Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Oct 28, 2013

Johanes Pembaptis

Maka pada masa itu datanglah Johanes Pembaptis mengajar di padang-belantara yang di tanah Yudea, Sabdanya: Tobatlah kamu, karena kerajaan sorga sudah dekat. Maka dari hal Johanes ini telah dikatakan oleh nabi Yesaya, sabdanya: Ada suara orang berseru-seru di padang-belantara: Sadiakanlah jalan Tuhan dan betulkanlah lurung-lurungnya. Syahadan, adapun Johanes itu berpakaikan jubah daripada bulu onta dan pengikat pinggangnya kulit dan makanannya pun bilalang dan air-madu hutan.

Maka tatkala itu keluarlah segala orang isi negeri Yerusalem, dan orang isi segenap negeri Yudea, dan daripada segala jajahan sungai Yordan, datang mendapatkan Johanes. Lalu dibaptiskannya mereka sekalian dalam sungai Yordan sementara mereka mengaku dosanya. Maka apabila dilihat oleh Johanes banyak orang Farisi dan Saduki pun datang kepada baptisnya, maka katanya kepada mereka: Hai bangsa ular biludak, siapa garangan telah mengingatkan kamu, akan lari berlepas dirimu daripada murka yang datang kelak? Sebab itu hendaklah kamu keluarkan buah-buah yang setuju dengan tobat; Dan jangan kamu berkata dalam hatimu demikian: Bahwa Ibrahimlah bapa kita, karena aku berkata kepadamu, bahwa Allah berkuasa juga mengadakan anak-anak bagi Ibrahim, jikalau daripada batu-batu ini sekalipun. Maka telah tersadialah kapak itu pada pangkal pohon kayu, sebab itu barang pohon tiada berbuah-buah yang baik, yaitu akan ditebang dan dibuang ke dalam api. Sungguhpun aku membaptiskan kamu dengan air akan bertobat, tetapi orang yang datang kelak kemudian daripadaku, itu terlebih kuasanya daripadaku, maka tiada patut aku ini menghantar kasutnya, maka ialah kelak membaptiskan kamu dengan Rohuʼlkudus dan dengan api. Maka nyirunya adalah pada tangannya, dan iapun akan menyucikan tempat pengiriknya, lalu dikumpulkannya gandumnya ke dalam peluburnya, tetapi sekam itu dibakarnya habis-habis dengan api yang tiada terpadamkan.

Maka Isa pun datanglah dari Galilea ke Yordan mendapatkan Johanes, hendak dibaptiskan olehnya. Tetapi oleh Johanes ditegahkan dia, katanya: Bahwa patut hamba ini Tuhan baptiskan, maka sekarang Tuhan datang kepada hamba? Maka sahut Isa, katanya: Biarkanlah sekarang, karena demikianlah patut pada kita menggenapi segala perkara yang benar. Lalu diluluskanya.

Setelah sudah Isa dibaptiskan sebentar itu juga naiklah ia dari dalam air, maka sesungguhnya, terbukalah langit baginya, dan dilihatnya Roh Allah pun turun seperti burung merpati datang atasnya. Maka sesungguhnya adalah suatu bunyi suara dari langit mengatakan: Inilah anakKu yang kekasih, maka kepadanya juga adalah keridlaanku.

No comments: