Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Sep 15, 2014

Kaisar Nero Bunuh Diri

Nero Claudius Caesar Augustus Germanicus (15 Desember 37–9 Juni 68) adalah salah satu kaisar tergila di Romawi. Ia adalah kaisar Romawi kelima dan terakhir dari dinasti Julio-Claudian. Nero diadopsi oleh pamannya, Claudius untuk menjadi penerus tahtanya. Ia naik tahta pada tanggal 13 Oktober 54 karena kematian Claudius.

Nero berkuasa dari tahun 54 sampai tahun 68. Awalnya ia fokus dengan diplomasi, perdagangan, dan meningkatkan budaya ibu kota kekaisaran. Ia memerintahkan pembangunan teater dan permainan atletik. Kekuasaannya juga berhasil memenangkan perang dan berdamai dengan kekaisaran Parthian (58–63) dan menambah tali hubungan diplomasi dengan Yunani.

Kelakuan Nero saat memerintah memang luar biasa gila. Ia terkadang tampil sebagai perempuan. Menghibur warga Roma dengan membunuh orang-orang Kristen. Ia juga tampil di sejumlah petunjukan untuk menghibur warga Roma. Salah satu suguhan Nero kepada warga Roma adalah membakar kota Roma. Dan suguhannya ini dicatat dalam sejarah sebagai kaisar yang membakar kotanya sendiri demi memuaskan nafsunya.

Tak tahan dengan kelakuan Nero yang semakin gila, pada tahun 68, militer melakukan kudeta dan menurunkan Nero. Saat akan menghadapi eksekusi pada hari ini di tahun 68, ia memilih bunuh diri.

No comments: