Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Sep 3, 2012

Topeng Teater Kuno di Turki


Arkeolog temukan topeng kuno berbahan besi yang ditemukan pada penggalian dekat desa Girnavaz, berlokasi di bagian tenggara Turki, provinsi Mardin. Selain topeng kuno yang diyakini digunakan pada pentas teater, arkeolog juga menemukan beberapa perunggu.

Periode topeng Roma tampaknya berasal dari sebuah kelompok teater keliling yang datang ke wilayah Turki sejak dua ribu tahun yang lalu. Pengaruh Roma yang kuat terlihat pada desain topeng. Hal itu membuat para arkeolog percaya bahwa pemain teater itu merupakan aktor yang berasal dari Roma.

Kendati demikian, arkeolog belum dapat memastikan bagaimana atau mengapa topeng teater itu bisa ditinggalkan di situs tersebut. "Ini mengungkapkan bahwa artefak bersejarah ini berasal dari Kekaisaran Romawi. Topek itu telah dibawa ke Mardin oleh kelompok teater, yang mana di wilayah Turki pada waktu itu tidak memiliki pertunjukan teater," jelas Davut Beliktay dari Mardin Culture and Tourism Director.

Ia mengatakan bahwa teater keliling ini kemungkinan datang dari arah barat ke timur. Beberapa topeng ditemukan bercampur dengan artefak lainnya yang digali di situs penggalian Girnavaz. Karena topeng itu merupakan yang pertama dan hanya jenis ini yang ditemukan di Turki.

Penggalian dilakukan oleh arkeolog dari Museum of Mardin di Ilisu Dam. Setelah penemuan artefak topeng tersebut, mereka membawanya ke laboratorium di museum untuk restorasi dan penelitian.

"Setelah restorasi selesai, topeng-topeng itu akan dipamerkan di Museum Mardin. Kami sangat senang bahwa topeng ini telah ditemukan di Mardin. Mardin memiliki sejarah yang kaya. Tim kami melanjutkan pekerjaan penggalian benda bersejarah tersebut," pungkasnya.

No comments: