidak lama berkuasa terpecah akibat perlawana lokal dan bangkitnya gerakan kerajaan Muwahhidun juga dari Aprika Utara dan memenangkan perlawan pada tahun 1147, selanjutnya Al-Muwahidun dikalahkan pada tahun 1212 oleh pasukan gabungan Leon, Castile, Navarre dan Argon dalam perang Las Navas de Tolosa. Dengan kekalahan Al- Muwahhidun negara muslim Spanyol kembali menjadi independen tetapi tidak berdaya menghadapi kekuatan Kristen.
- Penggabungan kekuatan dari kerajaan Castile dan Leon pada tahun 1230 M, membuka jalan untuk penaklukan Cordova tahun 1236 dan kota Seville tahun 1248. Sementara itu pasukan Argon bergerak kewilayah Valencia pada tahun 1238 dan Murcia Tahun 1243, pada pertengahan abad tiga belas hanya Granada yang tetap bertahan dalam kekuasaan Muslim, lantaran warganya berjumlah besar, wilayahnya berbukit dan ekonominya produktif untuk membayar pajak kepada para sultan Castile. Yang perlu juga diketahui ketika itu adalah daulat Nasariah ( daulat Bani Al-Ahmar ) yang mendirikan istana Al-Hambra di kota Granada, Kerajaan ini dapat berkuasa dari tahun 629 H / 1232 sampai 897 H / 1492 M.
B. Hapusnya Islam Spanyol
Kebesaran
dan Keagungan Granada pun tidak dapat bertahan karena pada tahun 1469 Kerajaan
Ferdinand dari Argon dan Kerajaan Isabella dari Castilia bersatu menyerang
kekuatan Islam dibawah kekuasaan Muhammad ibn Al-Ahmar di Granada, dimana
daerah itu terkenal dengan nama Alhambra[19], pada tanggal 2 januari 1492
M bertepatan 2 Rabiulawal 897 H, ibu
kota Granada dikepung dan ditaklukkan oleh penguasa Kristen[20]. Dengan
jatuhnya Granada kepada pihak Kristen merupakan awal berakhirnya sejarah warga
muslim Spanyol. Pada waktu itu Abu Abdillah Muhammad raja dari kerajaan bani
Al-Hamrah yang terakhir.
Setelah
orang Kristen menguasai orang Andalusia, gerakan Kristenisasi dilaksanakan
yaitu memaksa orang Islam menganut kembali agama Kristen. Dalam tahun 1499 di
bawah pimpinan bapak akudosa ( confessor ) yaitu Kardinal Ximenes de Cisneros
dimulailah suatu gerakan yang memaksa orang
Islam menganut agama Kriten, kemudian berusaha menyingkirkan semua buku Arab
yang menguraikan tentang agama Islam dangan jalan membakarnya[21].
Pada
tahun 1556, Raja Spanyol bernama Raja Philip II (1556- 1598 ) mengumumkan suatu
undang-undang agar kaum Muslimin yang masih tinggal di Andalusia membuang
kepercayaannya, bahasa, adat istiadat dan cara hidupnya. Kemudian pada tahun
1609, Raja Philip III ( 1598 – 1621 ) mengusir secara paksa semua kaum Muslimin
dari Andalusia atau mereka dihadapkan pada dua pilihan, masuk Kristen atau
keluar dari Andalusia[22], dengan demikian hapuslah kekuasaan Islam di seluruh
wilayah Spanyol.
- Kemunduran bahkan sampai hapusnya Islam di Spanyol dipengaruhi dua faktor penyebab yaitu faktor dari dalam yang intinya bahwa antara umat Islam itu sendiri saling memerangi antara satu dengan yang lainnya, sedangkan faktor yang berasal daru luar adalah muncul dari pihak Kristen yang memang sejak semula kedatangan Islam di Spanyol telah tertanam dendam kesumat, mereka merasa terhina dan terpinggirkan akibat kekuasaannya direbut oleh pejuang Islam, mereka berabad-abad lamanya menunggu momentum yang tepat untuk menyerang raja-raja Islam guna menguasai kembali kekuasaan di Spanyol dan akhirnya mengusir secara paksa seluruh umat Islam yang ada pada zaman itu.
- Kota Granada satu-satunya kerjaan kecil pada waktu itu yang masih berdiri dan merupakan benteng pertahanan terakhir umat Islam di Spanyol akhirnya pada tahun 1492 M jatuhlah kota Granada ditangan umat Kristen.
- Sesungguhnya orang-orang Spanyol mengakui asal usul mereka yaitu dari bangsa Arab sebagai contoh Alcala Zamora adalah Presiden pertama dari Republik Spanyol, asal kata nama beliau adalah Al- Qal’ah (benteng) Zamurah.
No comments:
Post a Comment