Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Dec 11, 2013

Cinderella

Charles Perrault penulis asal Perancis pada tahun 1697, menulis versi dari Cinderella yang kita kenal sekarang ini, dengan sepatu kaca, labu dan ibu peri. Tapi masih ada lagi versi yang usianya lebih tua, bahkan dari negara lain.

Versi tertua dari Cinderella yaitu tentang gadis dan alas kakinya, berasal dari Yunani pada tahun ke-1 SM. Bercerita tentang seorang gadis yang sedang mandi di sungai, lalu seekor elang mencuri sandalnya, dan menjatuhkannya di atas seorang raja. Sang raja yang tertarik melihat sandal itu, lantas mencari si gadis ke seluruh pelosok negeri.
  
Ada juga Cinderella versi Cina, pada tahun 860-an, bercerita tentang seorang cewek yang berteman dengan seekor ikan titisan ibunya, yang dibunuh oleh si ibu tiri. Cewek itu lalu mengumpulkan tulang ikan tersebut yang ternyata ajaib, dan membantunya mendapatkan baju bagus untuk sebuah festival. Di festival itu, dia kehilangan sebelah sandalnya karena ingin buru-buru pergi. Sandal itu ditemukan oleh seorang raja, yang kemudian jatuh cinta padanya.
  
Dan ternyata ada juga lho versi sadisnya, yaitu punyanya Brothers Grimm. Dalam versi mereka, para saudara tiri Cinderella memotong telapak kaki mereka demi muat dalam sepatu kacanya. Karena merasa ditipu pangeran lalu menyuruh burung melati mematok mata para saudara tiri itu, sehingga mereka berakhir menjadi pengemis buta sepanjang hidup mereka.

Masih banyak versi cerita Cinderela lagi. Pada tahun 1893 Marian Roalfe Cox atas perintah Folklore Society of Britain meneliti dan menemukan kalau ada 345 versi Cinderella dari seluruh dunia.

No comments: